Connect with us

EMPAT LAWANG

Pemilu 2024, Pj Bupati Empat Lawang Hadiri Rapat Forkopimda

Published

on

Pemilu 2024, Pj Bupati Empat Lawang Hadiri Rapat Forkopimda
Pemilu 2024, Pj Bupati Empat Lawang Hadiri Rapat Forkopimda

Empat Lawang, Saranapublik.com – Pj Bupati Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denim AP MM, hadir dalam Rapat Koordinasi Forkopimda Kabupaten/Kota se-Sumsel di Hotel Whyndham, Palembang, hari Kamis, 21 September 2023. 

Rapat ini menjadi penting karena memberikan wadah bagi Bupati/Wali Kota se-Sumsel untuk berbagi pengalaman serta mengidentifikasi potensi masalah yang unik di wilayah masing-masing.

Rapat ini dibuka oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru, dengan tujuan membahas teknis pelaksanaan dan potensi masalah yang mungkin muncul pada Pemilu tahun 2024.

Gubernur Herman Deru menekankan peran penting Forkopimda dalam memastikan Pemilu 2024 berlangsung aman, adil, dan transparan.

“Pentingnya peran Forkopimda memastikan Pemilu 2024 berlangsung secara aman, adil, dan transparan. Itu yang kita harapkan satu frekuensi,” ungkapnya.

Herman Deru juga menegaskan bahwa Sumatera Selatan harus tetap berkomitmen menjadi provinsi dengan status “zero konflik,” termasuk dalam Pemilu 2024. 

“Termasuk Pemilu 2024 di Sumatera Selatan harus zero konflik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumsel, Amrah Muslimin, mengingatkan peserta pemilu untuk menjaga lingkungan dengan damai, terutama ketika kampanye dimulai pada bulan November 2023. 

Ia berharap agar alat peraga kampanye tidak mengganggu ketertiban di lingkungan kota, seperti pohon-pohon dan tiang listrik.

Amrah juga mencatat beberapa potensi masalah yang perlu diatasi dalam Pemilu 2024 di Sumsel, termasuk pemenuhan keterwakilan perempuan pasca putusan Mahkamah Agung Nomor 24 P/HUM/2023 yang masih menunjukkan partai politik dengan perwakilan perempuan di bawah 30 persen. 

Selain itu, pendirian Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah tapal batas antara Kota Palembang dan Banyuasin menjadi perhatian, terutama setelah terbitnya Permendagri 134 Tahun 2022 tentang batas daerah Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

“Kolaborasi yang kuat antara KPU, Bawaslu, dan Pemda Sumatera Selatan diharapkan dapat menyelenggarakan Pemilu yang transparan, demokratis, dan berjalan dengan baik untuk kepentingan seluruh warga provinsi ini. Pemilu tahun 2024 diharapkan menjadi contoh sukses dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia,” tukas Amrah.

Rapat koordinasi Forkopimda ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam persiapan Sumatera Selatan menghadapi Pemilu 2024, dengan fokus pada menjaga stabilitas, transparansi, dan demokrasi yang berkualitas tinggi di provinsi ini.

Sebelumnya, Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin langsung gas pol bekerja dengan menyambangi Forum Komukasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Sumsel. 

Kepada wartawan Pj Bupati Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin mengatakan, hari pertama usai dilantik Gubernur telah memulai kerja dengan menyambangi sekaligus Bersilaturahmi dan Audensi dengan Gubernur, Sekda, Ketua DPRD Sumsel baik itu di kantor maupun dirumah dinas.

“Usai dilantik yah  saya langsung beraudensi dan silaturahi dengan Forkompinda Provinsi Sumsel, adapun agenda yang dibahas yakni memohon restu dan bimbingan daam tugas,” kata Fauzan, Rabu (20/9).

Masih disampaikan Fauzan, setelah bersilaturahmi dengan Gubernur Pj Bupati Empat Lawang mengunjungi Rumah Dinas Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Kepala Perwakilan BPK Sumsel, Keati Sumsel dan Kepala BPKP.

“Agenda yang dibahas ga sama sama meminta petunjuk teknis dan arahan guna untuk Kabupaten Empat Lawang yang lebih baik lagi,” kata Fauzan.

Rencananya nanti ditambahkan Fauzan, Pj Bupati Empat Lawang akan mengikuti Rakor Forkompinda Provinsi Sumsel terkait penangannan dan konflik Pilkada dan nanti dilanjutkan beraudensi dengan Kapolda dan Pangdam II Sriwijaya. 

“Rencananya saya akan beraudensi langsung Pangdam dan Kapolda usai mengikuti Rakor Forkompinda,” tambahnya. (Adv/Rmn)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EMPAT LAWANG

PTTUN, Gugatan Muhammad Ismail di Menangkan

Published

on

PTTUN, Gugatan Muhammad Ismail di Menangkan
PTTUN, Gugatan Muhammad Ismail di Menangkan

Empat Lawang, Saranapublik.com – Muhammad Ismail, memenangkan Peninjauan Kembali atas perkara gugatan pemberhentian dirinya sebagai Kepala Desa Rantau Tenang, Kabupaten Empat Lawang, setelah bolak balik ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) di Palembang.

Melalui kuasa hukumnya Herman Hamzah S.H, M.H, akhirnya perjuangan M. Ismail membuahkan hasil, Mahkamah Agung (M.A) RI memutuskan dan mengadili bahwa keseluruhan dari proses hukum Peninjauan Kembali dinyatakan menang atas gugatan lawannya M. Maeta.

Hak dan nama baik Ismail sebelumnya agak sedikit terganggu dan telah menjadi cibiran masyarakat Kabupaten Empat Lawang, tak sedikit yang menuding, M. Ismail adalah salah satu deretan Kepala desa yang dianggap bermasalah dan terjerat dalam proses kasus hukum.

Kendati demikian, Allah berkehendak lain dari tudingan tersebut, melalui Kuasa Hukumnya Herman Hamzah ia mendapatkan kembali haknya dengan telah keluarnya putusan M.A tersebut dan dinyatakan menang, serta memerintahkan agar seluruh putusan yang dikeluarkan PTTUN Palembang atas gugatan M. Maeta dibatalkan.

Tak berhenti disini, Herman Hamzah lelaki berdarah Komering ini, bakal terus mengawal kasus yang sudah dimenangkan. Herman sudah melayangkan surat agar M. Ismail dapat diberikan lagi hak dan nama baiknya yang sudah terampas selama ini.

“Kita sudah berkirim surat yang isinya agar M. Ismail kembali dilantik sebagai Kepala desa Rantau Tenang yang selama ini telah terampas,” terang Herman salah satu Lawyer yang disegani di Bumi Sriwijaya.

Kyai Komering begitu sapaan akrabnya, meminta dan menekankan agar hak daripada kliennya bisa diindahkan Pemkab Empat Lawang. Salinan putusan Peninjauan Kembali yang dimenangkan Klien kami dari Mahkamah Agung RI bisa menjadi rujukan pihak pemerintah agar hak kliennya segera dikembalikan.

“Dari putusan Mahkamah Agung RI, sudah jelas ada kekeliruan dalam memberhentikan klien kami. Kami sudah memegang salinan keputusan yang sudah Incraht (berkekuatan hukum tetap), jadi hendaknya kita sama-sama mentaati, sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” terangnya. (Pengki)

Continue Reading

EMPAT LAWANG

Bahas Raperda APBD 2024, Fauzan Khiori Hadiri Paripurna DPRD Empat Lawang

Published

on

Bahas Raperda APBD 2024, Fauzan Khiori Hadiri Paripurna DPRD Empat Lawang
Bahas Raperda APBD 2024, Fauzan Khiori Hadiri Paripurna DPRD Empat Lawang

Empat Lawang, Saranapublik.com – Fauzan Khoiri, Pj Bupati Kabupaten Empat Lawang hadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Empat Lawang dalam rangka mendengarkan penyampaian nota keuangan dan raperda APBD Kabupaten Empat Lawang tahun anggaran 2024, Pada Senin, 16 Oktober 2023.

Rapat paripurna tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Empat Lawang, Persi. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai unsur Forkopimda Kabupaten Empat Lawang lainnya.

Pj Bupati menyampaikan, raperda tentang anggaran pendapatan daerah dan belanja daerah Kabupaten Empat Lawang tahun anggaran 2024 disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang tata cara pengelolaan keuangan daerah juga Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

“Disamping itu juga berpedoman dengan peraturan perundang-undangan lainnya yang mengatur proses, penyusunan, pelaksanaan, pelaporan dan pendapatan anggaran belanja daerah,” katanya.

Juga ditambahkan Fauzan penyusunan pendapatan dan belanja daerah Tahun Anggaran 2024 tersebut telah memperhatikan aspirasi masyarakat dan pemangki kepentingan sesuai dengan proses perencanaan pembangunan daerah.

“Dan telah memperhatikan sinkronisasi perencanaan pembangunan baik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan maupun Pemerintah Pusat,” terangnya. (Adv/Rmn)

Continue Reading

Uncategorized

Fauzan Khoiri Resmi Jabat Pj Bupati Empat Lawang

Published

on

Fauzan Khoiri Resmi Jabat Pj Bupati Empat Lawang
Fauzan Khoiri Resmi Jabat Pj Bupati Empat Lawang

Empat Lawang, Saranapublik.com – Fauzan Khoiri Denin AP MM, resmi dilantik menjadi Pj Bupati Kabupaten Empat Lawang, oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru di Griya Agung, Palembang, Senin, 18 September 2023.

Fauzan yang sebelumnya menjabat selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, dilantik menjadi selaku Pj Bupati Empat Lawang, mengisi kekosongan jabatan Bupati Empat Lawang, yang ditinggalkan H Joncik Muhammad dan Wakilnya Yulius Maulana yang sudah habis masa jabatan selaku Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang priode 2018-2023.

Fauzan dilantik bersama 6 Pj Bupati/Wakota lain di Sumsel.

Antara lain, Pj Wali Kota Palembang – Drs H Ratu Dewa MSi yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang. Kini, ia akan mengemban tugas sebagai Pj Wali Kota Palembang.

Pj Wali Kota Lubuklinggau – Ir H Trisko Defriyansa ST MSi IPU yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Lubuklinggau, Pj Wali Kota Pagaralam – H Lusapta Yudha Kurnia SE MM yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sumsel.

Kemudian, Pj Wali Kota Prabumulih – H Elman ST MM yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Prabumulih.

Pj Bupati Muara Enim – Dr H Ahmad Rizali MA yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan dan Pj Bupati Banyuasin – Hani Syopiar Rustam SH yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Upacara pelantikan ini berlangsung dengan khidmad disaksikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan tamu undangan lain.

Selain pelantikan Penjabat Bupati/Walikota, juga dilantik 7 Pj Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Sumsel, yang akan membantu memajukan peran perempuan dalam pembangunan. 

Mereka adalah, Ny Tuti Komariah SPdI (Pj Ketua TP PKK Empat Lawang), Ny Liza Rahayu Pratiwi SE (Pj Ketua TP PKK Kota Pagaralam), Ny Hj Dewi Sasrani (Pj Ketua TP PKK Kota Palembang).

Kemudian, Ny Dr Rose Mafiana Rizali (Pj Ketua TP PKK Muara Enim), Ny Hj Maria Ivone Triana (Pj Ketua TP PKK Banyuasin), Ny Hj Henita Andriani Trisko (Pj Ketua TP PKK Lubuklinggau) dan Ny Hj Windriani Elman (Pj Ketua TP PKK Prabumulih.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, juga turut serta dalam pelantikan ini dengan melantik 5 Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) untuk berbagai daerah di Sumsel, antara lain, Hj Hepy Safriani MKes (Pj Sekda Empat Lawang), Rano Pahlesi (Pj Sekda Pagaralam), Ir Gunawan MTP (Pj Sekda Kota Palembang), Dr Tamri MM (Pj Sekda Lubuklinggau) dan Drs Aris Priyadi SH MSi (Pj Sekda Kota Prabumulih).

Pelantikan ini diharapkan akan membawa kemajuan dan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru menyebut, penunjukkan Pj Bupati/Walikota ini, sudah melalui mekanisme dan proses yang cukup panjang. Selain diusulkan DPRD juga oleh gubernur Sumsel dan kemudian dipilih oleh Mendagri.

Pada kesempatan itu Herman Deru pun menyempatkan menyapa Kepala Daerah yang sudah habis masa jabatannya dan Pj yang baru saja dilantik, sebelum memberikan sambutan.

“Selamat kepada Pj yang baru dilantik, secara sah menurut undang-undang dan konstitusi yang berlaku di negara kita untuk mengemban sebagai Kepala Daerah di Kabupaten/Kota masing-masing,” imbuhnya.

Menurutnya, mulai hari ini pejabat yang sudah dilantik, mengemban tugas sebagai Pj di Kabupaten/Kota masing-masing. (Adv/Rmn)

Continue Reading

EMPAT LAWANG

Peringati HKSN dan Hari Disabilitas, Pemkab Empat Lawang Salurkan Bantuan Ke Masyarakat Miskin

Published

on

foto bersama masyarakat yang mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten Empat Lawang

Empat Lawang, Saranapublik.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Dan Hari Disabilitas Internasional pemerintah kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan menyalurkan ribuan bantuan kepada masyarakat katagori miskin serta penyandang disabilitas.

Digelar sejak pagi, ribuan masyarakat kabupaten Empat Lawang hadir dan memenuhi lapangan SDN 10 Desa Batu Raja Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (28/12/2022).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang Eka Agustina, S.Sos., MM, dalam sambutannya menyampaikan pemberian bantuan kepada masyarakat merupakan kewajiban dan sebagai bentuk kehadiran negara dalam hal ini pemerintah kabupaten Empat Lawang.

”Alhamdulillah kita mempunyai pemimpin yang begitu peduli kepada sesama, yang tak henti-hentinya meminta kami untuk terus turun kelapangan memantau masyarakat khususnya yang hidup di bawah garis kemiskin dan penyandang disabilitas. Terima kasih Bapak Bupati H Joncik Muhammad atas suport kepada kami untuk tidak lelah mengabdi kepada masyarakat, begitupun ucapan terima kasih kepada ibu ketua Tim Penggerak PKK Bunda Hj Hepy Safriani atas dukungan dan arahan sehingga program-progam pengentasan kemiskinan berjalan baik. Begitupun pak Sekda Fauzan Khoiri Denin, yang senantiasa memberikan arahan kepada kami saya ucapkan banyak terima kasih,” Ucap kadinsos

Senada Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, S.Si., SH., MM., MH, mengajak dalam momen HKSN dan Hari Disabilitas Internasional untuk bersatu dan saling mengurusi diantara sesama.

Budaya lokal diantaranya gotong royong harus terus kita galakan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati Empat Lawang MADANI.

”Kita tau adanya wabah covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir Pemerintah bahkan Dunia menderita, anggaran dipangkas turun secara drastis, namun berkat doa masyarakat kabupaten Empat Lawang pemerintah bisa melobi provinsi dan pusat sehingga pembangunan di kabupaten Empat Lawang bisa terus berjalan,” ucap Joncik dihadapan ribuan masyarakat.

Dirinya juga berpesan agar Dinas Sosial terus memberikan bantuan, cari dana provinsi dan pusat agar masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang berada dibawah garis kemiskinan terus mendapat perhatian dan bantuan.

Begitupun para kepala desa agar melupakan pilkades, jangan karena tidak memilih kalian maka bantuan yang semestinya diberikan kepada masyarakat yang berhak malah diberikan kepada keluarga maupun timses kades.

”Untuk dicatat para kepala desa dalam penyaluran bantuan entah itu blt harus tepat sasaran dan diberikan kepada masyarakat yang berhak, jangan karena dia tidak memilh pak kades bantuan kepada masyarakat yang memang betul-betul wajar menerim namun diberikan kepada keluarga maupun tim sukses, saya akan awasi itu, dan tolong laporkan ke saya apabila hal tersebut terjadi,” tegas Bupati Empat Lawang.

Pada Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Dan Hari Disabilitas Internasional pemerintah Kabupaten Empat Lawang menyalurkan 1500 sembako, 26 bantuan kepada para penyandang disabilitas berupa alat bantu dengar, tongkat, kursi roda, kaki palsu, bantuan uang tunai kepada para korban kebakaran. Serta mengadakan sunatan masal gratis dan kegiatan donor darah.

Turut Hadir diantaranya Kapolres Empat Lawang AKBP Helda Prayitno, MM, Ketua DPRD Persi, SE, Perwakilan Kajari Kadek, SH., MH, Sekda Fauzan Khoiri Denin, Danramil Tebing Tinggi kepala OPD/Badan anggota DPRD Henby Verawati serta pejabat fungsional lainnya pada puncak perayaan HKSN dan Hari Disabilitas Internasional. (**)

Continue Reading

HUKUM

Heboh! Warga Muara Saling Dikejutkan Mayat Tanpa Indentitas

Published

on

Proses Evakuasi Penemuan Mayat Laki-laki oleh Polsek Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang

Empat Lawang, Saranapublik.com – Warga Desa Muara Saling, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, dihebohkan dengan penemuan mayat seorang laki laki tanpa identitas, di depan salah satu rumah warga, berkisar pukul 04.30 Wib, Selasa (27/12/2022). Dikutip dari seputarempatlawang.com

Jasad laki laki ini, di temukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa.

“Penemuan mayat laki laki di depan rumah warga itu, bertempat di desa muara saling, ” kata Kapolsek Tebing Tinggi AKP Fauzi Saleh saat di konfirmasi awak media.

Warga yang menemukan mayat laki-laki tersebut, segera melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian setempat.

Setelah mendapat laporan dari warga, polisi langsung mendatangi lokasi dan melakukan gelar olah tempat kejadian perkara, serta mengevakuasi mayat laki laki tersebut.

“Iya, Personil langsung menuju Tempat Kejadian Perkara, untuk melakukan evakuasi jasad tersebut,” terang Kapolsek. (**)

Continue Reading

Trending