Connect with us

DPRD MUSI BANYUASIN

Komisi II DPRD MuBa Gelar Audiensi Bersama AMPUMINDAGI

Published

on

Ketua Komisi II DPRD Muba Muhammad Yamin

Musi Banyuasin, Saranapublik.com- DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), melaksanakan audiensi bersama Asosiasi Pembinaan UMKM, menuju industri dan perdagangan Indonesia (AMPUMINDAGI).

Rapat Audiensi tersebut bertempat di ruang rapat komisi II DPRD kabupaten Musi Banyuasin (Muba), pada, Selasa, 18 April 2023.

Rapat yang langsung dipimpin ketua komisi II DPRD Muba muhammad Yamin tersebut, berlangsung dengan khidmat.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Anggota komisi II DPRD Muba Martinus, Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Ketua dan Anggota AMPUMINDAGI Musi Banyuasin. (ADV/Rmn)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DPRD MUSI BANYUASIN

Waka II DPRD MuBa Irwin Zulyani, Gelar Safarai Ramadhan 1444 H Bersama Jemaah Majelis Taklim Al-Hidayah

Published

on

By

Waka DPRD Musi Banyuasin
Waka II DPRD MuBa Irwin Zulyani, Gelar Safarai Ramadhan 1444 H Bersama Jemaah Majelis Taklim Al-Hidayah

Musi Banyuasin, Saranapublik.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (MuBa) Irwin zulyani,S.H , mengelar safari Ramadhan di majelis Taklim Al-Hidayah Desa Muara Teladan, 18 April 2023.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD MuBa Irwin Zulyani, juga membagikan bingkisan untuk ibu-ibu tadarus majelis Taklim Al-Hidayah.

”Alhamdulillah terima kasih banyak untuk bapak Irwin” Mengadakan Kegiatan bingkisan untuk ibu-ibu tadarus majelis Taklim Al – Hidayah Desa Muara Teladan, Ucap ibu-ibu majelis Taklim.

Irwin Zulyani juga menyampaikan, banyak terima kasih untuk, ibu-ibu majelis Taklim Al-Hidayah serta seluruh Masyarakat Musi Banyuasin dan segenap rekan (Kepala Desa Muara Teladan) pak Sailendra Syai’un, atas sambutan hangatnya.

Dalam sambutanya Irwin berpesan, “pada bulan suci Ramadhan umat Islam berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala dengan cara mengerjakan berbagai ibadah, baik yang wajib maupun sunnah. Salah satu ibadah yang dapat dikerjakan saat bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Quran, tadarus Al-Quran adalah membaca Al-Qur’an termasuk memahami arti yang terkandung didalamnya. Kegiatan ini merupakan momen yang tepat untuk menjaga, memelihara, dan memperbaiki hafalan Al Quran,” tutup Irwin Zulyani. (ADV/Rmn)

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

DPRD MuBa Gelar Paripurna Pembahasan LKPJ Pj Bupati T.A 2022

Published

on

By

Rapat Paripurna DPRD MuBa Bahas LKPJ PJ Bupati
DPRD MuBa Gelar Paripurna Pembahasan LKPJ Pj Bupati T.A 2022

Musi Banyuasin, Saranapublik.com – DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (MuBa) gelar rapat paripurna terkait, laporan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Muba, terhadap hasil pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pj Bupati Muba Tahun Anggaran 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (17/04/2023).

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Muba, Sugondo yang dihadiri para wakil dan anggota DPRD, Sekretaris Dewan, Pj. Sekda Muba, Musni Wijaya, beserta OPD lingkup Pemkab Musi Banyuasin.

Secara garis besar ke empat pansus DPRD Muba tersebut dalam laporannya menyampaikan apresiasi atas pencapaian kinerja Pemkab Muba Tahun 2022 dan menyarankan perangkat daerah menjalankan tugas sesuai dengan fungsi dengan baik. Salah satunya, pansus II yang dibacakan oleh H. Rabik SE, merekomendasikan kepada
Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu agar mendirikan Unit Kas Bank Sumsel Babel dan ATM di Desa Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal Jaya dan Desa Bukit Selabu/Desa Bukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko.

Selanjutnya, menyampaikan dokumen realisasi CSR untuk Kabupaten Musi Banyuasin dan informasi-informasi seluruh anggaran penyertaan modal Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin serta pembagian dividen yang telah diterima.

“Kami Pansus II merekomendasikan kepada Muba Energi Maju Berjaya agar Fokus dalam pengelolaan Participating Interest (PI): Akan dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat tentang Participating Interest (PI) dengan mengundang PT Sumsel Energi Gemilang (Perseroda), SKK Migas, dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S).

Pemberian Penyertaan Modal kepada PT Muba Maju Berjaya (Perseroda) oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin agar dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah dan memperhatikan target kinerja PT Muba Maju Berjaya (Perseroda); Perumda Tirta Randik Sekayu agar memperluas jaringan layanan air bersih sampai ke
desa-desa yang belum teraliri,” terang Rabik.

H. Apriyadi menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Muba mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Muba, khususnya Pansus LKPJ atas pembahasan yang telah dilakukan terhadap LKPJ Bupati Muba Tahun 2022. Diharapkannya, semoga rekomendasi yang dihasilkan dapat dijadikan acuan OPD dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan pembangunan kedepan.

“Kami menyadari bahwa rekomendasi yang telah disampaikan DPRD Kabupaten Muba merupakan masukan yang berarti bagi Pemerintah Kabupaten Muba yang selanjutnya akan ditindaklanjuti guna perbaikan kinerja Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang,” pungkas Apriyadi.(ADV/Rmn)

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

Gema Randik Muba, “Satu Jam Bersama Ketua DPRD MuBa

Published

on

By

Ketua DPRD Musi Banyuasin Sugondo
Ketua DPRD Musi Banyuasin Sugondo

Musi Banyuasin, Saranapublik.com – Sugondo, Ketua DPRD Musi Banyuasin (MuBa) menuangkan kisah inspiratif perjalanan kariernya dalam podcast Radio Gema Randik Muba bertajuk “Satu Jam bersama Ketua DPRD Muba”, yang dibawakan sangat cair oleh host cantik Febie Alfina yang disiarkan melalui channel YouTube Radio Gema Randik Muba, Senin (17/04/2023).

Dalam live podcast RGR tersebut, Sugondo sekilas menceritakan perjalanan kariernya, 18 tahun sebagai anggota DPRD Muba selama 4 periode. Sugondo mengakui bahwa keberhasilan tidak terlepas atas dukungan keluarga dan masyarakat setempat.

Takjub, Ini Kisah inspiratif perjalanan karier Ketua DPRD Muba
Bahkan ia mengakui, bahwa dirinya selalu Open House setiap pulang ke Bayung Lencir. Putra asli Bayung Lencir ini, berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja memiliki keinginan untuk bekerja keras agar bisa membangun daerah dan membantu orang banyak.

“Alhamdulillah, saya bersyukur memiliki kepercayaan dari keluarga dan masyarakat selama 4 periode menjadi anggota DPRD Muba ini. Untuk itu, hari Sabtu Minggu saya berada di Bayung Lencir, selalu open house di rumah untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sebagai bentuk rasa syukur dan bentuk kepedulian terhadap sesama. Kuncinya, kalau ingin mendapatkan kepercayaan keluarga dan masyarakat kita harus selalu sharing dan berkomunikasi dengan baik dan bertindak sesuai janji yang kita ucapkan. Semoga apa yang kita bicarakan pada hari ini bisa memotivasi dan memberikan manfaat bagi generasi mudah yang mempunyai cita-cita menjadi DPRD ataupun yang lainnya,”ungkap Sugondo.

Takjub, Ini Kisah inspiratif perjalanan karier Ketua DPRD Muba
Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa bangga atas kehadiran ketua DPRD Muba Sugondo yang sudah mau berbagi kisah perjalanannya, dan tips dalam menggapai mimpi.

Dikatakan Lingga, “Kami Menyajikan Program ini sebagai refrensi dan motivasi bagi para pendengar randikers di manapun berada. Kita segaja hadirkan Ketua DPRD ini tujuannya untuk memotivasi para pendengar randikes,”ungkap Lingga.

Semoga, lanjut Lingga, “melalui Live Podcast kita hari ini bisa menambah wawasan bagi para pendengar setia randikers bagaimana tips dan trik untuk sukses dan menggapai mimpi,” tandasnya. (ADV/Rmn)

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

DPRD MuBa Usulkan Nama-nama PJ Bupati, Marko Susanto Masuk Didalamnya

Published

on

By

Marko Susanto Sekwan DPRD Musi Banyuasin

Musi Banyuasin, Saranapublik.com – DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) mengajukan nama-nama untuk Pj Bupati. Sekwan DPRD Muba Marko Susanto, masuk di dalam pengajuan nama calon Pj Bupati muba yang di usulkan DPRD.

Masih dalam hal yang sama, Gubernur Sumsel H Herman Deru juga mengajukan nama-nama untuk Pj Bupati Muba. Dalam hal itu, Pj Bupati Muba Apriyadi, ditanyai mengenai hal tersebut menerangkan, Gubernur pastinya bijak dalam memilih nama yang dia usulkan tersebut.

“Kalau saya bismillah, yakin pak Gubernur bijak dalam mengusulkan nama tersebut,” ungkapnya dalam acara ngobrol santai di mess Kabupaten Muba.

Apriyadi mengatakan, gubernur pasti memiliki pertimbangan yang matang. Karena salah satu nama tersebut masuk nama dirinya.

Terkait usulan DPRD Muba, Apriyadi mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk salah satunya mengusulkan namanya.

“Saya yakin mereka tentunya memiliki berbagai pertimbangan dalam mengajukan usulan, track record, kemampuan, dan lainnya,” akhir Apriyadi. (ADV/Rmn)

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

Pansus DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab MuBa

Published

on

By

Pansus DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab MuBa
Pansus DPRD Apresiasi Kinerja Pemkab MuBa

Musi Banyuasin, Saranapublik.com – DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (MuBa), dalam hal ini Panitia Khusus (Pansus) Apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MuBa pada Rapat Paripurna Pembahasan Laporan Perrtanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2022, 17 April 2023

Secara garis besar ke empat pansus DPRD Muba tersebut dalam laporannya menyampaikan apresiasi atas pencapaian kinerja Pemkab Muba Tahun 2022 dan menyarankan perangkat daerah menjalankan tugas sesuai dengan fungsi dengan baik. Salah satunya, pansus II yang dibacakan oleh H. Rabik SE, merekomendasikan kepada Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu agar mendirikan Unit Kas Bank Sumsel Babel dan ATM di Desa Bero Jaya Timur Kecamatan Tungkal Jaya dan Desa Bukit Selabu/Desa Bukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko.

H. Apriyadi menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Muba mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Muba, khususnya Pansus LKPJ atas pembahasan yang telah dilakukan terhadap LKPJ Bupati Muba Tahun 2022. Diharapkannya, semoga rekomendasi yang dihasilkan dapat dijadikan acuan OPD dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kegiatan pembangunan kedepan.

“Kami menyadari bahwa rekomendasi yang telah disampaikan DPRD Kabupaten Muba merupakan masukan yang berarti bagi Pemerintah Kabupaten Muba yang selanjutnya akan ditindaklanjuti guna perbaikan kinerja Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang,” tutup Apriyadi.(ADV/Rmn)

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

Tampung Ratusan Aspirasi Masyarakat, DPRD MuBa Gelar Rapat Paripurna

Published

on

By

Tindak Hasil Reses II, DPRD Muba Gelar Rapat Paripurna
Tampung Ratusan Aspirasi Masyarakat, DPRD MuBa Gelar Rapat Paripurna

Muba, Saranapublik.com – Usulan warga masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (MuBa) yang terangkum dari hasil Reses II Anggota DPRD Muba disampaikan melalui Rapat Paripurna Masa Persidangan II Rapat ke-2 Tahun 2023. Hal ini dalam Rangka Penyampaian Hasil Pelaksanaan Reses II DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (6/3/2024).

Pantauan suasana Rapat Paripurna tersebut tampak empat Juru Bicara yang mewakili dari empat Daerah Pemilihan (Dapil) menyampaikan rangkuman usulan dari hasil Reses ke-II. 

Alhasil, dari ratusan usulan tersebut paling banyak usulan dari warga Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko yang mencapai 203 usulan. 

“Ada sebanyak 203 usulan warga desa Tanah Abang kepada bapak Jon Kenedi dari hasil Reses ke-II di Desa Tanah Abang,” ungkap Juru Bicara Dapil II, Muhammad Yamin. 

Lanjutnya, pelaksanaan Reses ke-II tersebut dilakukan 13-16 Februari 2023. “Usulan ini kami sampaikan agar bisa menjadi acuan untuk arah kebijakan ke depan,” ungkap dia. 

Anggota DPRD Muba, Karan Karnedi mengaku, dirinya mengapresiasi kinerja Pj Bupati Apriyadi Mahmud yang sangat rutin turun langsung ke warga dan mengecek berbagai pembangunan infrastruktur. 

“Saya apresiasi dan tindakan pak Pj Bupati Apriyadi ini sangat berkesan di masyarakat, namun apa yang sudah dilakukan Pj Bupati Apriyadi ini tentu juga harus diikuti oleh para OPD yang harus dan wajib turun langsung ke lapangan, jangan tidak seimbang lebih rutin kepala daerah ketimbang anak buah yang turun ke lapangan,” ucapnya. 

Senada diungkapkan Anggota DPRD Muba dari PAN, Rabik mengaku kinerja yang dilakukan Pj Bupati Apriyadi Mahmud sangat menunjukan hasil positif. 

“Apa yang sudah dilakukan Pj Bupati Apriyadi Mahmud ini harus diikuti oleh OPD, agar selaras. Kita berpacu dengan waktu, jadi harus kerja cepat dan tuntas, kami meminta agar Pj Bupati Apriyadi tegas melakukan evaluasi kepada kepala OPD yang tidak maksimal bekerja,” tegasnya. 

Wakil Ketua DPRD Muba, Jon Kenedi mengatakan ada sebanyak ratusan usulan warga dari hasil Reses ke-II Anggota DPRD Muba yang terbagi di empat Dapil. “Hasil usulan Reses ini dapat dijadikan arah kebijakan pembangunan ke depan demi Kabupaten Muba yang lebih baik,” tuturnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengatakan usulan-usulan warga yang terangkum dalam hasil Reses ke-IIanggota DPRD Muba akan menjadi acuan untuk arah kebijakan ke depan. 

“Usulan ini akan kita tampung, tentu masih banyak masyarakat pedesaan yang butuh sentuhan pembangunan dan percepatan pembangunan desa,” ungkapnya. 

Mantan Kabag Kesra Muba ini mengucapkan Terima kasih kepada Anggota DPRD Muba yang menyerap aspirasi warga Muba di setiap Dapil. “Semoga ke depan percepatan pembangunan dan kebutuhan masyarakat Muba lebih maksimal terealisasi,” pungkasnya.(Adv/Romi)

Tampung Ratusan Aspirasi Masyarakat, DPRD MuBa Gelar Rapat Paripurna

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

Bahas Rekja 2024, Sekretariat Dewan MuBa Gelar Rapat

Published

on

By

Bahas Rekja 2024, Sekretariat Dewan MuBa Gelar Rapat
Bahas Rekja 2024, Sekretariat Dewan MuBa Gelar Rapat

MuBa, Saranapublik.com – Sekretariat DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) Melaksanakan Rapat Pelaksanaan Forum Perangat Daerah dalam Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2024, di ruang rapat Banmus DPRD, Kamis (2/3/2023).

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Plt Sekretaris DPRD Muhammad Hatta, SE., MM, kegiatan ini berdasarkan surat edaran Bupati Musi Banyuasin Nomor : B-05/100/SETDA/2023 tentang Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dalam Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2024.

“ terima kasih untuk semua yang telah menyempatkan untuk hadir dalam rapat yang dalam hal ini sesuai dengan surat edaran Bupati Musi Banyuasin Nomor : B-05/100/SETDA/2023 tentang Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dalam Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2024,” ungkap Plt Sekretaris DPRD Muba.

Rapat yang berlangsung dengan hikmat tersebut dihadiri langsung anggota sekretariat DPRD,  Bappeda Musi Banyuasin dan pihat terkait.

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

Waka II DPRD MuBa Hadiri Lomba Amerta Budaya Sarasan Sakate 2023

Published

on

By

Waka II DPRD MuBa Hadiri Lomba Amerta Budaya Sarasan Sakate 2023
Waka II DPRD MuBa Hadiri Lomba Amerta Budaya Sarasan Sakate 2023

Muba, Saranapublik.com – Bertempat di Bioskop Penghulu Muhammad Soleh, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) Irwin Zulyani, SH menghadiri pembagian hadiah lomba Amertha Budaya Sarasan Sekate Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Forum Osis Musi Banyuasin, Selasa (28/2/2023).

Wakil Ketua II DPRD Irwin Zulyani, SH mentakan , kegiatan Amertha Budaya Serasan Sekate 2023 yaitu salah satu program kerja Forum Osis Musi Banyuasin yang mana lomba ini bertujuan untuk menggali Potensi Generasi Milenial terhadap kebudayaan.

“Amertha Budaya Serasan Sekate 2023 yaitu salah satu program kerja Forum Osis Musi Banyuasin yang mana lomba ini bertujuan untuk menggali Potensi Generasi Milenial terhadap kebudayaan yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin serta menumbuhkan rasa cinta budaya daerah kepada Generasi Muda” ungkap Wakil DPRD II tersebut.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Polres Musi Banyuasin, Forum Osis Musi Banyuasin dan tamu undangan lainnya. (Adv/Romi)

Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

DPRD MuBa Dan Pemkab Teken MoU Bersama Kakanwil Kemenkumham Sumsel

Published

on

By

Pemkab Muba Dan DPRD Muba Tekken MoU Dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel
Pemkab Muba Dan DPRD Muba Tekken MoU Dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel

Muba, Saranapublik.com – Produk hukum daerah atau Peraturan Daerah (Perda) tidak bisa dipisahkan dengan sistem hukum nasional, hal ini juga tertuang jelas dalam Peraturan Perundang-Undangan. 

Hal ini juga membuat Pemerintah Kabupaten Muba bersama DPRD Muba melakukan Penandatangan MoU dengan Kakanwil Kemenkumham dalam rangkaian Rapat Koordinasi Dengan Instansi Terkait DalamPembentukan Regulasi Daerah sekaligus Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Antara Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua DPRD Se-Provinsi Sumatera Selatan Dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sumatera SelatanTahun Anggaran 2023 di Hotel Aston Palembang, Selasa (21/2/2023).

“Kita berharap agar Produk Hukum di setiap daerah nantinya yang akan dilaksanakan bisa selaras dan dapat berdampak positif untuk masyarakat,” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya. 

Ia menyebutkan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM sebagai kepanjangan tangan Kementerian Hukum dan HAM harus mengambil peranan penting dalam membantu setiap proses pembentukan peraturan perundang-undangan di daerah, agar peraturan tersebut selaras dengan nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan dapat melakukan pengawalan terhadap proses pembentukan peraturan daerah yang harmonis dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi sekaligus selaras dengan kebijakan atau program nasional. 

“Salah satu kebijakan strategis nasional adalah mempermudah masuknya investasi di daerah yang pada akhirnya terjadi peningkatan pembangunan ekonomi di daerah yang berujung pada peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya,” tuturnya. 

Sementara itu, Direktur Pengundangan, Penerjemahan, dan Publikasi Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Ardiansyah SH MH menyebutkan MoU ini sangat penting terutama dalam kaitan perencanaan saat daerah ingin merancang dan membuat Peraturan Daerah. 

“Sehingga harmonisasi dalam membuat produk hukum dapat berjalan maksimal dan berdampak baik,” tuturnya. 

Pj Bupati Muba, Apriyadi Mahmud mengatakan MoU ini sangat penting terlebih upaya Pemkab Muba bersama DPRD Muba dalam menyiapkan rancangan peraturan daerah yang pada nantinya akan menjadi peraturan daerah. 

“Pelaksanaan penandatanganan MoU ini atas dasar semangat pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mencerdaskan bangsa sesuai dengan tugas dan fungsi kelembagaan masing-masing pihak,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud turut didampingi Kepala Bagian Hukum Pemkab Muba Romasari Purba, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Kabag Kerjasama Setda Muba Dicky Meiriando SSTP MH, dan Plt Sekwan DPRD Muba Muhammad Hatta. (Adv/Romi)

DPRD MuBa Dan Pemkab Teken MoU Bersama Kakanwil Kemenkumham Sumsel
Continue Reading

DPRD MUSI BANYUASIN

Gelar Rapat Paripurna, DPRD MuBa Sahkan ReKja Tahun 2023

Published

on

By

DPRD MuBa Sahkan ReKja Tahun 2023
DPRD MuBa Sahkan ReKja Tahun 2023

MuBa, Saranapublik.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi mengesahkan Rencana Kerja Tahun 2023 dalam rapat paripurna hari ini, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba, Senin (6/2/2023).

Rapat Paripurna dipimping Ketua DPRD Muba Sugondo SH, turut hadir Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muba H Musni Wijaya SSos MSi, Wakil Ketua DPRD Muba Jhon Kenedi dan Endi Susanto. Pengesahan tersebut dilakukan setelah Ketua DPRD Muba meminta persetujuan seluruh pimpinan dan anggota dalam forum paripurna.

Ketua DPRD Muba menjelaskan, Rencana Kerja tahun 2023 yang berupa program dan daftar kegiatan ini telah dirancang sesuai aturan. Kemudian akan dilanjutkan dengan proses penetapan menjadi Keputusan DPRD sebagai landasan pelaksanaan kerja tahun depan.
“Rencana Kerja Tahunan merupakan pedoman bagi DPRD dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya untuk tahun 2023,” ujarnya.

Penyusunan Rencana Kerja DPRD Kabupaten tahun 2023 didasari sejumlah ketentuan, seperti Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, serta peraturan perundangan-undangan terkait lainnya.

Dengan landasan itu, DPRD menghasilkan sejumlah poin utama yang terbagi dalam tiga masa sidang untuk seluruh kegiatan pimpinan dewan, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Panitia Khusus (Pansus) yang akan terintegrasi dengan sejumlah kegiatan strategis.

Sugondo juga menyampaikan tujuan penyusunan Renja DPRD Kabupaten Muba tahun 2023 yakni, sebagai upaya DPRD untuk mendukung mewujudkan visi dan misi Kabupaten Muba, Memberikan gambaran yang komprehensif, terarah dan sistematis tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan DPRD Muba di tahun 2023 dan sebagai pedoman pelaksanaan program dan kegiatan DPRD Muba tahun 2023.

Sementara itu, Pj Sekda Muba H Musni Wijaya SSos MSi menyampaikan bahwa dengan telah disahkannya Rencana Kerja DPRD Muba Tahun 2023, diharapkan para anggota DPRD Muba dapat menidaklanjuti sesuai dengan peraturan yang telah disahkan. Selain itu, Pemkab Muba juga mengapresiasi Kerjasama dan sinergitas DPRD yang selama ini terjalin dengan baik.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada ketua, wakil ketua dan seluruh anggota dewan atas komitmen dan kerja sama dalam membahas Rencana Kerja DPRD Muba Tahun 2023, mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan dicatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT” ungkapnya.

“Saya berharap Rencana Kerja DPRD Muba Tahun 2023 ini menjadi dasar untuk melanjutkan pembangunan sekaligus Percepatan visi dan misi Kabupaten Muba,” harapnya.

Dalam penyampaikannya, Plt Sekretaris DPRD Muba Muhammad Hatta SE MM merinci sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di sepanjang tahun 2023, seperti pembahasan Peraturan Daerah (Perda), pembahasan dan kegiatan rapat alat kelengkapan dewan (AKD), pembentukan panitia khusus (Pansus) untuk melaksanakan fungsi dan tugas yang tidak bisa ditangani satu AKD, penerimaan audiensi dan delegasi masyarakat, dan rapat dengar pendapat umum (RDPU).

Selanjutnya penyebarluasan Perda, kunjungan kerja AKD dalam negeri, kunjungan kerja AKD luar negeri, coffe morning bersama eksekutif dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), penyerapan aspirasi masyarakat (Reses), konsultasi lembaga dan instansi terkait, penerimaan kunjungan daerah DPRD lain, kegiatan ADPSI, dan rapat lainnya.
“Rencana kerja tahun anggaran 2023 telah dilakukan penyesuaian dan penyelarasan sesuai program kerja dan kegiatan DPRD,” jelasnya. (Adv/Romi)

Continue Reading

Trending