Connect with us

RAGAM

Tips Membuat Pede Masakan Khas Musi Rawas dan Cara Memasaknya

Published

on

Membuat Masakan Pede Khas Musi Rawas

Saranapublik.com – Selain destinasi parawisata, Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan juga menyugukan banyak macam masakan khas salah satunya yaitu Pede, Pede adalah ikan yang sudah di permentasi selama beberapa hari. Berikut cara membuat Pede masakan khas Musi Rawas, dengan mengunakan Ikan Patin sebagai bahan utama.

Cara Membuat Pede Masakan Khas Musi Rawas

  1. Siapkan Ikan Patin yang masih segar dan bersihkan lalu potong beberapa bagian, Bisa juga diganti dengan ikan Seluang atau ikan lain sesuai yang diinginkan asal ikanya masih segar.
  2. Siapkan juga Serbuk Pede yang terbuat dari nasi yang sudah dikeringkan lalu disangrai sampai berwarna agak kuning lalu haluskan.
  3. Garam secukupnya.
  4. Gula Merah secukupnya.
  5. Campur semua bahan menjadi satu lalu diamkan selama beberapa hari di dalam toples, kurang lebih tiga hari sudah bisa dimasak.

Bahan / Bumbu dan Cara Memasak Pede

Bahan / Bumbu

  • Siapkan Pede yang sudah siap dimasak
  • Bawang Putih secukupnya
  • Bawang Merah secukupnya
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Gula Pasir secukupnya
  • Penyedap rasa, bila suka
  • Minyak Goreng untuk menumis

Cara Memasak Pede

  • Iris Bawang Putih, Bawang Merah, Cabe Rawit, lalu tumis, masukkan Pede, tambahkan gula secukupnya, tambahkan penyedap rasa secukupnya, sisihkan jika sudah matang, Pede pun siap disajikan, Selamat mencoba semoga bermanfaat. (Red)
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Techno

10 HP Android Murah, RAM Besar, Harga Dibawah 1 Jutaan [Update 2023]

Published

on

By

hp android murah

Lagi nyari HP Android Murah budget dibawah Rp 1 jutaan? Tenang. Saya ada informasi penting buat Anda. Saat ini ada banyak pilihan HP Android dengan RAM besar namun dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu di bawah 1 jutaan

Sebagaimana kita ketahui bahwa teknologi smartphone terus berkembang pesat, membuatnya semakin terjangkau bagi banyak orang. Salah satu hal penting dalam memilih smartphone adalah ukuran RAM yang besar, karena ini akan mempengaruhi kinerja perangkat.

Nah, di artikel ini, saya akan membahas 10 HP Android murah dengan RAM besar dan harganya tidak sampai 1 jutaan.

HP Android Murah, RAM Besar, Harga Dibawah 1 Jutaan

Berikut adalah 10 HP Android murah harga dibawah 1 jutaan yang memiliki RAM besar yang bisa menjadi pilihan. 

1. Xiaomi Redmi 9A

Xiaomi Redmi 9A adalah salah satu pilihan HP Android yang harganya murah dengan RAM besar. Dibanderol dengan harga di bawah 1 jutaan, HP ini dilengkapi dengan RAM 3GB. Selain itu, Redmi 9A juga memiliki baterai yang cukup besar dan layar yang luas, membuatnya cocok untuk menonton video atau bermain game.

2. Realme C11

Realme C11 adalah HP Android dengan harga terjangkau lainnya dengan RAM besar. Dengan harga yang sangat terjangkau, HP ini hadir dengan RAM 3GB dan baterai berkapasitas besar. Meskipun termasuk dalam kategori HP entry-level, Realme C11 mampu menjalankan tugas sehari-hari dengan baik.

3. Infinix Hot 10

Infinix Hot 10 adalah HP Android dengan RAM 4GB yang dijual dengan harga di bawah 1 jutaan. HP ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar dan layar HD+ yang cukup luas. Dengan spesifikasi tersebut, Infinix Hot 10 mampu memberikan pengalaman multimedia yang memuaskan.

4. Nokia 5.3

Nokia 5.3 merupakan salah satu HP Android cukup murah dengan RAM besar dari merek yang telah terkenal. Dibekali dengan RAM 4GB, HP ini menawarkan performa yang baik dalam kisaran harga yang terjangkau. Nokia 5.3 juga hadir dengan desain yang elegan dan sistem operasi yang bersih, yaitu Android One.

5. Lenovo K12 Note

Lenovo K12 Note adalah HP Android terjangkau dengan RAM besar lainnya. Dengan harga di bawah 1 jutaan, HP ini dilengkapi dengan RAM 4GB dan baterai berkapasitas besar. Selain itu, Lenovo K12 Note juga menawarkan tampilan layar yang luas dan kamera yang cukup baik.

6. Samsung Galaxy A02s

Samsung Galaxy A02s adalah pilihan selanjutnya, HP Android dengan harga murah yang memiliki RAM besar dari merek ternama, yaitu Samsung. Dibekali dengan RAM 3GB, HP ini menawarkan performa yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Samsung Galaxy A02s juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti pemindai sidik jari dan kamera yang cukup memadai.

7. Oppo A53s

Oppo A53s adalah HP Android dengan RAM 6GB yang dapat Anda dapatkan dengan harga di bawah 1 jutaan. HP ini menawarkan performa yang cepat dan responsif, sehingga cocok untuk multitasking dan bermain game. Selain itu, Oppo A53s juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar dan layar yang luas untuk pengalaman multimedia yang lebih baik.

8. Vivo Y12s

Vivo Y12s merupakan HP Android dengan harga murah yang dilengkapi dengan RAM besar dan menarik perhatian banyak konsumen. Dibanderol dengan harga terjangkau, HP ini hadir dengan RAM 4GB yang memberikan performa yang lancar dalam penggunaan sehari-hari. Vivo Y12s juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar dan desain yang elegan.

9. Motorola Moto G Power

Motorola Moto G Power adalah pilihan HP Android selanjutnya. Harganya murah, RAM besar, dan daya tahan baterai yang luar biasa. Dibekali dengan RAM 4GB, HP ini mampu menjalankan tugas-tugas berat dengan baik. Moto G Power juga memiliki baterai berkapasitas besar yang dapat bertahan hingga dua hari.

10. Asus Zenfone Max Pro M2

Asus Zenfone Max Pro M2 merupakan salah satu HP Android murah dengan RAM besar yang sudah cukup lama beredar di pasaran. Dengan RAM 4GB, HP ini mampu memberikan kinerja yang baik untuk penggunaan sehari-hari. Asus Zenfone Max Pro M2 juga memiliki baterai berkapasitas besar dan kamera yang cukup baik.

Akhir Kata

Dalam memilih HP Android murah dengan RAM besar, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Namun, dengan pilihan-pilihan di atas, Anda dapat mendapatkan HP Android dengan RAM besar dengan harga yang terjangkau.

Sekian. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih HP Android yang sesuai dengan kebutuhan, tanpa harus menguras kantong. [Franky Adinegoro]

Continue Reading

Lubuklinggau

Liga Nusantara SumSel 2023 Resmi di Tutup, Walikota: Agenda Pertama Pendukung Program Ayo Ngelong

Published

on

By

Liga Nusantara Sumsel 2023 Resmi Ditutup, Ini Pesan Wali Kota Lubuklinggau
Liga Nusantara Sumsel 2023 Resmi Ditutup, Ini Pesan Wali Kota Lubuklinggau

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Wali Kota Lubuklinggau,  H SN Prana Putra Sohe hadiri penutupan turnamen futsal Liga Nusantara Sumatera Selatan 2023 di Taman Olahraga Megang (TOM)  Kota Lubuklinggau, Selasa, (7/3/2023) sore.

Ketua Asosiasi Futsal Kota (Afkot) Lubuklinggau, Erik Putra Iskandar mengatakan peserta liga sebanyak 18 tim dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumsel. Dari 18 tim tersebut, 14 tim putra dan empat tim putri.

“Liga Nusantara ini merupakan agenda pertama mendukung program pemerintah Ayo Ngelong ke Lubuklinggau. Dan kami ucapkam terima kasih sebesar-besarnya kepada sponsor yang telah mendukung kegiatan ini,” ungkapnya. 

Erik melanjutkan bahwa nanti akan ada Liga Nusantara se Sumatera, semoga pemenang turnamen ini bisa mengharumkan nama Sumatera Selatan dikancah regional bahkan nasional. 

Wali Kota Lubuklinggau,  H SN Prana Putra Sohe mengucapkan selamat kepada pemenang, tetap jaga kondusifitas. 

“Selamat untuk pemenang, dan Alhamdulillah Kota Lubuklinggau juara 1 kategori tim putri,” ucapnya. 

Wako juga berpesan agar menjaga fasilitas TOM yang merupakan kebanggaan Sumatera Selatan.

“Mari kita jaga sama-sama, aset kebanggaan bukan hanya orang Linggau, tapi kebanggaan Sumatera Selatan,” tutupnya. 

Dalam laga final antara BigReds Palembang vs PetroPali dimenangkan oleh Petropali dengan skor 4-1. Juara tiga diraih oleh Kelingi Kangen setelah menang melawan Semen Baturaja. 

Hadir dalam acara ini, Asisten III, Herdawan, Kadispora Lubuklinggau, H Purnomo,  Pimpinan Bank Sumsel Lubuklinggau, Hidayat, Ketua KONI Lubuklinggau, H Bambang Rubianto dan perwakilan Polres Lubuklinggau. (Adv/Bambang)

Continue Reading

DAERAH

3 Kepala Daerah Hadiri HUT Ke-2 Paguyupan Republik Ngapak

Published

on

By

3 Kepala Daerah Hadiri HUT Ke-2 Paguyupan Republik Ngapak
3 Kepala Daerah Hadiri HUT Ke-2 Paguyupan Republik Ngapak

Musi Rawas, Saranapublik.com – Ada yang menarik perhatian di Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 2 Peguyupan Republik Ngapak, kegiatan ini langsung dihadiri 3 Kepala Daerah sekaligus, pagelaran yang dilaksanakan pada malam hari di lapangan bola kaki desa Kali Bening, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, provinsi Sumatera Selatan, Sabtu 14/01/2023.

Ketiganya ialah Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud, Walikota Lubuk Linggau, SN Prana Putra Sohe, dan Bupati Pali l, Heri Amalindo.

Kedatangan para kepala daerah ini menambah semarak dan kemeriahan acara yang dihadiri ribuan warga Peguyupan Republik Ngapak yang tersebar di wilayah kabupaten Musi Rawas. Acara pun turut menghadirkan hiburan kesenian wayang kulit semalam suntuk.

Edi kpk, Ketua Penguyupan Republik Ngapak Musi Rawas dalam sambutannya mengatakan penguyupan ngapak ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta melestarikan kearifan lokal.

“Penguyupan republik ngapak adalah merupakan sebuah perkumpulan warga ngapak yang ada di wilayah Musi Rawas, Lubuklinggau, serta Muratara, guna untuk mempererat silaturahmi sesama orang ngapak Serta melestarikan budaya kearifan lokal,” ucapnya.

Sementara, Bupati Pali, Heri Amalindo mengucapkan selamat ulangtahun untuk Peguyupan Republik Ngapak Musi Rawas.

Continue Reading

Rejang Lebong

Melihat Sisi Positif, Hindari Kecanduan Gedjet, Polres RL Adakan Lomba Lato-lato

Published

on

By

Humas Polres Lebong Gelar Lomba Lato-lato ShareFacebookTwitterWhatsApp
Humas Polres Lebong Gelar Lomba Lato-lato ShareFacebookTwitterWhatsApp

Saranapublik.com – Lato-lato sebuah permainan tradisional yang tengah viral akhir-akhri ini. Semua anak dapat bermain karena dengan harga terjangkau dan cara memainkannya juga sederhana namun memiliki tantangan tersendiri. Melihat adanya dampak positif akan permainan tersebut, Humas Polres Lebong kemudian mengadakan perlombaan lato-lato untuk anak-anak di sekitar Polres Lebong.

Kapolres Lebong AKBP Awilzan melalui Ps Kasubsi PIDM Sie Humas Polres Lebong Aipda Syaiful Anwar mengatakan ide pelombaan lato-lato ini tercipta dari maraknya anak di sekitar Lebong yang bermain lato-lato. Bertepatan juga dengan hari libur sekolah anak-anak maka Humas Polres Lebong berinisiatif mengadakan lomba yang juga mendapatkan antusias dari anak-anak.

“Kami melihat sisi positif dari permainan tradisional ini. yang mana banyak sekarang orang tua khawatir anaknya lebih asik bermain gadget. Dengan permainan ini dapat mengurangi kecanduan anak terhadap gadget dan menambah interaksi sosial sesama anak,” ucapnya dalam video yang diunggah di akun resmi instagram Polres Lebong, Selasa (03/01/2023).

Selain itu, dengan digelarnya lomba lato-lato tersebut dapat membangkitkan semangat sportivitas setiap anak dalam bertanding serta dengan lapang dada dalam menerima kekalahan. Pada perlombaan lato-lato tersebut, petugas juga menyelipkan pesan-pesan kepada setiap anak untuk tidak melakukan kenakalan remaja seperti berkelahi hingga melakukan bullying sesama teman.

Continue Reading

BUDAYA

Eksistensi Kuda Lumping TSB Dilakoni Generasi Ketujuh Hingga Cerita Mistik

Published

on

By

Saranapublik.com – Turunggo Seto Bengkulu atau yang akrap disebut TSB, merupakan sanggar seni kuda lumping yang berpusat di Kota Bengkulu. Sanggar seni khas jawa ini, diakui sudah berdiri sejak tahun 1965. Ketua TSB Mujiharjo, saat dikunjungi mengaku organisasi seni budaya ini telah diturunkan dari keluarganya hingga saat ini sudah generasi ketujuh dari keluarga pendiri. Eksistensi ini tidak terlepas dukungan dari masyarakat, pemerintah hingga tokoh jawa yang ada di Bengkulu.

“Saat ini, sudah turun menurun saya sendiri ini keturunan ke tujuh,” ujar pria berumur 38 tahun itu.

Dari sejarah seni leluhur ini, pertama kali dibawa dari Pulau Jawa ke Bengkulu yang bernama Pondowo Limo, dengan kuda lumping yang disebut Singo Marta. Saat ini, sanggar yang beralamat di Jalan Merapi 13 Kelurahan Tebeng Kota Bengkulu memiliki sebanyak 80 anggota, yang bermacam profesi.

Mujiharjo menambahkan, kuda lumping merupakan seni budaya leluhur yang harus tetap eksis ditengah era modern. Banyak sekali perkembangan tari, saat ini terutama berkembangnya zaman ada musik koplo yang ikut dimainkan oleh anggotanya.

“Sekarang anak muda, harus ikut berperan dengan seni leluluhur ini. Karena siapa lagi kalau bukan kita yang meneruskan nya mas,” ujarnya.

Ada yang menarik, diungkapkannya seni ini banyak sekali dikaitkan dengan mistik. Namun dikatakan olehnya khusus untuk sanggar TSB sendiri masih berpendirian dengan ikatan agamais bahkan pendiri maupun pengurus seni ini banyak dari kalangan tokoh agama islam. Muji pun membantah, banyaknya isu pemain kuda lumping saat ini sebelum bermain wajib meminum alkohol.

“Karena begini mas, banyak sekali masyarakat kalau sudah menonton itu pakai ilmu (mistik) atau apalah. Sebenarnya itu memang nyata, tidak ada yang dibuat buat. Bahkan ada yang bilang itu pemain minum alkohol biar mabuk, sebenarnya Ndadi (Kesurupan.red) itu memang karena pemain menjiwai. Makanya saya bisa membantah, khususnya di Sanggar ini tidak ada yang macam macam seperti itu,” katanya.

“Apalagi disini ada warga yang berduka atau bisa dibilang acara musibah ada yang meninggal. Kami TSB ikut serta seperti tahlilan bersama, ini kami wajib ikut mewakili tuan rumah yang berduka,” tambahnya.

Alat musik yang disediakan para pemain diantaranya,  Gong, gendang, saron, gemung kenong dan terumpet. Ada juga Barongan yang dipakai saat pemain, Celengan barongan serta Kucingan. Utama nya pemain memakai baju tari khas jawa selendang, dan tidak lupa menaiki bambu anyaman kuda.

Masih Muji, seni tari kuda lumping sendiri merupakan tarian energik yang dahulu dipakai oleh para prajurit kerajaan di pulau jawa. Oleh sebab itu, tarian ini memerlukan tenaga yang cukup menguras energi.

“Ada juga kami siapkan itu namanya sesajen ini memang wajib. Seperti bunga dan dupa, yang dipersembahkan dalam upacara keagamaan yang dilakukan secara simbolis dengan tujuan berkomunikasi dengan kekuatan dari leluhur,” ujarnya.

Sakum pria berumur 70 tahun yang merupakan Paman Muji sendiri merupakan pemain keturunan pertama menggeluti seni sejak berumur 13 tahun. Dirinya mengaku, tarian ini diutamakan tenaga dan kebatinan. Hingga wajar, banyak pemain yang menjiwai dapat kesurupan.

“Makanya mas, ada pawang dalam tarian ini. Tujuan nya khusus penari yang menjiwai atau ndadi tadi dapat dikendalikan,” ujar Sakum.

Bahkan menurut Sakum, para pemain yang sudah dikatakan kesurupan usai menari banyak merasa lelah.

“Ada juga yang sudah ndadi mas, dianya kecapekan. Makanya kita terus mengikuti zaman, sebisa mungkin tidak ada lagi yang namanya makan beling kaca,” sambungnya.

Terakhir, Muji berharap seni budaya ini tetap dilestarikan oleh anak anak muda. Khusus di TSB sendiri menurutnya, banyak pemain dari kalangan anak muda beragam asal suku tidak hanya dari jawa. Dirinya pun mempersilahkan anak muda yang berminat dapat bergabung, dengan syarat ada ijin dari orang tua. Muji juga berharap agar, seni budaya kuda lumping ini bukan tempat hiburan mencari materi namun murni untuk menjaga kelestarian budaya turun menurun.

“Prinsip TSB sendiri, seni ini bukan sekedar mencari materi atau uang karena pemain yang disini bermacam profesi, ada yang berkerja sehari hari ada juga yang masih kuliah dan sekolah. Yang kami tekankan, budaya ini dapat terus dilestarikan oleh anak anak muda,” katanya.

“Selain itu, kami berharap seni ini tidak dirusak untuk gagah gagahan atau kalau orang bilang isian. Nah ini, yang jadi perusak seni kita. Khusus untuk anak muda yang ada di Kota Bengkulu, silahkan masuk ikut di sanggar TSB dengan syarat tentunya ijin dari orang tua,” tutupnya. 

Continue Reading

RAGAM

Seru! Ini Cara Rayakan Halloween di Mercure Bengkulu

Published

on

By

Saranapublik.com – Akhir Oktober identik dengan perayaan Halloween, tradisi Celtic kuno, yang juga dikenal dengan nama festival Samhain (akhir musim panas).

Perayaan yang biasanya diselenggarakan pada 31 oktober ini, akan di percepat menjadi tanggal 28 Oktober 2022 yang bertepatan dengan hari jumat. Halloween ini biasanya akan dirayakan dengan sejumlah kegiatan, misalnya mengadakan pesta kostum seram, mengukir buah labu menjadi jack-o’-lantern, permainan trick-or-treating, menonton film horor dan masih banyak lagi. Namun untuk kemeriahan merayakan Halloween, Mercure Bengkulu telah menyiapkan rangkaian acara spektakuler yang sayang untuk dilewatkan, bersama DJ Dodie, Live Band Midnight Fantasy, Taim Mo yang akan bawa suasana Agnez Mo diacara! Tak ketinggalan juga acara ini di pandu oleh MC Fahmi. 

Perayaan ini di peruntukan bagi kamu yang ingin staycation maupun sekedar menikmati kuliner lezat atau acara yang sudah di sediakan disana. Penasaran apa saja? Berikut daftar pilihan untuk Anda yang ingin berpartisipasi: 

  • Mocktaillious dan Octobeer mulai dari Rp 200.000 – Moctaillious adalah Paket minuman non alkohol segar ditambah BBQ sepuasnya, di lengkapin beberbagai hidangan kue bertema Halloween. Paket ini dapat Anda nikmati berdua dengan Rp 200.000, berempat Rp 300.000 nett. Ada juga Beer yang dapat anda nikmati di berdua dengan Rp 300.000 dan berempat Rp 500.000
  • Beerfest Rp 200.000– Paket hemat 4 botol dapat Anda nikmati dengan Rp 200.000
  • Paket Kamar Rp 750.000 – Bukan hanya hidangan makanan ataupun minuman, paket kamar juga siap menjadi pilihan untuk Anda yang praktis. Kenyamanan kamar Superior, sarapan di box tersedia dengan 2 pilihan saat Halloween apakah dengan 4 Prost Beer atau dengan Mocktail dan BBQ untuk 2 orang 

Penawaran pesta Halloween ini dapat Anda kunci table nya dengan menghubungi nomor whatsapp 0812 7973 2789 (boy) dengan informasi lebih lanjut di Instagram @mercure_bengkulu.

Continue Reading

BERITA

Berakhir dengan Skor 5-3, Jatim 3 Duduki Peringkat Kedua Liga Santri

Published

on

By

Jakarta, saranapublik.com, – Pertandingan kontingen Jabar 1 melawan Jatim 3 berakhir dengan skor 5-3. Skor akhir itu, membuat kontingen Jatim 3 berada di peringkat kedua Liga Santri Piala KASAD.

Beberapa petinggi militer di lingkungan TNI-AD turut hadir menyaksikan pertandingan yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu, 22 Oktober 2022 tersebut, diantaranya Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto.

Kasad mengatakan, Liga Santri yang digelar oleh pihaknya itu dilakukan dalam rangka membentuk atlet pesepakbola yang berpotensi, khususnya di kalangan santri.

“Dari ajang ini, diharapkan bisa memunculkan atlet-atlet berbakat dan bertalenta tinggi, dan ke depan bisa tampil ditingkat nasional dan internasional,” ujar Kasad.

Perlu diketahui, selain menduduki peringkat kedua. Salah satu tim dari kontingen Jatim 3, Moch Ricky Indrawan mendapat penghargaan top score. Selama gelaran Liga Santri Piala Kasad, Ricky telah berhasil mencetak 12 gol. (**)

Continue Reading

BERITA

Sidak Pembangunan Puskesmas Yang Mangkrak, Dewan kota Akan Panggil Dinkes

Published

on

By

Kota Bengkulu, saranapublik.com– Proyek pembangunan Puskesmas di kerjakan pada bulan Oktober 2021 hingga akhir bulan Oktober 2022, masih mangkrak. Selain pengerjaan tidak tuntas, juga tidak terlihat adanya aktivitas pembangunan lagi di lokasi Puskemas tersebut.

Terkait hal itu, Anggota DPRD Kota Bengkulu, Bambang Hermanto MM mengatakan, pihaknya segera akan melakukan konfirmasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan akan melakukan tracking terkait proyek pembangunan Puskesmas yang mangkrak tersebut.

“Nanti kita cari tahu dulu apa problemnya agar kita mengetahui permasalahannya secara menyeluruh,” ujar Bambang.

Bambang Hermanto MM mengatakan, akan memanggil Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Untuk hearing. “Kita Akan Panggil Dinkes Kota Bengkulu untuk hearing masalah ini” lanjut Bambang.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Dadi Hatono, terkait pembangunan puskesmas tersebut membenarkan bahwa pembangunan belum selesai. “Ini faktor waktu yang sangat singkat” ujar Dadi.

Proyek pembangunan Puskesmas tersebut di atas lahan bekas Kantor Lurah Tengah Padang dengan menggunakan anggaran mencapai Rp 5 miliar lebih yang berasal dari Dana Anggaran Khusus (DAK). (**)

Continue Reading

BERITA

Polres Bengkulu Utara tangkap Pelaku Penggelapan

Published

on

By

Bengkulu Utara, saranapublik.com – Polres Bengkulu utara (BU) berhasil menangkap satu orang pelaku penggelapan sepeda motor, pada tanggal 15 September 2021 sekira pukul 05.30 wib di Desa Sawang Lebar Ilir Kecamatan Tanjung Agung Palik Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Tersangka inisial JI (19) warga Desa Jaya Loka Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang sumatra selatan.

Kejadian penggelapan terjadi Pada Rabu tanggal 15 September 2021 pelapor memberikan pinjaman berupa 1 (satu) unit sepeda motor Honda Beat Plat BD 6549 NV kepada menantunya pelaku inisial JI untuk berjualan sayuran namun pekerjaan tersebut hanya berjalan 1 (satu) minggu kemudian pelaku JI mengatakan kepada pelapor/korban ingin berganti pekerjaan untuk mengambil ikan di pulau bai setelah itu pelapor/korban memberikan modal sebesar Rp.1.000.000 ,- (satu juta rupiah) kemudian pelaku JI membawa sepeda motor tersebut ke Pendopo dan sepeda motor tersebut telah pelaku jual kepada warga desa Tanjungning Tengah Kecamatan Saling Kabupaten Empat lawang dengan harga sebesar Rp.4.500.000 .- (empat juta lima ratus ribu rupiah)

Dan uang hasil penjualan sepeda motor tersebut telah habis pelaku JI pergunakan untuk memenuhi kebutuhan pelaku JI pada saat di pendopo Lintang.

Kemudian sekira bulan juli 2022 pelaku JI kembali ke desa sawang Lebar Ilir untuk menemui istri dan anaknya dan mertuanya. atas kejadian tersebut pelapor/korban mengalami kerugian sebesar Rp. 16.794.000,
(enam belas juta tujuh ratus sembilan puluh empat ribu rupiah). (**)

Continue Reading

BERITA

Satlantas Polres Bengkulu Tengah Lakukan Patroli di SPBU, Pastikan Antrian Berjalan Tertib

Published

on

By

Bengkulu Tengah, saranapublik.com– Personel dari Satlantas Polres Bengkulu Tengah melakukan patroli dan pemantauan antrian pengisian BBM di SPBU yang ada di Bengkulu Tengah, Minggu 23 Oktober 2022. Patroli dilakukan sejak pukul 09.30 WIB pagi hingga selesai.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di area SPBU.

SPBU yang dilakukan pemantauan adalah SPBU Kembang Seri, Bengkulu Tengah.

Di SPBU ini, petugas melaksanakan monitoring SPBU, agar tetap tertib di sepanjang antrian pengisian bahan bakar minyak, mengantisipasi antrian dan arus lalin agar tetap lancar.

Petugas juga berkoordinasi dengan pihak SPBU saat pengisian BBM agar tetap diawasi.

Dari pemantauan ini, termonitor di SPBU Kembang Seri, tersedia BBM Pertamax dan Pertalite. Arus lalu lintas di seputaran depan SPBU ramai lancar dan tidak ditemukan kemacetan. Antrian mobil yang akan mengisi BBM juga terlihat teratur.

Monitoring ini berjalan lancar, dan situasi saat ini masih dalam keadaaan aman kondusif. (**)

Continue Reading

Trending