Connect with us

Walikota Lubuklinggau

Pj Walikota Bersama Forkompimda Monitor Rapat Pleno KPU

Published

on

Rapat Pleno KPU
Rapat pleno PPK dilaksanakan serentak di 8 kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau, Ahad 18 Februari 2024

Saranapublik.com – Pj Walikota Lubuklinggau, Trisko Defriansyah bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Aspin Dodi melakukan monitoring pelaksanan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan dan penetapan perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Rapat pleno PPK dilaksanakan serentak di 8 kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau, Ahad 18 Februari 2024.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau Aspin Dodi menyatakan bahwa dirinya bersama Pj Walikota dan Forkominda Kota Lubuklinggau melakukan memonitoring kegiatan Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan. 

Sejauh ini laporannya bagus semua tidak ada kendala. Muda-mudahan hasilnya sesuai dengan yang ditargetkan. Semoga rekapitulasinya aman, tanpa ada kendala apapun.

“Kami menjadwalkan lima hari kedepan untuk melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan ini. Semoga tidak sampai lima hari, kalau bisa tiga hari selesai,” katanya.

Tapi tergantung juga dengan kawan-kawan PPK. “Saya juga menyatakan bila capek istirahat, jadi jangan sampai terlalu dipaksakan. Tapi juga jangan terlalu santai, karena kita juga ada targetnya,” jelasnya.

Saat ditanya kalau melebihi waktu lima hari ? Aspin menjelaskan  tidak apa-apa karena menurut aturan PKPU nomor 5 tahun 2024 sampai 2 Maret 2024 untuk rekapitulasi perhitungan tingkat kecamatan. 

“Artinya ada waktu 15 hari. Namun kita maksimalkan manjadi 7 hari, karena berkenaan dengan anggarannya. Jadi kalau terlalu lama, kita takutnya tidak kuat,” jelasnya.

Ketua PPK  Lubuklinggau Timur I, Evan Maulana, S.M. mengatakan rapat pleni PPK dikawal ketat aparat keamanan TN dan Polri. “Kami melakukan apel bersama dengan TNI dan Polri. Setelah itu pukul 09.00 WIB kita memulai Rapat Pleno rekapitulasi suara sampai pukul 12.00 WIB,” katanya.

Yang pertama ipleno rekapitulasi suara untuk kelurahan Batu Urip Taba, dan baru selesai 6 TPS. Jumlah TPS Kelurahan Batu Urip Taba ada 8 TPS.

“Untuk target kami 2 kelurahan, yang pertama ini kelurahan Batu Urip Taba. Mudah-mudahan bisa tercapai, karena kegiatan seperti ini tidak bisa grasak-grusuk, kita perlu hati-hati dalam proses perhitungannya,” jelasnya. 

Sedangkan untuk Kecamatan Lubuklinggau Timur I ada 8 kelurahan terdidari  89 TPS.

Untuk pengamanan dibantu dari Kodim 0406/Lubuklinggau sebanyak 5 orang, dari kepolisian Polres Lubuklinggau 40 personil serta dari Sat Pol-PP Kota Lubuklinggau sebanyak 10 orang.

Dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan Lubuklinggau Timur I ini hadir saksi-saksi dari perwakilan partai politik maupun saksi calon anggota legislatif dan presiden. (Adv/rls)

Walikota Lubuklinggau

Pj Walikota Lubuklinggau Tinjau Fasyankes UPT Puskesmas Maha Prana

Published

on

Pj Walikota Lubuklinggau Tinjau Fasyankes UPT Puskesmas Maha Prana
Pj Walikota Lubuklinggau Tinjau Fasyankes UPT Puskesmas Maha Prana

 Lubuklinggau, Saranapublik.com – Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyahsa, Kamis (12/10/2023) meninjau kegiatan penilaian dari surveyor fasyankes di UPT Puskesmas Maha Prana, Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau.

Dikatakan Trisko, pihak surveyor melakukan penilaian metode wawancara langsung yang tidak hanya dengan puskesmas saja namun juga termasuk dengan pohak kecamatan dan dinas.

“Kemudian dilihat di beberapa posyandu yang dibawa binaan puskesmas maha prana ini. Alhamdulillah berjalan dengan baik, dan sarana prasarana susah cukup memadai. Artinya fungsi pelayanan terdekat kepada masyarakat berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menyebutkan, pemerintah kota Lubuklinggau akan menseimbangkan kebutuhan sarana prasananya baik secara fasilitas maupun SDM.

“Yang terpenting adalah disiplin waktu dan pelayanan kemudian kecukupan prasarana serta obat-obatan,” ungkapnya.

Sementara, Mazidawati, selaku kepada Puskesmas Maha Prana berharap hasil akreditasi nanti mendapatkan yang terbaik serta lebih tinggi dari yang saat ini.

“Dengan akreditasi ini, supaya dapat meningkatkan mutu kualitas sesuai standar, meningkatkan indeks kepuasan pasien, meningkatkan capaian kinerja pegawai,” ungkapnya.

Hadir mendampingi Pj Wali kota yakni, Kepala Dinas Kesehatan, Erwin Armeidi, Camat Lubuklinggau Barat II, Selvy Novra Agrelya, Kepala Puskesmas Maha Prana, Mazidawati. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

HUT Ke-22 Kota Lubuklinggau, Trisko Defriyansa Buka Langsung City Expo 2023

Published

on

PJ WALIKOTA TYRISKO DEFRIYANSA BUKA LANGSUNG CITY EXPO
HUT Ke-22 Kota Lubuklinggau, Trisko Defriyansa Buka Langsung City Expo 2023

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa dalam rangka HUT Kota Lubuklinggau yang Ke-22 membuka Linggau City Expo tahun 2023, Pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Pembukaan Linggau City Expo tersebut diselenggarakan di Atrium Lippo Plaza Kota Lubuklinggau, Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama antar seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkot Lubuklinggau dengan Dinas PMPTSP sebagai leading sektor ini dilaksanakan selama empat hari, yakni pada 10 sampai 14 Oktober 2023 mendatang.

“Peserta diikuti oleh tiga dari perbankan, satu dari hotel, satu dari rumah sakit, perumahan, 30 UMKM, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Lingkungann Hidup,”kata Kepala DPMPTSP Kota Lubuklinggau, Tegy Bayuni.

Dikatakannya, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai ruang pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan membuka peluang fasilitas kemitraan, promosi produk dan meningkatan kepercayaan diri pelaku usaha.

Sementara itu, Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansya menjelaskan bahwa Kota Lubuklinggau sendiri mulai melek pameran sejak tahun 2004. Dimana saat itu dikunjungi Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu, Adhyaksa Dault.

“Nah kegiatan ini, saya berkoordinasi bersama Pj Sekda dan disambut baik oleh seluruh jajaran OPD . Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran panitia dan OPD serta seluruh peserta atas terselenggaranya kegiatan ini,”tutur Wako.

Selain itu, tumbuh kembangnya perumahan yang ada di Kota Lubuklinggau saat ini terjadi karena saat ini kota ini sudah sangat terbuka dan mudah-mudahan sebanding dengan kepemilikan bagi masyaraat yang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan hunian terbaik. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Walikota Lubuklinggau

Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024, Pj Walikota: Kerukunan Umat Beragama Terjaga dengan Baik

Published

on

Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024, Pj Walikota: Kerukunan Umat Beragama Terjaga dengan Baik
Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024, Pj Walikota: Kerukunan Umat Beragama Terjaga dengan Baik

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa membuka kegiatan operasi terpusat “Mantap Brata Musi 2023-2024” dalam rangkaian pengamanan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2024, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Selasa (10/10/2023).

Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa mengatakan Pemkot Lubuklinggau sangat mengapresiasi jajaran TNI/Polri beserta elemen lainnya termasuk Linmas yang telah melaksanakan operasi terpusat “Mantap Brata Musi 2023-2024’ pada hari ini.

Sebagaimana diketahui bahwa Pileg akan dilaksanakan pada 17 Februari 2024.

Dan saat rakor Forkopimda di Palembang, dirinya juga telah mendapat informasi dari Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kalau indeks kerawanan di Kota Lubuklinggau berada di angka 9,20.

Itu berarti Kota Lubuklinggau termasuk dalam kategori daerah dengan kerawanan rendah. Namun demikian kita tetap waspada sekaligus mencermati perkembangan dinamika terkait pengamanan Pemilu.

Hal ini penting karena ada beberapa isu yang sering mencuat menjelang Pemilu seperti masalah pemilih ganda serta institusial saat dimulainya tahapan Pemilu terutama masalah kampanye.

“Kami berharap kerukunan antar umat beragama juga harus terjaga dengan baik,” imbuhnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan simulasi penanganan pada saat Pemilu di salah satu TPS.

Turut hadir, mewakili Kapolres Lubuklinggau, mewakili Dandim 0406 Lubuklinggau beserta jajaran, mewakili Kajari, Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau, Komisioner beserta seluruh jajaran Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau, jajaran OPD terkait.(Adv/Rmn)

Continue Reading

PEMERINTAH

Trisko Defriyansa Hadiri Internasional Seminar di Jakarta

Published

on

Internasional Seminar
Trisko Defriyansa Hadiri Internasional Seminar di Jakarta

Jakarta, Saranapublik.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri acara International Seminar on Indonesia’s Fiscal Decentralization Policy for The Next Decades di Gedung Djuanda 1, Kemenkeu, Selasa (3/10/2023).

Acara ini dihadiri oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, Kemendagri M Tito Karnavian, para kepala daerah peraih penghargaan, dan perwakilan desa.

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau menerima alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan TA 2023 kategori Percepatan Belanja Daerah dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dari Kementerian Keuangan.

Dalam kesempatan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam sambutannya mengatakan, transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan merupakan hal yang harus didukung termasuk dalam menggunakan instrumen yang ada di dalam APBD.

Dia berharap dalam penyusunan anggaran, muncul keselarasan antara perencanaan di dalam penganggaran pusat dan daerah.

“Dari sisi legislasi, kita telah menyelesaikan perundang-undangan dalam rangka meningkatkan koordinasi antara APBN dan APBD melalui kebijakan fiscal,” tandasnya. 

Kehadiran kebijakan ini sambung dia, diterbitkan oleh pemerintah agar sinkronisasi antara APBN dan APBN berjalan optimal. 

“Sinergi dan harmonisasi antara APBN dengan APBD dapat diwujudkan melalui digitalisasi yang telah memiliki pondasi kokoh. Misalnya, legalitas dan setiap badan di daerah memiliki Bagan Akun Standar (BAS),” lanjut Sri Mulyani.

Dalam digitalisasi, setiap kota, kabupaten, dan provinsi tidak boleh menggunakan sembarang kode. 

Hal ini, disebutkan oleh Sri Mulyani, akan berdampak secara nasional. Dalam digitalisasi, menuntut pengkodean atau coding dalam semua transaksi dan kegiatan.

“Pengkodean yang berbeda akan berdampak terhadap ketidaksinkronan data. Maka, situasi ini menjadi penghambat bagi kita dalam memanfaatkan platform digital secara luas dan sinergis,” pungkasnya. 

Turut mendampingi Pj Wali Kota, Kepala Bapenda, H Dian Chandera dan Kepala BPKAD, Zulfikar. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Kota Lubuklinggau

Resmi, Trisko Defrianyansa Jabat Pj Walikota Lubuklinggau

Published

on

Pj Walikota Lubuklinggau Trisko Defriyansa
Resmi, Trisko Defrianyansa Jabat Pj Walikota Lubuklinggau

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Trisko Defriyansa resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau. Penunjukkan Trisko Defriansya Sebagai Pj Walikota Lubulklinggau menyusul berakhirnya masa jabatan Nansuko H. SN Prana Putra Sohe dan H. Sulaiman Kohar bulan September 2023.

Trisko Defriyansa, akrab disapa Trisko, sebelumnya menjabat sebagai sekretaris daerah Kota Lubuklinggau sejak Februari 2023.

Ia dilantik oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, dalam sebuah prosesi di Griya Agung Demang Lebar Daun Provinsi Sumsel, Kota Palembang, sekitar pukul 13.30 WIB pada hari Senin, 18 September 2023.

Alhamdulillah, jabatan ini merupakan amanah besar bagi saya untuk memimpin Kota Lubuklinggau selama masa transisi menuju Pemilu Serentak 2024,” ujar Trisko.

Lanjutnya. Trisko mengungkapkan akan memperhatikan arahan dan instruksi dari pemerintah pusat termasuk Mendagri dan Gubernur Sumsel selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah.

“Insyaallah, saya akan fokus dan serius memastikan pembangunan Kota Lubuklinggau ke depan berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam menjalankan roda pemerintahan dan menyukseskan program pembangunan, Trisko berkomitmen untuk melibatkan seluruh stakeholder terkait.

“Saya akan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki Pemerintah Kota Lubuklinggau untuk mendorong kemajuan kota ini,” tambahnya.

Trisko mengawali riwayat pendidikannya di SD Negeri 19 Kota Lubuklinggau pada tahun 1988. Kemudian, ia melanjutkan ke SMP 1 Permiri Kota Lubuklinggau pada tahun 1991, dan menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMA Negeri 10 Kota Palembang pada tahun 1994.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat menengah, Trisko melanjutkan pendidikan tingkat sarjana di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dan berhasil menamatkannya pada tahun 1999.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister di Universitas Bengkulu, jurusan administrasi Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip), yang berhasil diselesaikannya pada tahun 2008. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Walikota Lubuklinggau

Gebyar Ayo Ngelong, Wako: BPKPRMI Sebagai Leading Sektor Kegiatan Festival Ramadhan

Published

on

Wali Kota Lubuklinggau Pimpin Rapat Gebyar Ayo Ngelong Ke Lubuklinggau

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe pimpin rapat pelaksanaan gebyar Ayo Ngelong ke Lubuklinggau yang akan segera dilaksanakan pada Maret 2023 ini.

Wako menyebutkan, bahwa gebyar tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan bulan suci ramadhan. Dengan demikian, kegitan akan diagendakan seperti festival ramadhan.

“Kami minta BKPRMI sebagai leading sektor ralam kegiatan festival ramadhan ini,” kata Wako.

Wako juga mengatakan bahwa, pada festival ramadhan nantinya akan diadakan pula bazar UMKM yang dilaksanakan di Taman Olahraga Megang (TOM) dengan dipasang tenda-tenda untuk para pelaku UKM berjualan.

“Juga nanti ada buka bersama dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah di TOM,” ungkap Wako.

Hadir dalam rapat tersebut, Sekda Lubuklinggau H Trisko Defriansya, Asisten III Kahlan Bahar, Kepala Dinas Kominfotiksan M Johan Iman Sitepu, Kepala Dinas PU Achmad Asril, Plt Kepala Dinas Perkim Febrio Fadilah, Kasat Pol PP Walyusman, Kepala Dinas Perhubungan Abu Jaat,Kepala Dinas Pariwisata Heri Zulianta, Kepala BPKAD Zulfikar, Kepala Dinas Koperasi dan Ukm, Wiwin Eka Saputra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Surya Dharma, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Purnomo, Kepala Bappeda Litbang Emra Endi Kesuma, Kabag Kesra Ahyar, Ketua BKPRMI H Hasbi Mustofa. (Adv/Bambang)

Continue Reading

Walikota Lubuklinggau

Buka Turnamen Bola Voli Caroline Cup Ke-9, Wako: Apresiasi PBVSI

Published

on

Wali Kota Lubuklinggau Buka Turnamen Bola Voli Caroline Cup Ke-9
Wali Kota Lubuklinggau Buka Turnamen Bola Voli Caroline Cup Ke-9

Lubuklinggau, Saranapublik.com – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe membuka kejuaraan terbuka bola voli antar pelajar SMP/SMA putra/putri dan umum serta ibu-Ibu “Caroline Cup ke-9” tahun 2023,  Senin (6/3/2023)

Turnamen ini diikuti oleh tim bola voli dari Sumbagsel yang berjumlah lebih kurang 87 tim dengan total hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta, trofi serta piala bergilir Caroline Cup. 

Dalam sambutannya, Wali Kota, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara dan PBVSI Kota Lubuklinggau yang sudah melaksanakan Caroline Cup ini. 

“Turnamen ini sudah dilaksanakan ke-9 kalinya. Pemkot Lubuklinggau memberikan apresiasi sebesar-sebesarnya kepada keluarga besar Caroline yang sukses melakukan kegiatan positif  setiap tahun,” ujinya. 

Selain itu, Pemkot Lubuklinggau melalui KONI Kota Lubuklinggau juga selalu mendukung penuh kegiatan-kegiatan olahraga dan kepemudaan yang positif untuk dilaksanakan di Kota Lubuklinggau.

“Semakin banyak kegiatan positif seperti ini maka akan semakin sedikit kegiatan negatif yang terjadi,”  ucapnya sembari menutup sambutan dan membuka secara resmi open turnamen Caroline Cup ke-9. 

Turut hadir mendampingi wali kota, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H. Rodi Wijaya, Asisten I, Kahlan Bahar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, H Dian Chandera, Kepala Dispora, H Purnomo, Kepala Dinas PUPR, Achmad Asril, Kepala Dinas Kesehatan,  Erwin Armeidi, Plt Kepala Disperkim, Febrio Fadilah, Ketua KONI Kota Lubuklinggau, H Bambang Rubianto, Kasat Pol PP, Walyusman serta pejabat dilingkungan Pemkot  Lubuklinggau yang sempat hadir. (Adv/Bambang)

Continue Reading

Walikota Lubuklinggau

H Trisko Defriyansa Jabat Sekda Lubuklinggau, Ini Pesan Wako

Published

on

H Trisko Defriyansa Jabat Sekda Lubuklinggau, Ini Pesan Wako
H Trisko Defriyansa Jabat Sekda Lubuklinggau, Ini Pesan Wako

Lubuklinggau, Saranapublik.com – H Trisko Defriyansa resmi dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Sekretari Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, menggantikan Penjabat (Pj) Sekda, Imam Senen.

Dimana, sebelumnya H. Trisko Defriyansa menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Lubuklinggau, sampai habis masa jabatan.

Diselah acara pelantikan tersebut, H SN Prana Putra Sohe mengucapkan terima kasih kepada Imam Senen, yang sebelumnya menjadi Penjabat (Pj) Sekda.

“Terima kasih kepada Pak Imam Senen beserta istri atas dedikasinya selama ini. Dia telah menjalankan tugasnya dengan maksimal dan berhasil memberikan contoh terbaik,” ungkapnya.  Senin, 27 Februari 2023.

Lebih lanjut, Wako juga mengucapkan selamat dan menyelipkan pesan kepada Sekda terpilih, Trisko Defriyansa, agar terus menjaga kekompakan, sinergitas dan komunikasi.

“Jaga kekompakan, sinergitas antar OPD dan komunikasi dengan media. Jangan takut dengan media, jalinlah komunikasi yang baik, karena media merupakan corong kita dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” tegasnya.

Untuk diketahui, acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung secara resmi di ruang Cinema Hall Lt. 5 Perkantoran Pemkot Lubuklinggau, Senin (27/2/2023) oleh Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Wakil Wali Kota, H Sulaiman Kohar dan dihadiri oleh beberapa Forkopimda Kota Lubuklingau . (Adv/Bambang)

Continue Reading

Trending