Connect with us

NASIONAL

Partisipasi ESB pada SIAL Interfood Guna Perkenalkan Teknologi Terdepan ESB Digital Ekosistem di Pasar Internasional

Published

on

Partisipasi ESB pada SIAL Interfood Guna Perkenalkan Teknologi Terdepan ESB Digital Ekosistem di Pasar Internasional

Jakarta, Saranapublik.com — PT Esensi Solusi Buana (ESB), sebagai perusahaan penyedia aplikasi POS (Point-of-Sales) dan juga software ERP untuk manajemen restoran terintegrasi terbesar di Indonesia, akan turut berpartisipasi pada pameran SIAL Interfood 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 9-12 November 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Langkah strategis ini menunjukkan ambisi ESB dalam memperkenalkan ekosistem teknologi ESB yang memungkinkan digitalisasi penuh sebuah usaha restoran segala skala di pasar internasional. 

SIAL Interfood sendiri adalah event expo prestisius berskala internasional khusus untuk produk dan teknologi di bidang Food and Beverage (F&B), dengan 55 tahun pengalaman dan sudah berjalan selama 20 tahun. Pameran ini memberi peluang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk dikenal di pasar internasional, maupun perusahaan asing yang ingin menancapkan eksistensinya di market Indonesia. Dan pada tahun ini, leading players dari 21 sektor meliputi food & grocery retail market akan ikut berpartisipasi, 42% merupakan local exhibitors dan 58% international exhibitors. Akan ada sekitar 750 perusahaan yang berasal dari 27 negara yang bergabung, yang diyakini dapat menarik pengunjung dalam dan luar negeri setidaknya 82 ribu.

Gunawan Woe, CEO dari ESB berkata, ”Partisipasi ESB dalam pameran skala internasional ini untuk memberikan eksposur atas keahlian kami sebagai leading F&B restaurant technology. Sejauh ini kami sukses menciptakan sebuah ekosistem digital untuk usaha kuliner berbagai skala dan terus mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan pasar. Paket komplit untuk teknologi restoran ESB, dengan rangkaian produk meliputi Ordering Systems, Digital POS, Kitchen Display System, ERP system dan juga F&B Supply e-commerce, siap untuk bersaing dengan teknologi restoran dari negara-negara lain dengan harga yang kompetitif”.

Pada event SIAL Interfood nanti, ESB akan showcasing produk-produk unggulan seperti untuk Point-Of-Sales, akan ada ESB POS dan ESB POS Lite, dimana ESB POS adalah software POS yang khusus diperuntukkan untuk brand-brand yang sudah well-established, dan ESB POS Lite dikembangkan untuk pengusaha-pengusaha UMKM guna mendapatkan kemudahan dalam menjalankan operasional bisnisnya serta memaksimalkan keuntungan.

Di event akbar ini ESB juga akan memperkenalkan ekosistem digital pendukung pendukung restoran dari ESB seperti E    SB Order, yang merupakan aplikasi untuk pemesanan makanan, yang sudah dilengkapi dengan mode dine-in, pick-up dan delivery beserta fitur multi-payment. ESB Goods, yang merupakan aplikasi pendukung untuk pemesanan bahan baku dengan supplier terpercaya, dan ESB Core yang juga merupakan aplikasi ERP, untuk memonitor operasional harian hingga laporan penjualan dan perhitungan laba dan rugi suatu restoran. Aplikasi pendukung lain yang merupakan single ecosystem dari ESB yang akan di-display adalah ESB Book, ESB Kiosk, ESB Loop, ESB Kitchen dan ESB Lounge. 

“Mimpi kami cukup besar, yaitu mendukung banyak mimpi foodpreneur dalam dan luar negeri, dengan produk teknologi ESB yang 100 persen buatan anak bangsa. Pada pameran ini kami berharap market dapat melihat potensi yang luar biasa dari ESB dalam meningkatkan digitalisasi   industri makanan dan minuman” pungkas Gunawan.
Informasi lebih lanjut mengenai dapat mengunjungi www.ESB.id  atau LinkedIn ESB https://www.linkedin.com/company/pt-esensi-solusi-buana-ESB.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA

Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Kerinci, Rombongan Selamat

Published

on

By

Helikopter BKO Polda Jambi Dikabarkan Mendarat Darurat DI Bukit Tamia
Helikopter BKO Polda Jambi Dikabarkan Mendarat Darurat DI Bukit Tamia

Saranapublik.com- Helikopter BKO Polda Jambi yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dikabarkan mendarat darurat di sebuah Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Minggu (19/2) sekitar pukul 09:30 WIB.

Sesuai dengan informasi yang didapat dari media ini, kronologi dari pada pendaratan darurat tersebut, Pada Hari Minggu tanggal 19 Februari 2023 pukul 09.25 Wib Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan Kerja, Peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres RI Dr. Drs. H. M. Jusuf Kalla di Kerinci.

Selanjutnya, pada Pukul 11.02 WIB Posko Polda Jambi mendapat laporan dari Kru Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 mendarat darurat di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” tepatnya Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci.

Pada peristiwa tersebut, diketahui tidak ada korban jiwa, dan semua penumpang dikabarkan selamat, namun Kapolda Jambi mengalami patah tangan pada tangan sebelah kanan.

Dikonfirmasi kembali, pada saat ini akan Mengirim Personel Batalyon B Sat Brimob Polda Jambi, Polres Kerinci dan Polres Merangin menuju ke Lokasi pendaratan Darurat. Selain itu, juga akan mengirim tim Medis ke Lokasi untuk melakukan pertolongan Pertama, serta berkoordinasi dengan PT. WKS untuk meminjam Heli Bell 412 EP guna melakukan evakuasi melalui Jalur Udara. 

Hingga berita ini diterbitkan, semua elemen masih menunggu kabar dari perkembangan alas an dari pendaratan darurat tersebut. (Red)

Continue Reading

HUKUM

Larangan PHK Dalam Perpu Cipta Kerja, Berikut Rincianya

Published

on

By

PERPU CIPTA KERJA
photo ilustrasi Perpu Cipta Kerja

Saranapublik.com – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, resmi di teken Presiden Joko Widodo. yang di dalamnya mengatur sederet sektor, termasuk sektor ketenagakerjaan.

Aturan tersebut mengubah, menghapus, atau menetapkan aturan baru beberapa ketentuan yang diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dalam Perppu Nomor 2 Tahun 2022, sektor ketenagakerjaan diatur dalam BAB IV. Salah satu ketentuan yang diubah yakni Pasal 153 UU Ketenagakerjaan. Pasal tersebut terkait dengan larangan pengusaha melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan berapa alasan.

10 alasan yang diatur dalam Pasal 153 Ayat 1. Berikut Rinciannya:

Pengusaha dilarang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja kepada pekerja atau buruh dengan

alasan:

  1. Berhalangan masuk kerja karena sakit menurut keterangan dokter selama waktu tidak melampaui 12 bulan secara terus-menerus
  2. Berhalangan menjalankan pekerjaannya karena memenuhi kewajiban terhadap negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
    3 Menjalankan ibadah yang diperintahkan agamanya
  3. Menikah
  4. Hamil, melahirkan, gugur kandungan, atau menyusui bayinya; 6. Mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkawinan dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan;
  5. Mendirikan, menjadi anggota dan/atau pengurus Serikat Pekerja/Serikat Buruh, pekerja/buruh melakukan kegiatan Serikat Pekerja/Serikat Buruh di luar jam kerja, atau di dalam jam kerja atas kesepakatan pengusaha, atau berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama;
  6. Mengadukan pengusaha kepada pihak yang berwajib mengenai perbuatan pengusaha yang melakukan tindak pidana kejahatan;
  7. Berbeda paham, agama, aliran politik, suku, warna kulit, golongan, jenis kelamin, kondisi fisik, atau status perkawinan; dan

10 Dalam keadaan cacat tetap, sakit akibat kecelakaan kerja, atau sakit karena Hubungan Kerja yang menurut surat keterangan dokter yang jangka waktu penyembuhannya belum dapat dipastikan.

“Pemutusan Hubungan Kerja yang dilakukan dengan alasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) batal demi hukum dan Pengusaha wajib mempekerjakan kembali pekerja/buruh yang bersangkutan,” isi dari Pasal 153 ayat (2).

Sedangkan Pasal 154 di UU Ketenagakerjaan dihapus. Sebagai gantinya Perppu membuat Pasal 154A yang mengatur PHK bisa terjadi dengan beberapa alasan.

Alasan tersebut di antaranya perusahaan melakukan penggabungan, peleburan, pengambilalihan, atau pemisahan. Perusahaan dan pekerja atau buruh tidak bersedia melanjutkan Hubungan Kerja atau Pengusaha tidak bersedia menerima pekerja atau buruh.

Selanjutnya perusahaan melakukan efisiensi diikuti dengan penutupan perusahaan atau tidak diikuti dengan penutupan perusahaan yang disebabkan perusahaan mengalami kerugian.

Selain itu, pengusaha bisa melakukan PHK jika perusahaan tutup yang disebabkan karena mengalami kerugian secara terus menerus selama 2 (dua) tahun. Selanjutnya perusahaan tutup yang disebabkan keadaan memaksa (force majeur) hingga perusahaan dalam keadaan penundaan kewajiban pembayaran utang atau perusahaan pailit.

Aturan lengkap terkait alasan pengusaha bisa melakukan PHK di atur dalam Pasal 154A Perppu Nomor 2 Tahun 2022. (Dilansir dari Kompas.com)

Continue Reading

Jakarta

Disematkan Baret Merah Kopassus, Kapolri: di Diri Saya Mengalir Darah TNI

Published

on

By

Kapolri Disematkan Baret Merah Kopassus

Jakarta, Saranapublik.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono disematkan Baret Merah dan Brevet Komando dari pasukan elite Kopasus.

Terkait dengan hal tersebut, Sigit menegaskan bahwa, penyematan Baret Merah dan Brevet Komando Kopassus merupakan kebanggaan dan kehormatan yang luar biasa baik secara institusi Polri maupun pribadi selaku Kapolri.

“Ini adalah penghargaan yang sangat luar biasa. Karena kita tahu, Kopassus adalah pasukan elite, pasukan Baret Merah yang disegani. Tidak hanya di dalam negeri, namun juga dalam penugasan di luar negeri. Oleh karena itu, tentunya apresiasi dan kebanggaan bagi saya selaku Kapolri serta apresiasi dan kebanggaan bagi seluruh anggota Polri,” kata Sigit di Mako Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2022).

Sigit mengatakan, dengan adanya penyematan tersebut akan semakin meningkatkan sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri yang selama ini sudah terjalin dengan sangat kuat dan baik dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dan tentunya ini akan memperkuat dan tingkatkan soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri,” ujar Sigit.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit pun mengungkapkan bahwa dirinya dibesarkan dari keluarga yang memiliki latar belakang TNI. Sebab itu, Sigit menyebut, di dalam tubuhnya mengalir darah TNI.

“Jadi perlu rekan-rekan ketahui kakek saya, dulunya TKR dan kemudian menjadi Angkatan Darat (AD). Bapak saya, TNI Angkatan Udara (AU). Saya menjadi polisi dan saat ini menjadi Kapolri. Tapi di darah saya mengalir darah TNI,” ucap Sigit disambut teriakan Komando dari prajurit Kopassus.

Oleh karena itu, Sigit menekankan, tidak perlu lagi meragukan komitmen sinergitas dan soliditas TNI-Polri dalam menjaga keselamatan negara, bangsa dan rakyat Indonesia dari segala bentuk ancaman yang mengganggu.

“Jadi bicara sinergitas, dan soliditas tentunya tidak perlu diragukan lagi. Dan kami TNI-Polri siap mengawal dan menjaga NKRI, menjaga menghadapi musuh-musuh negara, menjaga agar kedaulatan negara, keamanan negara untuk mewujudkan tujuan nasional betul-betul bisa tercapai,” tegas Sigit.

Lebih dalam, Sigit memastikan, TNI-Polri kedepannya akan selalu menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan, ketertiban serta mempertahankan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, siapa yang menjadi musuh TNI, itu musuh Polri, siapa yang jadi sahabat TNI itu adalah sahabat Polri, dan TNI-Polri siap untuk mengawal dan mengamankan NKRI,” tutur Sigit.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga mengapresiasi penyematan Baret Merah dan Brevet Komando dari pasukan elite Kopassus. Dalam kesempatan itu, Yudo juga melihat langsung kegiatan latihan dari Kopassus.

Menurutnya, dengan peninjauan langsung kegiatan latihan Kopassus itu akan dijadikan bekal kedepannya dalam mengambil kebijakan sebagai Panglima TNI, khususnya dalam penanganan di wilayah konflik.

“Dengan apa yang telah ditampilkan, profesionalisme mereka di dalam melaksanakan tugas yang nantinya jadi bekal saya melaksanakan tugas kedepan dalam pengerahan kekuatan, dalam penggelaran operasi kedepan. Ini menjadi bekal saya, menjadi masukan saya untuk nanti merencanakan tugas-tugas kedepan khususnya di daerah yang konflik,” kata Yudo di kesempatan yang sama.

Yudo menyebut, prajurit terbaik Kopassus yang memiliki profesionalisme dan kemampuan tempur yang tinggi akan dikerahkan dalam mendukung tugas pokok TNI untuk menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia.

“Tentunya untuk mendukung tugas pokok TNI dalam pengerahan kekuatan menjaga yang dipesankan Bapak Presiden menjaga kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dan juga mempertahankan bahwa TNI memiliki kepercayaan yang tinggi di masyarakat. Ini tentunya menjadi bekal kita bersama dengan saya melihat atau hadir di Mako Kopassus hari ini,” tutup Yudo.

Continue Reading

POLITIK

Jokowi Beri Sinyal Reshuffle, 2Indos Menilai Budiman Sudjatmiko Sosok Yang Pantas Jadi Menteri

Published

on

By

Jokowi Beri Sinyal Reshuffle, 2Indos Menilai Budiman Sudjatmiko Sosok Yang Pantas Jadi Menteri

Saranapublik.com – Baru-baru ini muncul kembali isu reshuffle seperti yang diutarakan Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan mungkin iya nanti akan melakukan reshuffle dalam kepemimpinannya saat berada di Bogor pada Jumat (23/12/2022).

Menanggapi hal tersebut, 2Indos merespon dengan baik. Direktur Politik Perundangan-Undangan 2Indos Khalid Akbar mengatakan ada baiknya Presiden Jokowi merambah kembali susunan kabinet.

Salah satu, Menteri yang harus direshuffle oleh Presiden Jokowi adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim. Menteri yang pernah Kena Semprot Anggota DPR saat rapat dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin (26/9/2022). 

Menurut Pakar Pendidikan Nasional, Ki Darmaningtyas; ‘Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan terburuk yang pernah ada’.

“Tidak tahu pendidikan dan tidak mau mencari masukan dari orang-orang yang tahu tentang pendidikan, sehingga dalam banyak kesempatan saya bilang saat ini kita memiliki menteri pendidikan yang terburuk sepanjang masa,” kata Ki Darmaningtyas, Rabu (28/9/2022).

Namun demikian, Khalid Akbar juga menyampaikan pada perombakkan kabinet kali ini, ada baiknya mengikutsertakan Aktivis Generasi 1998 untuk menjadi Menteri pasca Reshuffle Kabinet.

“Kita punya Generasi 1998 yang terbukti memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengurus dan menyelesaikan persoalan bangsa, diantaranya seperti Budiman Sudjatmiko,” kata Khalid.

Budiman Sudjatmiko, sangat layak menggantikan Mendikbudristek Nadiem Makarim karena beberapa alasan, antara lain: 

Pertama, Budiman Sudjatmiko Aktivis Reformasi, Pejuang Demokrasi dan HAM ini, sejak muda sudah terbiasa melakukan proses pemberdayaan politik, organisasi dan ekonomi di kalangan petani dan buruh di Indonesia;

Kedua, Budiman Sudjatmiko pelopor penyusunan dan pembuat Naskah Akademik Undang-Undang Desa bersama teman-temanya. Dan pada tahun 2009, Ia menjanjikan penyusunan RUU Desa kepada konstituennya saat berkampanye di pemilihan legislatif, yang kemudian diwujudkan dengan kinerja penyusunan RUU tersebut sampai dengan menjadi Undang-Undang;

Ketiga, Budiman Sudjatmiko memiliki jaringan yang luas, baik di dalam negeri maupun Dunia Internasional;

Keempat, Budiman Sudjatmiko deklarator dan Ketua Umum Inovator 4.O. Untuk memicu lompatan Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0, salah satunya, dengan menjalankan Proyek Bukit Algoritma di Kecamatan Cibadak dan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, yang ditergetkan untuk menjadi pusat riset dan pengembangan sumber daya manusia di masa depan, dan menjadi gambaran masa depan untuk Indonesia bahkan untuk dunia, yang mana proyek ini sudah menjalani peletakan batu pertama ( groundbreaking ) pada (9/6/2021).

Kelima, Budiman Sudjatmiko sebagai Kader PDIP memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Presiden Joko Widodo. Hal tersebut dibuktikan dengan aktifnya Ia sebagai Tim Pemenangan Nasional Jokowi dan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 sebagai Jubir Kampanye di seluruh Indonesia, dengan mengorbankan waktu, pikiran, tenaga dan kepentingan pribadinya untuk menjadi anggota DPR RI pada Pemilihan Legislatif 2019.

Ia berharap masuknya, Budiman Sudjatmiko dalam kabinet akan sangat berpengaruh baik di dalam pemerintahan dan membantu Presiden dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negara sampai dengan akhir masa jabatan Presiden 2024 mendatang.

Selain itu, Budiman juga aktif di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai Ketua Dewan Pertimbangan. 

Continue Reading

NASIONAL

Gelar Pelatihan Pesantren Digital, XL Axiata Ajarkan Santri Jadi Content Creator dan Web Designer

Published

on

By

Gelar Pelatihan Pesantren Digital, XL Axiata Ajarkan Santri Jadi Content Creator dan Web Designer

Saranapublik.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan program Pesantren Digital. Melalui program ini para santri akan mendapatkan pelatihan digital, terutama membuat konten dan mendesain website. Program baru ini pertama kali dijalankan di area Jawa Timur dan selanjutnya akan dilaksanakan di provinsi lain. Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto meresmikan dimulainya pelatihan digital yang akan berlangsung 19 – 30 Desember 2022 ini, secara online dari Surabaya pada Kamis (19/12/2022).
 
Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, “Program Pesantren Digital merupakan salah satu bentuk komitmen XL Axiata untuk ikut mensukseskan program pemerintah dalam pemerataan dan peningkatan literasi digital santri menuju era Society 5.0. Total sebanyak 147 santri akan mengikuti pelatihan ini. Mereka berasal dari 122 pondok pesantren yang tersebar di Jawa Timur.  Kami berharap, program ini akan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para santri untuk bisa ikut serta berkontribusi dalam proses peningkatan literasi digital masyarakat, melalui menciptakan konten-konten digital yang bermanfaat baik terkait dengan dunia pesantren maupun tema-tema umum yang perlu diketahui masyarakat.”
 
Dodik percaya, pelatihan-pelatihan seperti Pesantren Digital ini akan bisa mengantarkan para santri menjadi agen perubahan sekaligus penggerak dan edukator digital yang bermanfaat bagi masyarakat. Mereka tidak hanya akan menjadi konsumen atau pengguna sarana digital, namun juga menjadi kreator konten-konten digital yang mampu membimbing masyarakat di pedesaan dan kalangan muslimin dalam memasuki era digitalisasi di berbagai bidang kehidupan. 
 
Menurut Dodik, program Pesantren Digital ini merupakan kelanjutan dari program Donasi Laptop yang telah XL Axiata laksanakan di sepanjang dua tahun sebelumnya. Jawa Timur menjadi provinsi pelopor untuk implementasi program ini, yang selanjutnya secara bertahap diharapkan akan dilaksanakan secara nasional. Materi pelatihan antara lain seputar Youtube Principal, Content Planning,  Content Execution, Content Editing, Content Review, Optimizing YouTube Channel dan YouTube On Air, Website Introduction dan Website Building. Program Pelatihan ini  bekerjasama dengan benihbaik.com, ngalup.co, dan juga TV9. 
 
Total tidak kurang dari 147 orang santri mengikuti pelatihan Pesantren Digital ini. Pelatihan ini akan dilaksanakan sebanyak tiga batch dengan durasi sekitar dua minggu pelatihan secara online. Mereka akan mendapatkan mentoring dari para instruktur ahli dan praktisi pencipta konten dan desain website. Pelatihan setiap harinya akan dilaksanakan selama 2 jam pembelajaran dan nanti diakhir pembelajaran akan ada tugas-tugas untuk mengimplementasikan semua materi yang diberikan.
 
Sebelumnya, XL Axiata telah melaksanakan program donasi laptop kepada kalangan pesantren di berbagai wilayah Indonesia. Total ada puluhan laptop yang telah dibagikan kepada tidak kurang dari total 39 pesantren, beserta sarana koneksi internet cepat 4G, termasuk paket kuota datanya.

Tujuan dari program ini adalah Pondok pesantren yang menerima donasi diharapkan bisa menjadi motor penggerak digitalisasi, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kalangan pesantren. Program ini telah memberikan akses ke dunia internet bagi sekitar 50 ribu santri, di mana mereka bisa memanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar di pesantren maupun bagi masyarakat sekitar, serta mengembangkan kemampuan digital yang positif dan produktif.

Continue Reading

PEMERINTAH

Mendagri: Pemda Harus Intensifkan Pengendalian Inflasi

Published

on

By

Mendagri: Pemda Harus Intensifkan Pengendalian Inflasi

Saranapublik.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan pentingnya mengintensifkan langkah-langkah pengendalian inflasi di tengah situasi ketidakpastian global dan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2022).

“Melihat situasi global dan juga Natal (dan) Tahun Baru di seluruh dunia termasuk Indonesia, kita justru perlu makin mengintensifkan monitoring dan langkah-langkah kita untuk mengendalikan inflasi secara nasional oleh pemerintah pusat dikoordinir, namun di daerah juga perlu untuk mengendalikan (inflasi) di daerah masing-masing,” tuturnya.

Mendagri melanjutkan, ketidakpastian global yang salah satunya dipicu oleh ketegangan antara Rusia dan Ukraina berdampak multidimensi, termasuk ekonomi dan keuangan dunia. Apalagi, di belahan bumi bagian utara saat ini tengah dilanda musim dingin yang mengakibatkan kenaikan permintaan (demand) energi yang memicu kenaikan harga.

“Kenaikan harga di bidang energi itu akan dapat memicu kenaikan-kenaikan harga barang lainnya, energi salah satunya bahan bakar minyak misalnya, dan gas,” jelasnya.

Selain itu, jelang Nataru juga berdampak terhadap potensi adanya inflasi. Hal ini diakibatkan naiknya permintaan terhadap barang dan jasa. “Natal dan Tahun Baru akan menaikkan demand, permintaan terhadap barang dan jasa termasuk pangan,” ujarnya.

Oleh karenanya, ia meminta seluruh pihak, terutama kepala daerah agar tak jenuh dalam melakukan rapat koordinasi dan langkah-langkah pengendalian laju inflasi. Sebab, menurutnya, inflasi bersifat dinamis bergantung pada situasi geopolitik dan keadaan ekonomi global.

“Jangan kita bosan, jangan kita merasa jenuh dengan rapat koordinasi kali ini, karena memang inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa ini sangat dinamis,” kata Mendagri. (kemendagri.go.id)

Continue Reading

Uncategorized

Pemerintah Bantah Penurunan Aktivitas WNA Pasca Disahkanya RKUHP

Published

on

By

Ilustrasi Pemerintah Bantah Penurunan Aktivitas WNA Pasca Disahkanya RKUHP

Saranapublik.com – Rancangan kitab Undang-Undang Hukum PIdana (RKUHP) yang disahkan oleh DPR RI menjadi Undang-Undang KUHP pada hari Selasa (06/12/2022) menuai banyak kontroversi, salah satunya banyak WNA yang batal datang ke Indonesia.

Namun ternyata pemerintah membantah hal itu dan menyebut jika UU KUHP tidak memengaruhi kegiatan Warga Negara Asing (WNA), daya tarik pariwisata, dan investor asing di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Widodo Ekatjahjana selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (10/12/2022).

Jadi tidak terdapat korelasi antara pandangan yang mengatakan bahwa disahkannya Rancangan Undang-Undang KUHP (RKUHP) akan menurunkan jumlah wisatawan asing, investor dan pebisnis asing yang datang ke Indonesia. Kedatangan WNA tidak terpengaruh oleh RKUHP yang disahkan,” kata Widodo melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (10/12/2022).

Adapun total Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP yang diterima imigrasi per 10 Desember 2022 telah mencapai angka Rp. 4,2 triliun.

Berdasarkan data statistik perlintasan kedatangan WNA setelah pengesahan RKUHP, tercatat sebanyak 93.144 WNA masuk ke Indonesia.

“Secara rinci, kedatangan WNA pada  6 Desember sejumlah 19.719 orang, 7 Desember  20.611 orang, 8 Desember 24.341 orang dan 9 Desember sebanyak 28.473 orang. Data statistik itu menunjukkan grafik naik kedatangan WNA dalam pekan yang sama dengan disahkannya RKUHP,” urainya.

Singapura menjadi WNA terbanyak yang datang ke Indonesia dengan jumlah 21.769 orang, diikuti Malaysia dengan jumlah 15.515 orang, dan Australia dengan jumlah 10.862 orang.

Sementara itu, jumlah wisman dari Eropa didominasi oleh beberapa negara top spender seperti Federasi Rusia dengan jumlah 2.673 orang, United Kingdom dengan 2.457 orang, Jerman dengan 1.039 orang, dan Perancis dengan 1.060 orang serta AS yang mencapai 2.771 orang.

Widodo juga mengatakan jika Sebagian WNA yang datang melalui TPI Bandara I Gusti Ngurah Rai dengan jumlah 42.426 kedatangan dan Bandara Soekarno-Hatta dengan 21.146 kedatangan.

Selain itu Widodo menghimbau masyarakat untuk menjaga iklim serta ekonomi nasional di tengah gejolak global yang tak menentu.

“Kami juga mengimbau agar kita semua bersama-sama menjaga iklim dan ekonomi nasional kita yang kondusif dan produktif di tengah-tengah situasi dunia tidak menentu,” ujarnya.

Sebelumnya, pengesahan RKUHP menjadi UU KUHP oleh DPR RI dilaksanakan dalam rapat paripurna di Jakarta, Selasa (06/12/2022). (Red)

Continue Reading

NASIONAL

Pinjol Ilegal di Manado, Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Apresiasi Polri

Published

on

By

Pinjol Ilegal di Manado, Anggota DPR RI Andi rio Apresiasi Polri

Saranapublik.com – Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi memberikan apresiasi kepada Polri yang telah mengungkap peredaran aplikasi pinjaman online (Pinjol) yang berada di Manado, Sulawesi Utara Dia pun mendukung kepolisian untuk terus mengembangkan pengungkapan perusahaan aplikasi pinjol ilegal di seluruh Indonesia yang meresahkan masyarakat.

“Saya mengapresiasi Polda Metro Jaya yang mengungkap peredaran aplikasi Pinjol yang berada di Manado,Sulawesi Utara. Aparat kepolisian jangan sampai berhenti dan puas diri,” kata Andi Rio, di Jakarta, Senin 5 Desember 2022.

Dia mengatakan, kapolri sudah membuktikan dengan menjalankan petunjuk dan arahan Presiden Jokowi pada acara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Virtual Innovation Day 2021 terkait maraknya aksi penipuan pinjol dan tindak pidana keuangan digital.

Dia pun meminta Polri jangan hanya berhenti mengungkap kasus pinjol yang berada di Manado, karena sudah banyak masyarakat yang dirugikan.

Menurut dia, kondisi ekonomi pada masa pandemi Covid-19 membuat gejolak terhadap perekonomian di masyarakat. Namun, di sisi lain, perkembangan digital dan situasi ekonomi dimanfaatkan pelaku usaha pinjol ilegal untuk meraih keuntungan.

“Pelaku pinjol ilegal merayu masyarakat melalui akses kemudahan persyaratan dan pencairan namun berujung pada pesakitan,” katanya lagi.

Dia mengatakan perusahaan pinjol ilegal telah meresahkan masyarakat karena diduga melakukan tindak kejahatan berupa psikis, pencurian data pribadi, dan teror. Karena itu dia meminta Polri jangan ragu memberantas pinjol ilegal.

Sebelumnya, Penyidik Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring (pinjaman online/pinjol) ilegal yang berada di Manado, Sulawesi Utara.

“Sebanyak dua orang ditetapkan jadi tersangka. Mereka adalah A sebagai petugas ‘debt collector’, pengancam korban dan G sebagai pimpinan dari pinjol ilegal tersebut,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Auliansyah menjelaskan dalam penggerebekan tersebut petugas turut mengamankan sebanyak 40 karyawan perusahaan pinjaman daring ilegal tersebut.

Penggerebekan tersebut dilakukan pada Selasa 29 November 2022 di Manado, dengan bantuan dari Polda Sulawesi Utara.

Adapun pasal yang dipersangkakan terhadap A dan G yang adalah Pasal 30 juncto Pasal 46 dan atau Pasal 32 jo Pasal 48 dan atau Pasal 29 jo Pasal 45B dan atau Pasal 27 ayat (4) jo Pasal 45 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pihak kepolisian akan terus mengembangkan pengungkapan tersebut untuk membongkar seluruh operasi pinjaman daring ilegal tersebut.

Perusahaan tersebut diketahui mengoperasikan empat aplikasi pinjaman daring ilegal yakni PinjamanNow, AkuKaya, KamiKaya dan EasyGo.

Continue Reading

NASIONAL

Pasca Gempa Bumi Cianjur, BNPB: Korban Meninggal Dunia Bertambah Menjadi 310 Orang

Published

on

By

Pasca Gempa Bumi Cianjur, BNPB: Korban Meninggal Dunia Bertambah Menjadi 310 Orang

Cianjur, Saranapublik.com – Data sementara, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen. TNI Suharyanto menyebutkan, terjadi penambahan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur pasca kejadian gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

“ Pasca gempa bumi Cianjur jumlah korban meninggal 310 orang, yang masih belum ditemukan 24 orang. Kerusakan infrastruktur tidak begitu banyak berubah, tercatat penambahan di 363 sekolah, 144 tempat ibadah,” jelas Kepala BNPB saat memberikan keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur Jawa Barat, dilansir dari bnpb.go.id, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: 5 Jenazah Korban Longsor Ditemukan, 2 Diantaranya Ibu dan Anak Berpelukan

Korban yang berhasil ditemukan hari ini berjumlah 17. Bersamaan dengan itu, tim DVI Polri, Basarnas dan Pusat Krisis Kemenkes berhasil mengidentifikasi 21 jenazah dari data puskes dan desa, termasuk mendapatkan identitas dari korban jiwa yang sudah dikebumikan keluarga, sehingga total korban meninggal 310 jiwa.

Terkait target pencarian korban hilang, Kepala BNPB menegaskan, akan mencari sampai orang yang terdata hilang berhasil ditemukan.

“Sampai orang terakhir, tidak ada penurunan semangat, kekuatan, sarana prasarana, karena keselamatan rakyat untuk hukum tertinggi,” ungkapnya. (Red)

Continue Reading

KESEHATAN

Jubir Kemenkes: GGAPA di Indonesia Mengalami Penurunan Signifikan

Published

on

By

Mohammad Syahril Jubir Kemenkes RI

Jakarta, Saranapublik.com – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril, mengatakan, kasus gagal ginjal akut (GGA) yang menyasar 324 anak, hingga saat ini penelitiannya masih terus berlangsung. Karena untuk sampai pada kesimpulan final, membutuhkan waktu yang panjang. Namun untuk kasus ini, dipastikan penyebab utamanya adalah intoksikasi kendati secara medis, gagal ginjal akut (GGA) dapat juga disebabkan oleh faktor lain.

“Apakah saat ini Kemenkes melakukan penelitian, iya. Namanya case control study. Jadi ada 90 kasus normal yang diteliti, sementara kasus yang sakit 30. Nah ini sudah 50 persen terkumpul. Untuk saat ini masih dilakukan penelitian sekitar 100an obat. Tentu saja secara ilmiah nanti, kita ingin mendapatkan hasil atau kesimpulan yaitu ada kaitannya antara gagal ginjal dengan intosikasi etilen glikol dan dietilen glikol,” terangnya dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema “Perkembangan Hasil Penelitian Obat Mengandung EG dan DEG pada Kasus Gagal Ginjal Akut (GGA)” pada Kamis, 24 November 2022.

Syahril juga mengungkapkan, bagi pasien yang sudah dinyatakan sembuh, secara teori akan sembuh total dan tidak akan berpotensi mengalami gejala atau keluhan kesehatan di waktu yang akan datang.

“Kenapa sebagian anak kok tidak kena walaupun pernah minum obat yang sama. Memang satu faktornya adalah kadar yang diminum dan juga lama periode mengkonsumsi obat tersebut. Untuk anak yang sudah sembuh masih dalam pemantaun kami (Dinkes-red). Kalau menurut teori, bahwa keracunan ini jika sudah diatasi, maka pasien dapat sembuh total. Tidak ada gejala-gejala sisa,” ucapnya.

Menurutnya, kasus gagal ginjal akut misterius pada anak di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan, kasus yang dikenal dengan istilah Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) ini tidak menunjukan adanya penambahan selama dua pekan terkahir.

“Kami informasikan bahwasanya kita sangat bersyukur karena sejak dua minggu lalu sampai sekarang, tidak ada lagi penambahan kasus,” kata Syahril.

Dalam kesempatan tersebut, Syahril menyebutkan, Kemenkes mencatat terdapat total 324 kasus GGAPA pada anak dengan rincian sebanyak 313 pasien dinyatakan sembuh. Namun kasus GGAPA yang menyebar hingga ke-27 provinsi di Indonesia ini menyisakan 11 kasus yang terdapat di 3 provinsi.

Adapun ketiga provinsi tersebut yakni DKI Jakarta dengan total 9 kasus yang dirawat di RSUPN Cipto Mangungkusumo, Kepulauan Riau 1 kasus, Sumatera Utara 1 kasus.

“Hingga saat ini kasus gangguan ginjal akut pada anak yang masih dirawat tersisa 11 orang. Ini merupakan upaya bersama di mana angka penambahan tidak ada dan angka kematian juga tidak ada lagi. Yang ada adalah angka kesembuhan,” kata Syahril.

Syahril berharap, pasien GGAPA pada anak yang masih dirawat di RSCM dapat sembuh kembali setelah pemberian obat antidotum atau penawar pemberian fomepizole.

Meski anak telah dinyatakan sembuh, Syahril menegaskan, Kemenkes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) masih melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan selanjutnya. Menurutnya, pemerintah mempunyai kewajiban untuk melakukan pemantauan.

“Kita terus kontrol untuk melihat perkembangannya, mungkin ada suatu efekefek atau masalah-masalah kesehatan selanjutnya,” ucapnya.

Gagal Ginjal Bukan Kasus Baru

Syahril menambahkan, kasus gagal ginjal akut bukan baru di Indonesia. Namun baru ramai dibicarakan sekarang, yakni pada pertengahan bulan Agustus setelah dilakukan penyelidikan terkait adanya pencemaran atau impuritis dari pelarut yakni Etilen Glikoll (EG) dan Dietilen Glikol (EDG).

Kasus ini menyeruak, jelas Syahril, setelah dilakukan penyelidikan bahwa ada kemungkinan pencemaran atau impuritis dari pelarut yang biasa digunakan ada obat sirup tersebut. Penggunaan pelarut tersebut melebihi ambang batas yang ditentukan.

“Tapi dengan cepat kita kerjasama dengan IDAI, IDI dan profesi kedokteran yang lain, kita menyisir dan menemukan kemungkinan-kemungkinan itu. Nah pengalaman ini akan membuat kita respon cepat terhadap hal-hal yang memang tidak diduga sebelumnya,” tambahnya.

Continue Reading

Trending