Connect with us

Kota Lubuklinggau

Pengendalian Inflasi Jelang HKBN, Trisko Defriyansa Hadiri HLM & Capacity Building TPID Se-Sumsel

Published

on

HLM Capcity Building TPID
Pengendalian Inflasi Jelang HKBN, Trisko Defriyansa Hadiri HLM & Capacity Building TPID Se-Sumsel

Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri High Level Meeting (HLM) & Capacity Building TPID Se-Sumatera Selatan di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (20/03/24).

Kegiatan yang dihadiri langsung Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus Ketua TPID Provinsi Sumsel, A Fatoni itu diadakan sebagai upaya pengendalian inflasi jelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 H/2024.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Ricky P Gozali mengatakan Provinsi Sumsel saat ini cukup berbahagia dengan capaian inflasi pada Februari 2024 yang tercatat terendah kedua se-Sumatera, sebesar 0,01% (mtm).

Namun demikian, perlu diwaspadai lonjakan inflasi pada bulan puasa dan Idul Fitri. Secara rata-rata, inflasi pada bulan puasa dan Idul Fitri pada saat sebelum pandemi sebesar 0,54% (mtm).

“Apabila dilihat berdasarkan trennya, kelompok inflasi administered price dan volatile food menjadi kelompok yang sering menyumbang inflasi pada bulan puasa dan Idul Fitri, diantaranya Angkutan Udara, daging Ayam Ras, dan telur Ayam Ras. Dari delapan komoditas pangan yang kami amati, kami mencermati terdapat tujuh komoditas yang perlu diwaspadai karena terus mengalami kenaikan harga,” ujarnya.

Beras, yang berisiko terus berlanjut naik karena adanya kenaikan permintaan dari provinsi lain, meskipun mengalami kenaikan produksi pada Maret 2024. Kemudian Minyak Goreng, utamanya minyak curah dan Minyakita, dikarenakan menurunnya realisasi distribusi DMO.

Daging ayam dan telur ayam, dikarenakan masih tingginya harga pakan dan adanya beberapa daerah yang perlu dilakukan percepatan penyaluran SPHP. Aneka cabai dan bawang merah, dikarenakan penurunan pasokan, seiring dengan cuaca ekstrim dan tingginya permintaan. Kenaikan harga diperkirakan berlanjut seiring dengan mundurnya awal musim kemarau sesuai prediksi BMKG.

Bank Indonesia bersama dengan TPID se-Sumsel secara konsiten terus melakukan upaya pengendalian inflasi yang mengacu pada kerangka 4K, yaitu ketersediaan pasokan dengan melakukan pantauan dan sidak pasar sampai dengan mendekati Idul Fitri serta melaksanakan quick action apabila diperlukan.

Kemudian keterjangkauan harga dengan mengadakan pasar murah yang berfokus pada tujuh komoditas pangan yang berisiko mengalami kenaikan. Dan mempertimbangkan untuk tidak menaikkan harga komoditas kelompok administered prices.

Selanjutnya berkoordinasi dengan Satgas Pangan Daerah dalam hal melakukan pengawasan terhadap penjualan Minyakita dengan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) serta memastikan penyesuaian harga angkutan udara, darat dan laut agar tidak melebihi batas atas tarif yang telah diatur.

Sementara itu, Pj Gubernur sekaligus Ketua TPID Provinsi Sumsel, A Fatoni, dalam keterangan persnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala daerah yang terus mendorong untuk menekan angka inflasi.

Sebagai pimpinan daerah sekaligus Pimpinan TPID Sumsel pihaknya menyampaikan bahwa perekonomian Sumsel pada keseluruhan tahun 2023 tercatat tumbuh sebesar 5,08% (yoy), lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat tersebut berjalan seiring dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tingkat inflasi yang terkendali, serta didukung oleh transformasi digital.

“Dan kita terus mendorong agar ada transformasi keuangan. Alhamdulillah tadi kita 18 daerah termasuk Provinsi Sumatera Selatan sudah digitalisasi,” pungkasnya

Ikut mendampingi Pj Wako, diantaranya, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Surya Darma, Kepala Bappedalitbang, H Emra Endi Kesuma, Kepala BPPRD, H Dian Chandera, Kadis Kominfotiksan, M Johan Iman Sitepu, Kepala BPKAD, Zulfikar, Kadis Perindagkop, Meidholine Sapta Windu, dan Kasat Pol PP, Walyusman. (Adv/Rmn)

Kota Lubuklinggau

Hadiri Paripurna DPRD, Pj Walikota: Mewujutkan Amanat UU 1945

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Lubuklinggau dengan agenda Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Lubuklinggau 2024
Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Lubuklinggau dengan agenda Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Lubuklinggau 2024

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Lubuklinggau dengan agenda Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kota Lubuklinggau 2024 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota setempat, Senin (25/3/2024).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya sekaligus penandatanganan persetujuan bersama Wali Kota dan DPRD Lubuklinggau.

H. Trisko Defriyansa dalam sambutannya menyampaikan, Propemperda merupakan pembentukan Perda dalam memenuhi kebutuhan hukum daerah guna mewujudkan amanat UUD 1945 yakni melindungi, mensejahterakan, mencerdaskan dan melaksanakan ketertiban masyarakat.

Menurutnya dalam menyelenggarakan mekanisme pembentukan Perda sambungnya, DPRD dan Pemkot Lubuklinggau semakin dituntut untuk dapat memenuhi landasan dan tata kelola pembentukan Perda yang selaras dengan UUD 1945, Peraturan Perundang-Undangan, menjaga kepentingan nasional dalam berbangsa dan bernegara serta mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Atas dasar kewenangan daerah membentuk Perda tersebut, Pemkot Lubuklinggau dan Badan Pembentukan Perda DPRD Lubuklinggau telah melaksanakan rapat yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan bersama” katanya, Senin 29/1/2024) lalu.

Pemkot Lubuklinggau mengajukan Sembilan Raperda yaitu Raperda Nomor 16 Tahun 2010 tentang Izin Usaha Sarang Burung Walet, Raperda tentang Kawasan Industri dan Perdagangan, Raperda tentang Pengolahan Pembangunan dan Penataan Sarana Perdagangan, Raperda tentang Perubahan Ketiga Atas Perda Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Lubuklinggau.

‘Selanjutnya Raperda tentang Rancangan Pembangunan, Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman, Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Lubuklinggau Tahun 2025-2045, Raperda tentang Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2023. Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 dan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2025″ terangnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kota Lubuklinggau, H Merismon menyampaikan Badan Pembentukan Perda DPRD Lubuklinggau melaporkan ada 18 peraturan diantaranya Sembilan Raperda DPRD dan sembilan rancangan atau usulan Perda dari Pemkot Lubuklinggau.

“Berdasarkan kerangka pikiran program pembentukan peraturan daerah di lingkungan Pemkot Lubuklinggau telah dibahas sesuai kemampuan keuangan daerah” ujarnya.

Adapun sembilan Raperda usulan DPRD diantaranya Raperda tentang Pengolahan Tenaga Kesehatan, Raperda tentang Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bukit Sulap, Raperda tentang Anti Perundungan di Sekolah, Raperda tentang Pengelolaan Persampahan.

“Selanjutnya ada Raperda tentang Pembinaan dan Pengembangan Industri Mikro, Kecil Menengah, Raperda tentang Kemajuan Daerah serta Raperda tentang Penyelenggaran Kearsipan dan Keolahragaan” pungkasnya.

Ikut hadir Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Kunto Adi Setiawan, Kepala OPD dan pimpinan perbankan dalam wilayah Kota Lubuklinggau. (Adv/rls)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Penjelasan Pj Walikota Lubuklinggau Tentang LKPJ 2023

Published

on

Pj Wako Sampaikan LKPJ Wali Kota Lubuklinggau 2023
Penjelasan Pj Walikota Lubuklinggau Tentang LKPJ 2023

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Lubuklinggau dalam rangka mendengarkan penjelasan Pj Wali Kota Lubuklinggau tentang LKPJ Wali Kota Lubuklinggau tahun 2023, Senin (25/03/24).

H Trisko Defriyansa dalam kesempatan tersebut mengatakan atas nama Pemkot Lubuklinggau, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak legislatif, karena selama ini telah terjalin komunikasi yang harmonis serta menjadi kontrol dalam menjaga stabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Forkopimda, pimpinan Parpol, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, organisasi keagamaan, LSM, tokoh masyarakat dan kepada seluruh elemen di Kota Lubuklinggau yang terus memberi dukungan serta bantuan demi mewujudkan agenda-agenda yang telah diamanatkan dalam rencana kerja pemerintah daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Termasuk kepada insan pers, baik cetak maupun elektronik yang telah menjadi mitra pemerintah daerah dalam penyampaian informasi sekaligus sebagai sarana bagi masyarakat dalam menyampaikan gagasan kreatif, saran maupun kritik.

LKPJ Kepala Daerah sambungnya merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dilaporkan oleh kepala daerah pada setiap akhir tahun anggaran secara transparan dan akuntabel yang memuat informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sesuai Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksana PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, bahwa LKPJ memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut laporan pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama 1 (satu) tahun anggaran.

Dalam pelaksanaan pembangunan Kota Lubuklinggau tahun 2023, Pemda telah melaksanakan program dan kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Kota Lubuklinggau tahun 2018-2023 yakni ‘Terwujudnya Lubuklinggau sebagai Kota Metropolis yang Madani’ dalam mewujudkan visi pembangunan Kota Lubuklinggau tersebut ditempuh melalui empat misi pembangunan.

Keempat misi tersebut antara lain mewujudkan sumber daya manusia yang berakhlak, berkualitas dan berkarakter, meningkatkan daya saing ekonomi dan kesejahteraan sosial, meningkatkan infrastruktur daerah yang berwawasan lingkungan, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Adapun tema pembangunan Kota Lubuklinggau pada 2023 adalah mewujudkan Metropolis Madani melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Melihat realisasi indikator makro ekonomi pada akhir 2023 mengindikasikan bahwa capaian kinerja pemerintah daerah tahun 2023 relatif baik.

Hal ini mencerminkan keseriusan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di Kota Lubuklinggau. Oleh karena itu pada kesempatan ini disampaikan bahwa berbagai keberhasilan yang sudah diraih adalah berkat kerja keras semua oihak dan ridho Allah SWT.

Demikian pula jika masih terdapat kekurangan, perlu menjadi bahan introspeksi bersama agar kedepan mampu berbuat lebih baik, mampu menjaga kesinambungan pembangunan dan sanggup memberikan pengabdian yang terbaik bagi kota lubuk linggau.(Adv/RLS)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Pj Walikota Lubuklinggau: Hakekat Nuzulu Quran Diimplementasikan Dalam Keseharian

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Devriyansa dan jajaran Pemkot Lubuklinggau melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H
Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Devriyansa dan jajaran Pemkot Lubuklinggau melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H

Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Devriyansa dan jajaran Pemkot Lubuklinggau melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H sekaligus menghadiri acara peringatan Nuzulu Quran di Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau, Sabtu (23/03/24) malam.

Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengungkapkan peringatan Nuzulul Quran mengingatkan kita akan surah Al-Baqarah ayat 185 bahwa pada bulan Ramadhan, Allah SWT menurunkan Al-Quran sebagai pembeda antara yang hak dan yang bathil

Sebenarnya sambung dia, peringatan Nuzulul Quran jatuh pada 17 Ramadhan, namun untuk Kota Lubuklinggau dilaksanakan pada 13 Ramadhan. Mungkin juga ada yang memperingatinya pada 14 Ramadhan dan seterusnya.

“Hal itu tidaklah menjadi masalah, terpenting hakekat Nuzulul Quran benar-benar dapat dihayati, diresapi, diamalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan dari pengurus Masjid Agung As-Salam dan pengurus Baznas Kota Lubuklinggau berupa paket sembako kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus Masjid Agung As-Salam, pengurus Baznas dan para donatur yang telah memberikan bantuan paket sembako, mudah-mudaan ini menjadi amal kebaikan dan pahala bersama,” imbuhnya.

Acara diisi dengan tausyiah oleh Ustadz Riza Muhammad dari Jakarta dengan judul menjemput rezeki rumah tangga yang barokah.

Menurutnya, suami adalah pemimpin dalam rumah tangga. Jadi lancar tidaknya rumah tangga, hidup tidaknya rumah tangga dan bagus tidaknya istri tergantung dari cara suami memimpin dan mendidik dalam rumah tangganya.

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah karena di bulan ini pintu surga dibuka selebar-lebarnya besarnya, oleh karena itu lewati bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Dikatakannya, ada lima tips membangun rumah tangga sakinah, mawaddah dan warahmah. Pertama hiasi rumah tangga dengan ilmu agama, kedua istri yang taat, ketiga cukup kebutuhan, keempat banyak anak dan kelima perempuan jangan gampang meminta cerai.

Acara juga dihadiri Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Kunto Adi Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Riyadi Bayu Kristianto, Pj Sekda, H Tamri, Pj Ketua TP PKK Henita Andriani, Staf Ahli, Asisten, kepala OPD dan Direktur PT Linggau Bisa, Eddy Syahputra.(Adv/rmn).

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Duduki Peringkat Pertama, Trisko Defriyansa Pimpin Rapat TP2DD

Published

on

Rapat TP2DD
Trisko Defriyansa Pimpin Rapat TP2DD

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa pimpin rapat persiapan championsip Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) tahun 2024 bersama sejumlah kepala OPD dilingkungan pemkot Lubuklinggau.

Pj Wali Kota Lubuklinggau dalam hal ini mengharapkan agar dapat dimaksimalkan TP2DD ini, khususnya melalui pemungutan retribusi maupun belanja daerah.

Untuk sementara saat ini, Kota Lubuklinggau menduduki peringkat pertama dengan mengungguli kota Palembang. Dengan hal inilah, Pj Wali Kota meminta supaya hal ini dapat dimaksimalkan, namun itu belum final nanti pada 24 April penilaian akhirnya dilakukan.(Adv/Rmn)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Pj Wako Buka Kegiatan LKS XX Se-Kota Lubuklinggau

Published

on

Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa secara resmi membuka kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Angkatan XX se-Kota Lubuklinggau
Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa secara resmi membuka kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Angkatan XX se-Kota Lubuklinggau

Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa secara resmi membuka kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Angkatan XX se-Kota Lubuklinggau, di Aula Bandiklat Kota Lubuklinggau, Pada selasa, 05 Maret 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari terhitung 4-9 Maret 2024 bertempat di gedung UPT Bandiklat dengan jumlah peserta 38 orang berasal dari 10 sekolah yang ada di Kota Lubuklinggau.

Ketua PB Ika LKS Kota Lubuklinggau, Sri Prades mengatakan LKS Angkatan XX ini diikuti 38 peserta, memang jauh berbeda dari tahun-tahun sebelum Covid lalu.

“Pasca Covid memang terjadi penurunan jumlah peserta. Kita belum bisa memastikan apa penyebabnya, tapi alhamdulillah walaupun hanya 38 orang tapi sudah mewakili sekolah-sekolah yang ada di Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Dia berharap, kedepan seluruh sekolah yang selama ini sudah ikut berkontribusi dalam kegiatan LKS, agar pada LKS Angkatan XXI mendatang bisa ikut andil kembali.

“Bersama-sama dengan PB LKS Kota Lubuklinggau bagaimana kita mempersiapkan generasi muda menuju Indonesia Emas 2045. Karena kalau tidak kita persiapkan, maka bonus demografi 2030 akan menjadi masalah besar bagi bangsa,” ingatnya.

Sementara itu, Pj Ketua LKS Provinsi Sumsel, Bambang Irawan menjelaskan salah satu bentuk kepedulian pembinaan remaja sangat- diperlukan apalagi di tengah era globalisasi yang tak terbendung, pergeseran nilai moral, akhlak, pendidikan, kecintaan terhadap tanah air tentu semakin tergeser.

Kepengurusan yang senantiasa melakukan kegiatan LKS di tingkat kabupaten/kota terutama di Kota Lubuklinggau yang sudah mencapai angkatan 20, tentu sebuah prestasi yang luar biasa.

Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa dalam sambutannya mengapresiasi jajaran kepanitiaan khususnya pengurus LKS Kota Lubuklinggau yang memang secara konsisten setiap tahun melaksanakan kegiatan ini.

“saya hadir di sini adalah kali kedua pada saat saya menjabat sebagai Sekda Kota Lubuklinggau, saya pun hadir untuk mewakili Wali Kota Lubuklinggau membuka kegiatan LKS yang ke-19. Hari ini kembali hadir membuka LKS yang ke-20, tentunya ada rasa bangga atas kepercayaan tersebut,” ungkapnya.

Seperti diketahui, saat ini memang Bangsa Indonesia dihadapi dengan beberapa hal. Pertama masalah bonus demografi 2030, tapi bonus demografi itu sudah terjadi sekarang. Itu artinya angkatan kerja tidak sebanding dengan peluang kerja yang tersedia.

Menurutnya, LKS adalah momentum paling baik untuk menempa diri serta menambah ilmu pengetahuan terutama berkaitan dengan leadership atau bagaimana menjadi seorang pemimpin.(Adv/rmn)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Trisko Apresiasi Beberapa Stake Holder”

Published

on

Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa
Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa

Saranapublik.com – Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa memimpin apel bulanan. Dalam apel yang berlangsung di di halaman Perkantoran Pemkot Lubuklinggau, Jl Garuda Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 ini sekaligus berlangsung apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana tingkat Kota Lubuklinggau, Senin, 22 Januari 2024.

Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa menegaskan bahwa apel siaga ini merupakan bentuk kesiapsiagaan dalam menanggulangi berbagai macam bencana, mulai dari kebakaran hutan, banjir, angin puting beliung dan bencana lainnya.

“Memang bencana tidak dapat dihindari, tetapi dengan mitigasi dan kesiapsiagaan yang baik, resikonyo dapat kita minimalisir,” jelasnya.

Lebih jauh Trisko mengungkapkan menurut perkiraan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) curah hujan dengan identitas tinggi akan terus berlangsung sampai Februari 2024. 

“Pada periode September-Oktober 2023 lalu, kita dihadapkan dengan fenomena panas ekstrim yang menyebabkan kekeringan sehingga rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Maka dari itu, kita harus siap siaga dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam berupa banjir dan longsor,” jelas Trisko mengingatkan. 

Trisko mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Penanggulangan Bencana (DPKPPB) Kota Lubuklinggau menyebutkan sepanjang 2023 lalu, telah terjadi beberapa bencana baik alam maupun non-alam yakni 10 kali terjadi banjir, enam kali tanah longsor, enam kali terjadi angin puting beliung, 32 kali  peristiwa kebakaran di permukiman penduduk serta 92 kali terjadi kebakaran hutan dan lahan. 

Masih menurut Trisko, dalam penanggulangan bencana ada berapa tahap yang harus dilakukan yakni tahap pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tahap darurat sampai dengan tahap rehabilitasi.

“Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak atas dedikasi, keberanian dan pengabdiannya dalam membantu masyarakat, dan saya berpesan jaga kesehatan, kekompakan dan keselamatan dalam bekerja,”jelasnya. 

Selesai pelaksanaan apel, Pj wali kota bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan jajaran Pemkot Lubuklinggau meninjau sarana prasarana penanggulangan bencana mulai dari perahu dan kelengkapannya, kendaraan logistik maupun tenda-tenda darurat saat terjadi bencana.

Pj Wali Kota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa menjelaskan, dirinya mengapresiasi kesiapsiagaan beberapa stake holder terhadap  beberapa poin penting untuk mengantisipasi terjadinya bencana.

“Pertama sarana prasarana. Saya lihat sudah memadai baik oleh Tagana, Basarnas, Damkar, Brimob, Kepolisian. Bahkan sudah kami periksa satu per satu. Termasuk kelengkapan dapur umum, ambulance, perahu karet, dan sebagainya,” terang Trisko.

Yang kedua, kesiapsiagaan personil.

“Baik Damkar, Tagana, TNI maupun Polri saya lihat juga sudah siap,” jelas Trisko lagi.

Apel ini diadakan, menurut Trisko, agar jangan sampai ketika terjadi bencana secara peralatan maupun personil masih nak nyari dulu.

“Memang kita berharap jangan sampai terjadi bencana. Tapi prediksi BMKG harus sampai Februari 2024, curah hujan masih tinggi. Sementara Lubuklinggau ini ada beberapa wilayah rawan bencana. Seperti rawan longsor di Kecamatan Lubuklinggau Timur 2, sebagain di wilayah Lubuklinggau Selatan, dan Lubuklinggau Utara. Maka, kesiapsiagaan menurut kami sangat penting,” tuturnya.

Dengan kesiapsiagaan ini, Trisko meyakini, kewaspadaan wilayah sudah terpetakan. Bahkan Posko Tagana dan Damkar sudah diaktifkan.

“Kalau melihat track record, di Lubuklinggau ini sudah beberapa bencana terjadi. Seperti putting beliung, banjir, dan longsor. Dan bersyukurnya bukan yang besar. Semoga ke depan kita bisa terhindar dari bencana ini,” imbuhnya sembari mengajak pemerintah untuk makin peduli dan sayangi lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampai ke sungai. 

Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yuda, Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Inf Kunto Adi Setiawan, Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Yunizar Kilat Daya, Danyon Brimob Petanang, AKBP Andiyano, Pj Sekda Dr H Tamri, kepala OPD dan ASN dilingkungan Pembkot Lubuklinggau.(Adv/rls)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Pj Walikota Dan Unsur Forkompimda Sidak Kepasar Moneng Sepati

Published

on

sidak
Pj Walikota Dan Unsur Forkompimda Sidak Kepasar Moneng Sepati

Saranapublik.com – Pj Walikota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) seperti Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Inf Kunto Adi Setiawan, Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya melakukan sidak (inspeksi mendadak) pasar, pada Selasa, 9 Januari 2024.

Namun kali ini H Trisko berkunjung ke Pasar Moneng Sepati Kelurahan Taba Pingin, Kecamatan Lubuklinggau Selatan 2, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk diketahui, sidak pasar ini merupakan kegiatan rutin. Usai melakukan sidak pasar, kemudian dilakukan operasi pasar murah untuk mengendalikan inflasi di wilayah Kota Lubuklinggau.

Adapun tujuan dari sidak pasar ini yaitu memastikan dan mennyesuaikan harga barang-barang yang dijual di pasar dengan data disprindag.

H Trisko Defriyansa didampingi Kapolres dan Ketua DPRD Lubuklinggau Dandim 0406 menjelaskan, kegiatan sidak pasar dan operasi pasar ini dilakukan untuk menanggapi informasi yang diberikan Tim Pengendali Inflasi Pusat.

Hal ini merupakan kerja rutin mingguan, di mana bersama Pengendali Pusat, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, Kejaksaan dan Bulog, secara rutin dilakukan pengecekan harga bahan pokok dan situasi inflasi.

Lanjutnya, meski harga beras premium naik sekitar Rp 1 ribu sampai Rp 2 ribu, hal tersebut segera dikompensasi dengan operasi pasar bersama Bulog.

Operasi pasar ini menggunakan beras subsidi dari pemerintah stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) yang disediakan sebanyak 5 sampai 10 ton di eks Kompi

“ Forkompimda terus mengendalikan inflasi. Alhamdulillah di akhir tahun 2023, sesuai standar nasional, inflasi kita masih di angka 2,6 persen, “ jelas Trisko.

Di tengah fluktuasi harga seperti kenaikan harga tomat akibat musim hujan, kami terus memastikan ketersediaan bahan pokok seperti bawang putih dan cabai dalam kisaran harga yang terjangkau.

“Dalam menghadapi fluktuasi harga seperti kenaikan harga tomat akibat musim hujan, kita tetap memastikan ketersediaan bahan pokok seperti, bawang putih, dan cabe dalam kisaran harga yang masihterkendali, “ kata H Trisko.

Selain itu, gudang barang kebutuhan pokok Kota Lubuklinggau masih dalam kondisi normal, bahkan surplus (pemasukan lebih besar daripada pengeluaran, red).

Sementara itu, H Trisko dan pihaknya berharap inflasi di Januari 2024 bisa turun hingga 2 bulan kedepan yaitu selama Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

“Untuk masyarakat tetap belanja seperti biasa ngga usah panic buying, diawal tahun ini memang ada beberapa barang mengalami kenaikan harga. Tetapi dalam keadaan masih dalam kategori wajar, ada juga penurunan harga, tomat juga stagnan mungkin turun harganya dalam beberapa hari kedepan ini tapi dalam artian masih terkendali jadi belanja seperti biasa. Lalu kami informasikan kepada masyarakat bahwa pemerintah selalu hadir untuk memperhatikan baik dari ketersediaan pangan maupun harga supaya tetap stabil. Kalo masyarakat tenang Insyaallah harga masih kita kendalikan,” pungkas Arwandy Andang cahaya ST.M.AP selaku Kabid Bahan Pokok dan Penting Disperindag Kota Lubuklinggau. (Adv/rls)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

HUT Ke-22 Kota Lubuklinggau, Trisko Defriyansa Buka Langsung City Expo 2023

Published

on

PJ WALIKOTA TYRISKO DEFRIYANSA BUKA LANGSUNG CITY EXPO
HUT Ke-22 Kota Lubuklinggau, Trisko Defriyansa Buka Langsung City Expo 2023

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa dalam rangka HUT Kota Lubuklinggau yang Ke-22 membuka Linggau City Expo tahun 2023, Pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Pembukaan Linggau City Expo tersebut diselenggarakan di Atrium Lippo Plaza Kota Lubuklinggau, Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama antar seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkot Lubuklinggau dengan Dinas PMPTSP sebagai leading sektor ini dilaksanakan selama empat hari, yakni pada 10 sampai 14 Oktober 2023 mendatang.

“Peserta diikuti oleh tiga dari perbankan, satu dari hotel, satu dari rumah sakit, perumahan, 30 UMKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Lingkungann Hidup,”kata Kepala DPMPTSP Kota Lubuklinggau, Tegy Bayuni.

Dikatakannya, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai ruang pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan membuka peluang fasilitas kemitraan, promosi produk dan meningkatan kepercayaan diri pelaku usaha.

Sementara itu, Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansya menjelaskan bahwa Kota Lubuklinggau sendiri mulai melek pameran sejak tahun 2004. Dimana saat itu dikunjungi Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu, Adhyaksa Dault.

“Nah kegiatan ini, saya berkoordinasi bersama Pj Sekda dan disambut baik oleh seluruh jajaran OPD . Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran panitia dan OPD serta seluruh peserta atas terselenggaranya kegiatan ini,”tutur Wako.

Selain itu, tumbuh kembangnya perumahan yang ada di Kota Lubuklinggau saat ini terjadi karena saat ini kota ini sudah sangat terbuka dan mudah-mudahan sebanding dengan kepemilikan bagi masyaraat yang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan hunian terbaik. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Resmi, Trisko Defrianyansa Jabat Pj Walikota Lubuklinggau

Published

on

Pj Walikota Lubuklinggau Trisko Defriyansa
Resmi, Trisko Defrianyansa Jabat Pj Walikota Lubuklinggau

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Trisko Defriyansa resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau. Penunjukkan Trisko Defriansya Sebagai Pj Walikota Lubulklinggau menyusul berakhirnya masa jabatan Nansuko H. SN Prana Putra Sohe dan H. Sulaiman Kohar bulan September 2023.

Trisko Defriyansa, akrab disapa Trisko, sebelumnya menjabat sebagai sekretaris daerah Kota Lubuklinggau sejak Februari 2023.

Ia dilantik oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, dalam sebuah prosesi di Griya Agung Demang Lebar Daun Provinsi Sumsel, Kota Palembang, sekitar pukul 13.30 WIB pada hari Senin, 18 September 2023.

Alhamdulillah, jabatan ini merupakan amanah besar bagi saya untuk memimpin Kota Lubuklinggau selama masa transisi menuju Pemilu Serentak 2024,” ujar Trisko.

Lanjutnya. Trisko mengungkapkan akan memperhatikan arahan dan instruksi dari pemerintah pusat termasuk Mendagri dan Gubernur Sumsel selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah.

“Insyaallah, saya akan fokus dan serius memastikan pembangunan Kota Lubuklinggau ke depan berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam menjalankan roda pemerintahan dan menyukseskan program pembangunan, Trisko berkomitmen untuk melibatkan seluruh stakeholder terkait.

“Saya akan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki Pemerintah Kota Lubuklinggau untuk mendorong kemajuan kota ini,” tambahnya.

Trisko mengawali riwayat pendidikannya di SD Negeri 19 Kota Lubuklinggau pada tahun 1988. Kemudian, ia melanjutkan ke SMP 1 Permiri Kota Lubuklinggau pada tahun 1991, dan menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 10 Kota Palembang pada tahun 1994.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat menengah, Trisko melanjutkan pendidikan tingkat sarjana di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dan berhasil menamatkannya pada tahun 1999.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister di Universitas Bengkulu, jurusan administrasi Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip), yang berhasil diselesaikannya pada tahun 2008. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Musyawarah Korpri, Pemkot Lubuklinggau Adakan Rapat

Published

on

Persiapan Musyawarah Korpri, Pemkot Lubuklinggau Adakan Rapat
Persiapan Musyawarah Korpri, Pemkot Lubuklinggau Adakan Rapat

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Sekda Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa, memimpin rapat persiapan musyawarah Korpri Kota Lubuklinggau tahun 2023 di ruang rapat Sekda Perkantoran Pemkot Lubuklinggau, Selasa (14/3/2023) 

Dalam arahannya, Sekda mengatakan rapat ini dilaksanakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar musyawarah Korpri Kota Lubuklinggau 2023 berjalan lancar sekaligus rencana pembentukan pengurus Korpri yang baru. 

“Silahkan susun struktur kepengurusan Korpri yang baru, terutama bagi pengurus yang sudah pensiun atau pindah jabatan,” ucap mantan Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) itu.

Menurutnya, semakin cepat terbentuknya kepengurusan Korpri, semakin cepat pula penyusunan rencana kerja Korpri kedepan. 

Sekretaris DPRD Kota Lubuklinggau, H Imam Senen, menyampaikan mengingat banyak pengurus Kopri yang sudah pensiun dan berganti jabatan, maka sudah sewajarnya segera dibentuk kepengurusan korpri yang baru. 

Ia berharap Korpri dapat menjadi wadah bagi seluruh ASN dilingkungan Pemkot Lubuklinggau. 

Turut hadir, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Nobel Nawawi, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Hukum dan Pemerintahan, Asron Erwadi, Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, H Hendri Hermani,  Kepala BKPSDM, Yulita Anggraini, Kabag Kesra, Ahyar El Hafis, pejabat dilingkungan Pemkot Lubuklinggau dan Dewan Pengurus (DP) Korpri Kota Lubuklinggau. (Adv/Bambang)

Sekda Kota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa
Continue Reading

Trending