Connect with us

DPRD Musi Rawas

Ketua DPRD Musi Rawas Azandri S.IP Menghadiri Acara Pisah Sambut Kapolres Musi Rawas

Published

on

Pisah Sambut Kapolres Musi Rawas

Lubuklinggau – Ketua DPRD Musi Rawas Azandri S.IP bersama Bupati Hj. Ratna Machmud dan Wakil Bupati Hj. Suwarti menghadiri acara Pisah Sambut Kapolres Musi Rawas, di Hotel Smart Lubuklinggau, Sabtu (14/01/2023). Turut hadir Ketua TP PKK Musi Rawas H. Riza Novianto Gustam, Dandim 0406, Sekda Kabupaten Mura, Wakapolres Mura, Wakil Ketua DPRD Mura, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Kepala OPD, beserta tamu undangan.

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud mengucapkan selamat dan sukses atas serah terima jabatan Bapak AKBP Danu Agus Purnomo, S.I.K, MH sebagai Kapolres Musi Rawas yang baru. Teriring harapan semoga mampu melaksanakan tugas secara profesional dan membina hubungan yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, dan Kepada Bapak AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K, M.Si, Bupati mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru.

Melalui acara Pisah Sambut Kapolres Musi Rawas malam ini, ke depannya diharapkan dapat menciptakan suasana dan hubungan pemerintahan dan kekeluargaan yang lebih harmonis, sehingga berbagai permasalahan dapat diselesaikan bersama-sama demi terwujudnya proses pembangunan di Kabupaten Musi Rawas, untuk mewujudkan Musi Rawas Mantab (Maju, Mandiri, Bermartabat).

Kerja sama yang baik akan menjadi salah satu sumber kekuatan dalam proses pembangunan yang dapat dijadikan dasar bagi pemerintah dalam membuat kebijakan untuk meningkatkan kehidupan sosial masyarakat yang aman, tertib dan damai.

“Saya ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi Bapak AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K, M.Si atas pengabdian beliau kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas yang telah dilaksanakan dengan baik. Mudah-mudahan apa yang sudah dibaktikan dan dikaryakan menjadi amal ibadah yang akan dibalas oleh Allah SWT.”

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati mengucapkan selamat datang kepada kapolres yang baru. “Selamat datang dan selamat bertugas di Kabupaten Musi Rawas kepada Bapak AKBP Danu Agus Purnomo, S.I.K, MH, mari bersama kita bangun daerah kita tercinta ini, yaitu Musi Rawas Mantab,” ucap Ratna. (Adv/Romi)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPRD Musi Rawas

DPRD Musi Rawas: Pemerintah Mesti Tingkatkan SDM Pekerja Sikapi Digitalisasi Industri

Published

on

imam kurniawan
DPRD Musi Rawas Imam Kurniawan, CP,SH

Saranapublik.com – Imam Kurniawan, CP,SH, DPRD sekaligus Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas(Mura) Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Muara Beliti, Tugumulyo dan Purwodadi nomor urut 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN) mengingatkan pemerintah agar melakukan kebijakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM pekerja dalam menyikapi digitalisasi industri 4.0 yang berkembang pesat saat ini.

“Pemerintah harus secara sigap melindungi tenaga kerja di tengah digitalisasi industri mengingat semakin banyaknya penggunaan mesin-mesin berteknologi yang berpotensi menggeser posisi tenaga kerja tertentu,” ujarnya, Selasa (22/1/2024).

Dia menyarankan pemerintah daerah lebih mengoptimalkan lagi kegiatan pada Balai Latihan Kerja (BLK) yang telah dimiliki. Kualitas SDM pekerja harus ditingkatkan khususunya kemampuan di bidang yang rentan tergantikan oleh mesin.

“Dengan hadirnya digitalisasi, Industri 4.0 yang rata-rata para pekerja tersaingi dengan teknologi, yang juga menjadikan pekerja kita harus ter PHK atau tersisihkan. Ini perlu menjadi perhatian sejak saat ini karena teknologi selalu berkembang bahkan sangat cepat,” ungkapnya.

Politisi PAN itu menuturkan, bahwa memang tidak bisa dipungkiri pengusaha atau perusahaan akan lebih memilih penggunaan teknologi jika dibandingkan tenaga kerja manusia. Pasalnya, mesin bisa bekerja lebih cepat tanpa tuntutan ketimbang manusia.

“Makanya kita perlu sigap dalam hal ini, jangan sampai terlambat. Menunggu sudah bukan zamannya lagi, tapi harus ada tindakan cepat terukur juga tepat sasarannya,” jelasnya.(Red)

Continue Reading

Uncategorized

DPRD Musi Rawas Bersama Bupati Bahas RAPERDA T.A 2024

Published

on

BUPATI MUSI RAWAS BERSAMA DPRD BAHAS RAPERDA T.A 2024
DPRD Musi Rawas Bersama Bupati Bahas RAPERDA T,A 2024

DPRD Musi Rawas Gelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan penyampaian Bupati, terkait nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD tahun 2024,(18/10/23).

Rapat Langsung dipimpin Ketua DPRD Mura Azandri. Pada kesempatan tersebut, Ratna Machmud menyebutkan sebagaimana beradasarkan hasil pembahasan terhadap KUA dan PPAS. Dipastikan, ditahun 2024 pemerintah kabupaten (Pemkab) Musi Rawas menargetkan pendapatan sebesar 1.7 trilun.

“Sebelum ke Subtansinya, pertama-tama kami apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan DPRD Musi Rawas. Kemudian, terkait RAPBD itu menyangkut pendapatan, belanja maupun pembiayaan daerah. Dan direncanakan yakni untuk pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp. 1. 736. 870. 680.66,” ungkap Ratna Mahmud.

Lebih rinci, disebutkan wanita dahulunya perna menjabat kepala PDAM Tirta Bukit Sulap ini bahwa dari besaran rencana pendapatan tersebut. Masing-masing berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) yakni penerimaan yang besaranya Rp. 24. 574.271.630,-. Dan itu terdiri dari sejumlah PAD mulai dari pad pajak hotel restoran, pajak penerangan jalan, reklame, sarang burung walwt, PBB pedesaan, bea hak atas tanah dan bangunan sebesar Rp.1.350.601.000,-.

“Lalu ada juga pendapatan restribusi Rp. 1. 166.168.000,- berasal dari jasa umum, usaha perizina tertentu. Kemudian, ada juga pendapatan dari laba dibagikan atau deviden penyertaan modal BUMD dan kelembagaan keuangan lainya sebesar Rp. 8. 890.740.489,-. Bersama itu juga, Rp.99.950.302.922 merupakan penerimaan hasil penjualan BMD jasa giro penerimaa bunga blud,” tandasnya.

Masih kata, Ratna Mahmud menambakan ada lagi pad bersumber pendapatan transper sebesar Rp. 1.487.513.590.830,- bersama Pendapatan transper dari pemerintah pusat sebesar Rp. 1.394.921.193.400,-. “Selanjutnya pendapatan dari perimbangan, dana desa ataupun bagi hasil pajak dari pemerintah provinsi yang besaranya Rp. 92.592.398.434,-. Itu semua rencana diajukan di RAPBD tahun 2024,” terang Bupati. (Adv/Rmn)

Continue Reading

DPRD Musi Rawas

DPRD MuRa Gelar Paripurna Pengambilan Sumpah PAW

Published

on

DPRD MuRa Gelar Paripurna Pengambilan Sumpah PAW
DPRD MuRa Gelar Paripurna Pengambilan Sumpah PAW

Musi Rawas, Saranapublik.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) gelar rapat paripurna dalam rangka pengambilan sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten Mura Vera Opiana sisa masa jabatan 2019 – 2024, berlangsung di ruang dprd setempat, Kamis 31 Agustus 2023.

Sekretaris DPRD Kabupaten Mura Elba Roma dalam laporannya menyampaikan, adapun rapat paripurna yang dilaksanakan saat ini dihadiri 13 orang dari 40 anggota DPRD Mura.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Mura, Azandri memimpin langsung rapat paripurna tersebut. Dimana dalam paripurna ini, dihadiri Bupati Mura, Hj Ratna Machmud.

Usai memimpin rapat, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji jabatan yang dilakukan Ketua DPRD Mura kepada anggota DPRD Kabupaten Mura sisa masa jabatan 2019 – 2024 Vera Opiana dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah janji jabatan.

Diketahui, Vera Opiana dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Mura, menggantikan Debi Susanto dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan (Dapil) 6 Kecamatan Tuah Negeri, Sukakarya dan BTS Ulu.

https://4040b1b391b1660848f3a4f322704dbd.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-40/html/container.html Bupati Mura, Hj Ratna Machmud dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemkab Mura dan pribadi dirinya mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Mura yang baru saja dilantik.

“Saya ucapkan selamat menjalankan tugas sebagai wakil rakyat,” ujar Bupati Ratna Machmud.

Masih dikatakan Bupati Ratna Machmud, pengambilan sumpah janji jabatan ini mempunyai makna penuh tersendiri bagi anggota DPRD yang telah dilantik.

“Terpilihnya anggota DPRD ini, mencerminkan besarnya harapan masyarakat kepada saudari yang telah dilantik saat ini,” ungkapnya.

Tentunya, keberhasilan kedepan kata Bupati Ratna Machmud, tergantung peran serta DPRD Kabupaten Mura terkait program pembangunan di daerah ini. (Adv/Rmn)

Continue Reading

DPRD Musi Rawas

Pandangan Umum Fraksi Atas Nota Keuangan dan Raperda APBD-P, DPRD Mura Gelar Paripurna

Published

on

PARIPURNA DPRD MUSI RAWAS
Pandangan Umum Fraksi Atas Nota Keuangan dan Raperda APBD-P, DPRD Mura Gelar Paripurna

Musi Rawas, Saranapublik.com – DPRD Kabupaten Musi Rawas gelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pandangan Umum Fraksi-Fraksi Dewan, atas penyampaian Nota Keuangan dan Raperda APBD Perubahan Kabupaten Musi Rawas TA. 2023, diruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Musi Rawas, Kamis (24/08/2023).

Rapat Paripurna DPRD dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti Burlian, forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Dandim 0406 Musi Rawas, Ketua Fraksi-Fraksi, Ketua Komisi Badan Kehormatan, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah dan Anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Rawas, Sekretaris DPRD Kabupaten Musi Rawas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Rawas, Staf Ahli Bupati dan Tim Ahli DPRD Kabupaten Musi Rawas, Pejabat Eselon 2, Eselon 3 dan Eselon 4 serta Pejabat Fungsional lainnya bersama Camat Muara Beliti, Insan Pers, dan LSM.

“Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Musi Rawas TA. 2023 yang kemarin telah disampaikan oleh Wakil Bupati Musi Rawas,” Kata Hendra Adi Kusuma Rabu (23/08/2023).

Rapat Paripurna masing-masing fraksi menyampaikan pandangan umumnya, sesuai dengan pembicaraan atau pembahasan dan merupakan bahan masukan untuk tingkat pembicaraan dan pembahasan disampaikan oleh masing-masing fraksi tingkat satu dari tingkat dua sebagai berikut.

  1. Fraksi partai PDI,
  2. Fraksi partai golkar,
  3. Fraksi partai Nasdem,
  4. Fraksi partai Gerinda,
  5. Fraksi Partai PAN,
  6. Fraksi Partai Bintang Keadilan,
  7. Fraksi Partai PKB.

Fraksi-fraksi DPRD Musi Rawas berharap kepada Bupati Musi Rawas untuk segera mengambil langkah kongkrit untuk mempercepat pembangunan salah satunya lampu jalan di Kabupaten Musi Rawas. (Adv/Rmn)

Continue Reading

DPRD Musi Rawas

Sekretaris BAPPEDA MuRa, Wakili Bupati Musrenbang Tingkat Kecamatan Tugumulyo

Published

on

Wakili Bupati, Sekretaris Bappeda Musi Rawas Hadiri Musrenbang Tugumulyo
Sekretaris BAPPEDA MuRa, Wakili Bupati Musrenbang Tingkat Kecamatan Tugumulyo

Musi Rawas, Saranapublik.com – Sekretaris Bappeda Musi Rawas wakili Bupati, Hj. Ratna Machmud Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 Tingkat Kecamatan Tugumulyo, di Balai Desa D Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo, Senin (27/2/2023).

Turut hadir Anggota DPRD Musi Rawas, Sekretaris Bappeda, Kepala OPD, Camat Tugumulyo, Kapolsek Tugumulyo, Danramil Tugumulyo, KUA Tugumulyo, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Tugumulyo, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Musrenbang RKPD ini dilaksanakan guna memberikan pemikiran usulan program/kegiatan prioritas sebagai bahan penyusunan RKPD Tahun 2024. Ada beberapa isu strategis yang perlu diselesaikan dan mendapat prioritas dalam membangun Kabupaten Musi Rawas, yaitu pelaksanaan Pemilu/Pilkada serentak tahun 2024 dan kestabilan politik, hukum dan keamanan, percepatan penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting, peningkatan reformasi birokrasi, peningkatan perekonomian dan nilai tambah sektor unggulan, percepatan realisasi proyek strategis di Musi Rawas (Agropolitan Center, Food Estate, Kota Pendidikan), peningkatan infrastruktur ekonomi kerakyatan, pengelolaan lingkungan, mitigasi dan penanganan bencana. (Adv)

Sekretaris BAPPEDA MuRa, Wakili Bupati Musrenbang Tingkat Kecamatan Tugumulyo
Continue Reading

DAERAH

Peringati Is’ra Mi’raj Nabi Muhammad Saw, Azandri: Pentingnya Bermuhasaba Diri Untuk Kita

Published

on

Peringati Is'ra Mi'raj Nabi Muhammad Saw, Azandri: Pentingnya Bermuhasaba Diri Untuk Kita

Musi Rawas, Saranapublik.com – Ketua DPRD Musi Rawas Azandri S IP. Mengucapkan Hari is’ra mi’raj Nabi Muhammad saw, “saya mewakili seluruh sekretariat Anggota DPRD Musi Rawas dalam tahun 2023 ini semoga lebih baik lagi untuk melayani masyarakat, kami hanya manusia biasa pasti tak luput dari khilaf dan salah,” ujar Ketua DPRD Musi Rawas, Sabtu (18/2/2023).

Selanjutnya” iya juga mengatakan, bahwa mayoritas penduduk kabupaten Musi Rawas Muslim, is’ra mi’raj ini mengingatkan sebuah perjalanan Baginda nabi Muhammad Saw dalam menjalani risalah dari Allah SWT, seberapa pentingnya kita saling bermusahaba diri kita masing masing, dan saling mengingatkan sesama saudara kita untuk bisa menjadi pribadi lebih baik lagi dari sebelumnya,”ucapnya.

Di waktu yang sama beliau juga mengajak, seluruh masyarakat kabupaten Musi Rawas untuk bisa bahu-membahu gotong royong membangun SDM yang lebih baik, mulai dari beragama, berpendidikan, berahlak mulia.

Tanpa ada dorongan dari masyarakat itu sendiri mustahil Kabupaten Musi Rawas bisa maju mandiri dan bermartabat sesuai slogan dari Bupati tutup azandri.(Adv/Romi)

Continue Reading

DAERAH

HPN, Azandri: Menuju Pers Yang Lebih Baik Dalam Mengedukasi Masyarakat

Published

on

Ketua DPRD Musi Rawas Azandri S.IP

Musi Rawas – Ketua DPRD Musi Rawas Hingga Anggota serta seluruh jajaran Sekretariat DPRD Mengucapkan Selamat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ke -77 Tahun” yang jatuh pada hari ini 9 Februari 2023.

Ketua DPRD Musi Rawas Azandri S.IP

Azandri, Ketua DPRD Musi Rawas berharap semoga Pers Indonesia semakin maju dan memberikan informasi yang positif, edukatif, dan membangun untuk masyarakat. Teruslah kedepankan Demokrasi dan Keadilan”.

Mengingat peran penting pers di jaman yang semakin canggih, semua orang bisa mengetahui informasi melalui medsos, dengan ada nya pers yang bisa menyajikan informasi yang cepat dan akurat mewujudkan negara yang demokrasi yang maju,di Hari ulang tahun pers semakin bertambah jurnalistik yang profesional kedepan nya.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985, disebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari. Tanggal ini dipilih karena mirip dengan hari ulang tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi profesi jurnalis pertama di Jelas Azandri.(Adv/Romi)

Continue Reading

DAERAH

Azandri Sambut Baik Kunjungan Kapolres Musi Rawas

Published

on

Kunjungan Kapolres Ke DPRD Musi Rawas
Azandri Sambut Baik Kunjungan Kapolres Musi Rawas

Musi Rawas – Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas Azandri S IP menerima kunjungan dari Kapolres Mura AKBP Danu Agus Purnomo yang baru saja menjabat di ruang kerjanya, kamis 9 februari 2023.

Kunjungan Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo, disambut langsung oleh ketua DPRD Mura Azandri S IP.

Azandri menyampaikan ucapan terimakasih dan merasa sangat terhormat atas kunjungan orang nomor satu di Mapolres Musi Rawas tersebut.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak Kapolres, atas kunjunganya ke DPRD Musi Rawas,” terang Azandri.

Azandri berharap, dengan kunjungan Kapolres Mura ke DPRD, bisa mempererat silaturahmi serta sinergitas antara DPRD dan pihak Kepolisian kedepanya.

Terpisah, Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo menyampaikan ucapan terimakasih telah di sambut dengan baik dan hangat oleh DPRD Musi Rawas.

Dalam perbincangan tersebut, AKBP Danu Agus Purnomo Berharap, bisa terjalin komunikasi yang baik antara DPRD dan pihak Kepolisian dalam hal pelayanan kepada masyarakat kedepanya, tutup Kapolres. (Adv/Romi)

Continue Reading

DPRD Musi Rawas

Komisi IV DPRD Dan BPS Kab Musi Rawas, Lakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Silaturahmi Bersama BPKAD

Published

on

Komisi IV DPRD Dan BPS Kab Musi Rawas, Lakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Silaturahmi Bersama BPKAD
Komisi IV DPRD Dan BPS Kab Musi Rawas, Lakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Silaturahmi Bersama BPKAD

Saranapublik.com, Musi Rawas –  Usai melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Rawas melajutkan lawatan ke kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Musi Rawas yang terletak di kawasan Agropolitan Center Muara Beliti, Rabu (01/2/2023).

Delegasi komisi bidang pembangunan yang dikomandoi Yudi Fratama, S.H, ini tiba Pukul 12.30 WIB di kantor BPKAD Musi Rawas, disambut Sekban M Sohan karena Kaban BPKAD Kabupaten Musi Rawas H Yusni Syarkowi, SE, M.Si, diketahui sedang menghadiri pertemuan BPKAD se–8 di Palembang.

Pertemuan digelar di ruang kerja Kaban BPKAD Musi Rawas itu langsung melakukan diskusi mengenai aset Pemkab Mura.

“Terima kasih kami ucapkan atas kunjungan dan silaturahmi yang dilakukan Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas. Sekaligus saya menyampaikan permintaan maaf dari Pak Kaban karena momentum penting ini tidak dapat hadir, lantaran beliau sedang ada pertemuan dengan BPKAD se-Sumatera Selatan,” ungkap Sohan. 

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas,Yudi Fratama, S.H, menjelaskan maksud dan tujuan timnya melakukan kunker ini untuk meminta data aset Pemkab Mura.

Yudi Fratama juga menyampaikan di bawah kepemimpinannya selaku Ketua Komisi IV, dirinya dan anggota komisi merubah pola rapat. Ada rapat yang dilakukan di gedung dewan ada pula rapat yang digelar di kantor mitra komisi.

“BPKAD bukanlah mitra Komisi IV tetapi dalam hal kunjungan kerja bebas mendatangi lembaga atau OPD mana yang dianggap perlu sesuai kebutuhan lembaga. Kecuali memanggil, untuk itu perlu koordinasi dengan Komisi II DPRD Mura. Mengingat BPKAD mitra kerja Komisi II,” jelas Yudi.

Kunker ini dimaksudkan agar kerja komisi yang ia pimpin terukur dan berbasis data. Biasanya saat rapat dengan mitra kerja selalu terungkap sumber data dari BPS misalnya. Oleh karena itu Komisi IV DPRD Mura berkepentingan dengan dukungan data dari BPS.

“Pun demikian juga kerapkali saat rapat bersama mitra terungkap beberapa data dan informasi yang bersumber dari BPKAD Mura. Seperti persoalan aset,”ungkap Yudi.

Ditambahkan politisi PDI-P dan mantan ketua DPRD Musi Rawas periode 2014-2019, dengan pola jemput bola terhadap mitra maupun lembaga pendukung maka tidak ada istilah tak punya data.

“Sebab tempat rapat kita lakukan di gudang data, boleh disebut begitu,” timpal Yudi Fratama.

Kunker ini sangatlah bermanfaat dan bahkan penting karena banyak mengetahui data faktual untuk menyusun kerja selanjutnya. seperti terungkap juga saat kunker ini data aset tetap Pemerintah Kabupaten Musi Rawas per 31 Desember 2022 senilai Rp 7,1 triliun (auditif).

Menjawab permintaan delegasi Komisi IV DPRD Mura tersebut, M Sohan memberikan penjelasan cukup detail dengan menghadirkan Kabid Aset BPKAD Musi Rawas, Irvan Rama.

Mengawali penjelasanya Irvan mengungkapkan untuk data aset tahun 2023 sedang dalam proses kompilasi data.

Disampaikan Irvan bahwa BPKAD Musi Rawas sudah menggunakan aplikasi data aset secara online. Bidang aset ini secara teknis membutuhkan server yang lebih besar dibandingkan bidang lain misalnya bidang keuangan yang habis satu tahun anggaran. Sedangkan aset selalu ada datanya karena aset tidak habis dalam satu atau dua tahun. Melainkan tetap ada sepanjang aset tidak dilelang.

Contohnya data pengadaan kendaraan yang juga merupakan aset pada tahun 2001, 2002 dan 2003 masih tersedia di server. Padahal Musi Rawas sudah melahirkan dua Daerah Otonom Baru (DOB) yaitu Kota Lubuk linggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Dikatakan Kabid Aset BPKAD Musi Rawas, Irvan Rama, aset tetap sejumlah itu berwujud tanah dan bangunan kantor, fasilitas rumah sakit, kendaraan roda dua (motor dinas), kendaraan roda empat (mobil dinas), bangunan pasar yang dibangun Pemkab Mura seperti pasar agropolitan distrik Terawas, Distrik Prabumulih Muara Lakitan, Distrik Megang Sakti, ruko-ruko di kawasan agropolitan center Muara Beliti, termasuk pula aset tetap yang berada di Palembang, Bengkulu dan Yogyakarta berupa mess mahasiswa.

Masih kata Irvan Rama, pengertian umum aset tetap dalam konteks ini, barang milik Pemkab Mura yang diperoleh dari APBD, APBN, hibah dan dari perolehan lain yang sah, seperti aset yang didapatkan kembali dari penyertaan modal. (Adv/Romi)

Komisi IV DPRD Dan BPS Kab Musi Rawas Lakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Silaturahmi Bersama BPKAD
Continue Reading

DAERAH

DPRD Musi Rawasa Tingkatkan Kinerja Terukur dan Efektif

Published

on

Komisi IV DPRD Kab Musi Rawas, Akan Wujudkan Kinerja Yang Terukur Dan Efektif
DPRD Musi Rawasa Tingkatkan Kinerja Terukur dan Efektif

Saranapublik.com, Musi Rawas – Kunjungan kerja (Kunker) Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan mewujudkan kinerja yang terukur dan efektif.

Demi untuk menjaga amanat masyarakat Musi Rawas, Ketua Komisi IV Yudi Fratama, SH, beserta anggota dari masing- masing Fraksi langsung melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Badan Pusat Statistik (BPS) Mura, pada Rabu,(01/2/2023.) Lalu

” Kedatangan kami di kantor BPS Mura yang terletak di kompleks perkantoran Pemkab Mura, Muara Beliti, pada pukul 10.30 WIB. Alhamdulilah kitditerima langsung oleh Kepala BPS Dedi Fahlevi, S.ST, M.Si bersama jajarannya yang bertugas di beberapa kabupaten di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara” Kata Ketua Komisi IV DPRD Mura Yudi Fratama.

Dikarakannya,  Komisi IV DPRD Mura ini  Bidang kerjanya, yakitu bagian Pembangunan dan memiliki delapan mitra kerja antara lain PUBM, PUCK TRP, Dinas Perkim, Bappeda, Litbang, Diknas, Bagian Administrasi Pembangunan dan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa.

” Berdasarkan tugas dan tanggung jawab kami di Komisi IV DPRD Mura, maka kita akan berkolaborasi dengan beberapa mitra kerja, untuk meningkatkan pembangunan”   ungkap Dedi Fahlevi.

Dalam sesi diskusi Benny Chandra dan Yudi Fratama meminta BPS dapat lebih progresif lagi dalam penyajian data yang terupdate dan mudah diakses masyarakat.

Permintaan tersebut direspon Dedi Fahlevi yang mengungkapkan bahwa BPS Mura akan melanjutkan kerjasama dengan Pemkab Mura melalui OPD Kominfo dan Statistik. Untuk melakukan update data lalu dimasukkan ke aplikasi Allstats BPS yang bisa diunduh melalui aplikasi Play Store.

Salah seorang fungsional BPS Mura Ismed Inono dalam sesi diskusi menyatakan, selama 36 tahun dirinya kerja di BPS baru kali ini mendapatkan upaya anggota DPRD yang jemput bola.

“Selaku pegawai senior yang hampir pensiun saya mengapresiasi atas upaya Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas ini Melaku kunker, bersikap jemput bola dan meminta data pembangunan cukup detail,” ungkap Ismet. (Adv/Romi)

Komisi IV DPRD Kab Musi Rawas, Akan Wujudkan Kinerja Yang Terukur Dan Efektif
Continue Reading

Trending