Connect with us

Musi Rawas

Dinas PUCKTRP Kabupaten Musi Rawas Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Published

on

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Musi Rawas

Dinas PUCKTRP Kabupaten Musi Rawas Memperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1444 H

Published

on

By

Continue Reading

Musi Rawas

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H, H. Oktaviano.ST, M.SI: Tingkatkan Iman Dan Takwa”

Published

on

By

H. Oktaviano.ST, M.SI

Musi Rawas — Plt. Kepala dinas PUCKTR Oktaviano, beserta seluruh jajaran, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H / tahun 2023. “Hari ini umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

 

Okta menerangkan, Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan dan
keberkahan. Bulan Ramadhan dapat disebut juga bulan kasih sayang (rahmat),
bulan pengampunan (maghfirah), bulan penuh keberkahan (barakah), bulan
kemenangan (falah), bulan pembelajaran (tarbiyah), dan bulan dimana setiap
ibadah dilipatgandakan.

Lanjut Oktaviano, Seorang Muslim harus menyambut Ramadhan dengan suka cita.
“Sebagaimana,” Imam Ahmad dan Imam an-Nasa’i meriwayatkan sebuah
hadits shahih dari Abu Hurairah RA., suatu saat Rasulullah SAW memberikan kabar
gembira kepada sahabatnya, beliau bersabda:

قَدْ أَتَاكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ
صَيَامَهُ فِيْهِ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَانِ وَتُغْلَقُ أَبْوَابُ الجحيم, وَ
تُغَلَّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ, فَيْهِ لَيْلَةٌ أَبْوَابُ خَيْرٌ من ألف شهرد
مَنْ حَرَّمَ خَيْرَهَا فَقَدْ

Artinya: “Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang
penuh berkah. Allah mewajibkan kepada kamu sekalian untuk berpuasa. Pada bulan
itu pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka Jahanam dikunci, dan setan-setan
dibelenggu. Pada bulan itu ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Maka siapa yang tidak berusaha untuk mendapatkan kebaikannya, maka luputlah
semua kebaikannya.” (Muttafaq ‘Alaih).

 

Kami, dari dinas PUCKTRP Kabupaten Musi Rawas, bersama seluruh staf dan jajaran
lainya, berharap dengan moment bulan suci Ramadhan 1444 H tahun ini, “
bisa meningkatkan iman dan takwa, serta dapat mewujutkan program Musi Rawas
mantab kedepanya,” tutup Oktaviano. (Adv)

Continue Reading

PEMERINTAH

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1444 H, Kepala BAPPEDA: Tingkatkan Iman Dan Takwa”

Published

on

By

feri Kgs
Kepala Bappeda Kab. Musi Rawas Kgs Effendi Feri

Musi Rawas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Musi Rawas, Kgs Effendi Feri, S.STP, MSI. beserta seluruh jajaran, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H / tahun 2023. “Hari ini umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan.”

Feri menerangkan, Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh kemuliaan dan keberkahan. Bulan Ramadhan dapat disebut juga bulan kasih sayang (rahmat), bulan pengampunan (maghfirah), bulan penuh keberkahan (barakah), bulan kemenangan (falah), bulan pembelajaran (tarbiyah), dan bulan dimana setiap ibadah dilipatgandakan.

Lanjut Feri, Seorang Muslim harus menyambut Ramadhan dengan suka cita. “Sebagaimana,” Imam Ahmad dan Imam an-Nasa’i meriwayatkan sebuah hadits shahih dari Abu Hurairah RA., suatu saat Rasulullah SAW memberikan kabar gembira kepada sahabatnya, beliau bersabda:

قَدْ أَتَاكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صَيَامَهُ فِيْهِ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَانِ وَتُغْلَقُ أَبْوَابُ الجحيم, وَ تُغَلَّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ, فَيْهِ لَيْلَةٌ أَبْوَابُ خَيْرٌ من ألف شهرد مَنْ حَرَّمَ خَيْرَهَا فَقَدْ

Artinya: “Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kepada kamu sekalian untuk berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka Jahanam dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka siapa yang tidak berusaha untuk mendapatkan kebaikannya, maka luputlah semua kebaikannya.” (Muttafaq ‘Alaih).

Kami, dari Bappeda Kabupaten Musi Rawas, bersama seluruh staf dan jajaran lainya, berharap dengan moment bulan suci Ramadhan 1444 H tahun ini, ” bisa meningkatkan iman dan takwa, serta dapat mewujutkan program Musi Rawas mantab kedepanya,” tutup Feri.

Pewarta Tomyy

Continue Reading

Musi Rawas

Dinas PUCKTRP Kabupaten Musi Rawas Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1444 H

Published

on

By

Continue Reading

Musi Rawas

Oktaviano,ST.,M.Si, Pimpin Ruwahan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Published

on

By

PUCKTRP Kab. Musi Rawas Adakan Ruwahan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H
PUCKTRP Kab. Musi Rawas Adakan Ruwahan Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Musi Rawas — Dinas pengerjaan umum cipta karya, tata ruang dan pengairan (DPUCKTRP) kabupaten Musi Rawas, mengadakan rapat bagi staff kantor yang di lanjutkan dengan acara Ruwahan. Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H / 2023 M, acara di gelar Pada Selasa, (21/03/23)

Acar yang di pimpin langsung oleh Oktaviano, ST.,M.Si sebagai PLT Kepala Dinas (Kadis) PU Cipta Karya, Tata Ruang dan Pengairan Kabupaten kabupaten Musi Rawas.

“Ruwatan sesungguhnya merupakan suatu usaha untuk membangun keselarasan dan komunikasi antar manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, serta manusia dengan alam. Usaha tersebut dipertajam melalui upaya-upaya serta perbuatan yang lebih menganakemaskan keutamaan budi,”

Apabila yang tumbuh dalam hati manusia hanyalah ketamakan dan kedengkian serta iri hati, kehidupan manusia akan terganggu. Begitu juga dengan keharmonisan manusia dengan manusia, alam, serta Tuhan. Ditambahkannya, agar manusia selalu hidup damai, maka budaya spiritual harus ditegakkan karena hal itu merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. (Adv)

Continue Reading

Bupati Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Hadiri Silaturahmi Bersama PERSI Sekaligus penyerahan Bantuan Penanganan Banjir

Published

on

By

Bupati Musi Rawas Hadiri Silaturahmi Bersama PERSI Sekaligus penyerahan Bantuan Penanganan Banjir

Musi Rawas, Saranapublik.com- Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud menghadiri acara silaturahmi bersama Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumatera Selatan dr. Hj Makiani, SH.MM.MARS sekaligus penyerahan bantuan untuk penanganan banjir di Kabupaten Musi Rawas dari PERSI Wilayah Sumatera Selatan, bertempat di RSUD Palembang BARI, Jumat (17/3/2023). (red)

Continue Reading

Musi Rawas

Rokok Berpita Cukai 2022, Masih Beredar”

Published

on

By

Pita Cukai Rokok

Musi Rawas, Saranapublik.com – Terkait masih beredarnya Pita cukai rokok tahun 2022 di tahun 2023, manager Distribusi PT Gudang Garam Tbk, Desa Pedang, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan di mintai keterangan, Rabu, 01 Maret 2023.

Manager distribusi PT Gudang Garam Tbk (Aidil), dimintai keterangan oleh pihak Polsek Muara Beliti bersama penyidik Reskrim Polres Musi Rawas, Polda Sumatera Selatan, setelah mendapatkan laporan dari warga, terkait masih beredarnya pita cukai rokok tahun 2022 di tahun 2023.

Saat dikonfirmasi awak media, Aidil membenarkan bahwa pihaknya di panggil ke Polsek Muara Beliti, untuk mengklarifikasi terkait masih beredarnya pita cukai rokok tahun 2022 di tahun 2023, serta dimintai legalitas perusahaan oleh penyidik Reskrim Polres Musi Rawas.

Aidil menambahkan, terkait masih beredarnya pita cukai rokok tahun 2022 di tahun 2023, semua perusahaan produksi rokok, dalam hal ini membeli pita cukai kepemerintah lebih awal, sebelum masuk tahun 2022. Dan semua Perusahaan rokok diberikan keleluasaan oleh pemerintah (Dirjen Pajak) sampai bulan April 2023, untuk penarikan pita cukai tahun 2022. Dalam hal ini Aidil menegaskan untuk PT Gudang Garam, akan melakukan penarikan pita cukai tahun 2022 di bulan Maret.

“Kita, semua perusahaan rokok, membeli pita cukai lebih awal ke pemerintah sebelum masuk tahun 2022. Walaupun Kita diberikan waktu sampai bulan April oleh pemerintah (Dirjen Pajak), untuk penarikan pita cukai tahun 2022, namun kita (Gudang Garam) akan melakukan penarikan pita cukai tahun 2022 di bulan Maret 2023,” terang Aidil.

Saat di tanya regulasi terkait pemberian waktu penarikan pita cukai sampai dengan April 2023, Aidil mengatakan,”aturanya nggak ada, ini cuma kebijakan dirjen pajak,”lanjut Aidil.

Terpisah, menyikapi masih beredarnya pita cukai rokok tahun 2022 di tahun 2023, Rifa’i ketua DPD LSM Barak NKRI menegaskan, semua perusahaan rokok yang ada di Kabupaten Musi Rawas, untuk benar-benar memperhatikan ambang batas berlaku pita cukai rokok, untuk menghindari kenakalan pedagang yang menetapkan HTP lebih besar dari HJE.

“Saya berharap semua perusahaan rokok yang ada di Kabupaten Musi Rawas, untuk tidak main-main, dalam hal penarikan pita cukai yang sudah masuk waktu penarikan dan pengunaan pita cukai rokok yang baru. Agar penjual rokok tidak menepatkan HTP lebih tinggi dari HJE,” terang Rifa’i, Selasa (7/3/2023). (Red)

Continue Reading

Bupati Musi Rawas

Musda PimDa Muhammadiyah Ke-12 dan Aisyiyah Ke- 11, Dibuka Langsung Bupati Musi Rawas

Published

on

By

Musda PimDa Muhammadiyah Ke-12 dan Aisyiyah Ke- 11, Dibuka Langsung Bupati Musi Rawas

Musi Rawas, Saranapublik.com – Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud didampingi Ketua TP PKK Musi Rawas H. Riza Novianto Gustam hadir dan membuka secara langsung Musyawarah Daerah (Musda) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ke-12 dan Aisyiyah Ke-11 Kabupaten Musi Rawas dengan tema “Mengokohkan Gerakan Mencerahkan Umat”.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri juga Walikota Lubuklinggau H. SN Prana Putra Sohe, Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo, Pimpinan Muhammadiyah/Aisyiyah Sumatera Selatan, Pimpinan Muhammadiyah/Aisyiyah Kabupaten Musi Rawas, Rektor Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera, Pimpinan Bank SumselBabel Cabang Muara Beliti, SumselBabel Syariah Cabang Muara Beliti, Ketua PCNU Mura, Ketua Bawaslu Mura, Ketua KPU Mura, Kepala OPD Mura, Camat Tugumulyo, Kepala Desa Tegalrejo, Pimpinan Ranting Muhammadiyah/Aisyiyah.

Musyawarah Daerah (Musda) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ke-12 dan Aisyiyah Ke-11 Kabupaten Musi Rawas ini diikuti oleh 163 peserta dan 70 Aisyiyah utusan Pimpinan Sumsel, Kabupaten Musi Rawas, dan Ranting Kecamatan yang dilaksanakan pada 4-5 Maret 2023.

Bupati Hj. Ratna Machmud dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Daerah (Musda) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ke-12 dan /Aisyiyah Ke-11 Kabupaten Musi Rawas.

“Saya sangat mengapresiasi Pengurus Muhammadiyah/Aisyiyah Musi Rawas yang selama ini telah menjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas,” jelas Bupati.

Bupati berharap, dalam Musyarawah Daerah (Musda) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ke-12 dan /Aisyiyah Ke-11 Kabupaten Musi Rawas ini bisa menghasilkan kepengurusan baru yang amanah dan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Semoga ke depannya, para pengurus Muhammadiyah/Aisyiyah Musi Rawas dapat lebih berkontribusi aktif dalam mendukung serta menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Musi Rawas untuk mewujudkan Musi Rawas Mantab (Maju, Mandiri, Bermartabat),” tutupnya. (Adv/Romi)

Continue Reading

HUKUM

Warga Desa Remayu di Temukan Keluarga dalam keadaan Tewas

Published

on

By

Warga Desa Remayu di Temukan Keluarga dalam keadaan Tewas
Warga Desa Remayu di Temukan Keluarga dalam keadaan Tewas

Saranapublik.com, Musi Rawas – Ir (50), Warga Desa Remayu, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, ditemukan oleh keluarga dalam keadaan tidak bernyawa, di area kebun K.19 divisi II PT Evan Lestari, Sabtu, 04 Maret 2023.

Korban di temukan, berkisar subuh Pukul 04:00 Wib. Pencarian korban oleh keluarga dilakukan mulai pukul 16:00 Wib, Jum’at sore, 03 Maret 2023.

Saat dikonfirmasi, paman korban (Hamka) mengatakan, hasil visum dari Polres Musi Rawas tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan.

“Kato Dokter Rumah Sakit Sobirin Muara Beliti, berdasarkan hasil visum yang diminta Polres Musi Rawas, tidak ditemukan tanda-tanda kekarasan,” terang Hamka.

Lanjut Hamka, korban di duga meninggal dunia, setelah terjadi kejar-kejaran oleh keamanan PT Evan Lestari.

“Korban ini meninggal, di kebun Sawit PT Evan Lestari, dikejar Pansus PT Evan Lestari,” terang Paman Korban.

Terpisah, Kepala Desa Remayu, Rahman Jalidi menerangkan, Korban Ir, di duga melakukan pencurian kelapa Sawit di PT Evan Lestari. Korban meninggal dunia diduga terjadi pengejaran dari petugas keamanan yang sedang berpatroli, terang Rahman.

“Korban di duga melakukan pencurian kelapa Sawit milik PT Evan Lestari. berdasarkan informasi, beliau (korban) kehabisan nafas, saat dikejar pihak kemanan (Pansus),” Jelas Kepala Desa Remayu.

Saat dikonfirmasi via telpon, Kasatreskrim Polres Musi Rawas AKP Muhammad Indra Prameswara mengatakan, berdasarkan visum, bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan di fisik korban.

“Berdasarkan hasil visum dari Dokter Rumah Sakit (RS) Sobirin Musi Rawas, korban memiliki riwayat sesak nafas, dan tidak disertai tanda-tanda kekerasan pada fisik korban,”tutup Kasatreskrim Polres Musi Rawas. (Rona Almada)

Continue Reading

Musi Rawas

P4GN, Bupati Musi Rawas Terima Penghargaan BNN RI

Published

on

By

Program P4GN, Pemkab Musi Rawas Terima Penghargaan Dari BNN RI
Program P4GN, Pemkab Musi Rawas Terima Penghargaan Dari BNN RI

Saranapublik.com, Musi Rawas – Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional RepubIik Indonesia (BNN RI). Prosesi penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Kepala BNN RI Dr. Petrus Reinhard Golose, bertempat di Griya Agung, Palembang, Kamis, (2/3/2023). 

Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi BNN atas peran aktif Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam program pencegahan dan pemberantasan Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN), yaitu dengan memberi dukungan dalam membentuk Desa Wisata Tematik Bersih Narkoba (Dewita Bersinar) di Kabupaten Musi Rawas, di antaranya Desa Ngadirejo, Desa Triyoko, Desa Karang Panggung, Desa Sumber Asri, Desa Muara Beliti Baru, dan Desa Trisakti.

Agenda ini merupakan rangkaian dari Dialog publik War on Drugs yang mengangkat tema “Optimalisasi peran BNN, KPK, BNPT, dan LPSK dalam kompleksitas penanganan permasalahan narkoba, terorisme, dan korupsi”. Pertemuan ini tidak hanya dihadiri oleh 4 pimpinan instansi, tetapi juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ketua DPRD Sumatera Selatan, Forkopimda, serta Muspida tingkat I dan II.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru dalam sambutannya mengajak semua masyarakat untuk selalu sadar akan bahaya penggunaan narkoba. “Hari ini kita me-launching Perkebunan Bersinar dan Desa Wisata Tematik Bersinar. Ini adalah tugas mulia sekali yang digagas oleh BNN, khususnya BNN RI di Sumsel yang selalu mengingatkan kita untuk selalu waspada  terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan pemuda-pemuda yang kita persiapkan menyongsong demokrasi geografi untuk dekade ke depannya dan untuk semua elemen masyarakat (diharapkan) dapat selalu membantu dalam hal pencegahan di lingkungan sekitar kita,” ucap Gubernur H. Herman Deru.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada kepala dan jajaran jajaran BNN RI atas kehadirannya di Sumatera Selatan, dan ini menjadi penghargaan bagi masyarakat Sumatera Selatan. (Adv/Romi)

P4GN, Bupati Musi Rawas Terima Penghargaan BNN RI
Continue Reading

Trending