Connect with us

BERITA

Turunkan Angka stunting Muba Raih Penghargaan Pemprov Sumsel

Published

on

Sukseskan Penurunan Stunting Tahun 2022, Pemkab Muba Raih Penghargaan Dari Pemprov Sumsel
Sukseskan Penurunan Stunting Tahun 2022, Pemkab Muba Raih Penghargaan Dari Pemprov Sumsel

Saranapublik.com- Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati Muba H Apriyadi sukses meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas partisipasi dalam mensukseskan program percepatan penurunan stunting tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru langsung kepada Pj Bupati Muba H Apriyadi melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS saat mengikuti rapat kerja daerah / forum koordinasi programpembangunan keluarga, kependudukan, keluargaberencana dan percepatan penurunan Stunting TingkatProvinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Pj Bupati Muba Serahkan LKPD Tahun Anggaran 2022

Kegiatan yang bertajuk“Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Pencapaian ProgramBangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting diProvinsi Sumatera Selatan” dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumsel ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Sukseskan Penurunan Stunting Tahun 2022, Pemkab Muba Raih Penghargaan Dari Pemprov Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dalam arahannya, mengintruksikan kepada pemerintah daerah di dalam wilayah provinsi Sumatera Selatan untuk lebih gencar turunkan angka stunting minimal satu digit di tahun 2023. “Ayo kita sama-sama mencegah dan mengatasi stunting ini,”tandasnya.

Pj Bupati H Apriyadi melalui Kadinkes Muba dr H Azmi Dariusmansyah, MARS menyampaikan rasa syukur atas capaian yang diraih oleh Pemkab Muba tersebut.

Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan kerja sama yang baik dari semua stakeholder terhadap penurunan stunting di Kabupaten Muba.

Muba termasuk, lanjutnya merupakan salah Kabupaten terbanyak menyumbang penurunan angka stunting tahun 2022 di provinsi Sumatera Selatan dari angka 23% menjadi 17%. Target di tahun 2023 Muba turun mencapai 14% atau Zero Stunting.

“Kabupaten Muba mendapat penghargaan karena menunjukkan komitmen serius dalam upaya penanggulangan stunting, baik sifatnya pencegahan untuk anak remaja, ibu hamil, dan penanggulangan untuk anak yang terlahir dalam kondisi stunting,” pungkasnya.(Red)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA

Firmansyah Sambangi Desa Pelalo, Ingatkan Warga Pilih Calon Legislatif Pro-Rakyat!

Published

on

By

Firmansyah, Calon DPRD Rejang Lebong

Rejang Lebong, Saranapublik.com – Dalam kunjungan yang berkesan pada Selasa sore, 13 Juni 2023, Firmansyah, seorang calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN), mengunjungi Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam pertemuan dengan warga setempat, Firmansyah tidak hanya memberikan pesan penting mengenai pentingnya memilih calon legislatif yang mampu mewakili kepentingan masyarakat, tetapi juga mengungkapkan inisiatif konkret dalam membantu masyarakat.

Dalam hadirnya di depan warga Desa Pelalo, Firmansyah menekankan urgensi memilih calon legislatif yang benar-benar dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat.

“Pilihlah calon legislatif yang bisa mewakili kepentingan masyarakat. Jika terpilih, mereka akan menjadi pengemban suara rakyat dan memperjuangkan kebutuhan serta aspirasi warga.” kata Firmansyah dengan keyakinan.

Tidak hanya berbicara, Firmansyah juga menunjukkan komitmen nyata untuk membantu masyarakat.

Ia mengungkapkan bahwa mobil ambulance yang dimiliki oleh Partai PAN siap digunakan untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan, termasuk dalam keadaan sakit, hajatan penting, ataupun situasi darurat lainnya.

Inisiatif ini menjadi bukti konkret dari kepedulian dan perhatian yang Firmansyah miliki terhadap kebutuhan masyarakat.

Kedatangan Firmansyah di Desa Pelalo disambut hangat oleh warga setempat. Mereka memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen dan dedikasi yang ditunjukkan oleh calon legislatif tersebut dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Warga merasa terhubung dengan visi dan misi yang dibawanya, dan melihat Firmansyah sebagai sosok politisi yang memberikan harapan baru dengan pendekatan yang lebih langsung dan nyata.

Tidak berhenti di Desa Pelalo, Firmansyah memiliki rencana untuk mengunjungi banyak desa lainnya di Kabupaten Rejang Lebong.

Dia bertekad untuk menjalin ikatan dengan masyarakat dan mendengarkan aspirasi mereka. Dalam suara yang hangat dan tulus, Firmansyah berjanji untuk menjalankan peran yang diamanahkan kepadanya dengan integritas yang tinggi. (hendra)

Continue Reading

BERITA

Pj Bupati Muba Beri 3 Unit Sepeda Motor Terhadap Pendamping (PKH)

Published

on

By

Tepati Janji, Pemkab Muba Berikan Tiga Unit Motor Untuk Pendamping PKH
Tepati Janji, Pemkab Muba Berikan Tiga Unit Motor Untuk Pendamping PKH

Saranapublik.com- Bentuk dukungan dan komitmen Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Muba, diberikan bantuan tiga unit sepeda motor bagi Pendamping PKH pada acara Silaturahmi Anggota Penggerak PKH dengan Pj Bupati Muba, bertempat di Gedung Juang Depan Kantor Dinsos Muba, Senin (20/2/2023).

Apriyadi dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pendamping PKH yang telah bekerja keras membantu pemerintah dalam penanganan kesejahteraan sosial, khususnya di Kabupaten Muba. Ia berharap para Pendamping PKH tetap semangat menjalankan tugas dengan tantangan topografi dan hidrografi Kabupaten Muba.

Tepati Janji, Pemkab Muba Berikan Tiga Unit Motor Untuk Pendamping PKH

“Hari ini kami Pemkab Muba menepati janji untuk membantu sarana operasional bagi para pendamping PKH, secara bertahap nantinya akan kita penuhi semua keluhan yang dibutuhkan. Pesan saya, walaupun medan kita berat, tapi semangat kita tetap tinggi, karena kita ini adalah pahlawan kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Muba Salurkan 9,6 Ton Minyak Goreng Dalam Operasi Pasar Minyak

Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel ini juga mengajak para pendamping PKH dan seluruh jajaran di Dinas Sosial di Kabupaten Muba untuk sama-sama berbuat, membantu masyarakat Muba yang mengalami permasalahan sosial, penyandang disabilitas, lansia dan sosial ekonomi lainnya agar dapat terlepas dari permasalahan tersebut.

“Memang yang bekerja di Dinas Sosial ini dibutuhkan SDM yang siap bekerja keras,  harus siap kapanpun saat masyarakat membutuhkan bantuan kita. Saya juga berpesan karena Dinsos Muba baru saja menempati gedung kantor yang baru yakni Gedung Juang ini, tolong di jaga sebaik-baiknya dan tetap jaga kekompakan,” pungkas Apriyadi.

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muba Drs H M Tabrani Rizki MSi menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Muba atas dukungan, sehingga Dinas Sosial bisa menempati Gedung Juang sebagai gedung kantor Dinsos yang baru.

Tepati Janji, Pemkab Muba Berikan Tiga Unit Motor Untuk Pendamping PKH

“Kami bersyukur bisa menempati gedung yang baru ini, karena memang gedung yang lama sudah tidak layak ditempati. Kami sekarang juga sudah membuka bagian pelayanan informasi, jadi para pendamping PKH secara giliran standby di layanan pengaduan, sehingga jika ada masyarakat yang datang membutuhkan informasi sosial bisa langsung ditanggapi,”bebernya.

Sementara itu Koordinator Kabupaten PKH Kemensos RI Kabupaten Muba Arniliana SKM melaporkan, untuk jumlah SDM PKH di Kabupaten Muba ada sebanyak 68 orang yang menangani sebanyak 19.744 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kemudian juga ada sebanyak 586 KPM yang sudah punya usaha saat ini,  kemungkinan nanti akan di graduasi mandiri.

“Berdasarkan SK per Januari 2023 ini ada 14 kecamatan dalam Kabupaten Muba yang memiliki pendamping PKH, ada satu kecamatan yang kosong pendamping yakni Kecamatan Batanghari Leko. Oleh karena itu kita sudah bersurat ke Kemensos RI agar dipenuhi kebutuhan pendamping PKH tersebut. InsyaAllah di bulan Maret ini sudah mulai penyaluran PKH tahap 1,”jelasnya.(Red)

Continue Reading

DAERAH

Pemkab Muba Salurkan 9,6 Ton Minyak Goreng Dalam Operasi Pasar Minyak

Published

on

By

Lewat Disperindag, Pemkab Muba Kembali Gelar Operasi Pasar
Lewat Disperindag, Pemkab Muba Kembali Gelar Operasi Pasar

Saranapublik.com- Kendalikan Inflasi, Pemkab Musi Banyuasin melalui Disperindag Muba kembali menggelar operasi pasar. Disperindag Muba bekerjasama denganCV Mekar Abadi (Distributor Minyak Goreng Merk Fortune) operasi pasar minyak Goreng berlangsung tertib di halaman Kantor Camat Sekayu, Selasa (21/2/2023)’

Kegiatan operasi pasar disambut antusias oleh masyarakat Muba ini dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs H Yusuf Amilin.

Dikatakannya, bahwa kegiatan operasi pasar merupakan tindak lanjut dari instruksi dari Mendagri untuk Pengendalian Inflasi dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok di Daerah KabupatenMuba.

Lewat Disperindag, Pemkab Muba Kembali Gelar Operasi Pasar

 “Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian pimpinan kepada masyarakat. Mudah – mudahan melalui operasi pasar minyak ini masyarakat bisa terbantu, yang mana harga lebih murah dari harga pasaran. Kami Pemkab Muba juga mengucapkan terima kasih kepada Disperindag dan CV Mekar Abadi (Distributor Minyak Goreng Merk Fortune atas kontribusinya untuk menyelenggarakan kegiatan ini membantu Pemkab Muba,”tandasnya.

Sementara, Kepala Disperindag Muba Azizah S.Sos MT menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan operasi pasar minyak goreng ini dikucurkan minyak goreng sebanyak 9.600 liter/9,6 ton.

Dikatakannya, operasi pasar ini kemasan sederhana merk Fortune yang dijual dengan harga Rp 15.500,-/liter. Dalam satu kupon, lanjutnya dapat membeli 2 liter minyak goreng kemasan sederhana Rp. 31.000,.

“Kami apresiasi setinggi-tingginya CV Mekar Abadi (Distributor Minyak Goreng Merk Fortune) atas kontribusinya sehingga terselenggaranya kegiatan operasi pasar ini. Kami berharap kepada CV Mekar Abadi untuk dapat menyelenggarakan kegiatan ini dibeberapa Kecamatan. Setelah ini, diawal Maret kita akan melaksanakan operasi pasar di Kecamatan Keluang,”pungkasnya.(Red)

Continue Reading

BERITA

TP PKK Kabupaten Muba Gelar mini Expo Bareng PT Muba Link

Published

on

By

TP PKK Kabupaten Muba Bersama PT Muba Link Akan Buka Pameran dan Bazar Mini Expo
TP PKK Kabupaten Muba Bersama PT Muba Link Akan Buka Pameran dan Bazar Mini Expo

Saranapublik.com- Telah resmi dibuka Pameran dan Bazar (Mini Expo) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), di Pelataran Hotel Grand Ranggonang Sekayu, Selasa (21/2/2023). 

Kegiatan yang diusung oleh Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bersama PT Muba Link tersebut akan berlangsung selama dua hari, yakni pada 21 – 22 Februari 2023 dan dikuti oleh TP PKK 15 Kecamatan se-Kabupaten Muba. 

Direktur PT Muba Link Yaser Arafat SST SPar MM melaporkan bahwa kegiatan Mini Expo tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut ulang tahun PT Muba Link yang ke-20 tahun dan juga PT Petro Muba Holding yang ke-21 tahun.

Baca Juga:Pj Sekda H Imam Senen Hadiri Acara Pengantar Alih Tugas Kepala (PA) Kelas IB

TP PKK Kabupaten Muba Bersama PT Muba Link Lakukan Pameran dan Bazar Mini Expo

“Alhamdullilah seiring berjalannya waktu kami terus mencoba untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan untuk warga Kabupaten Muba pada umumnya. Acara ini terlaksana berkat kolaborasi PT Muba Link bersama TP PKK Muba yang di motori oleh Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi,”ujarnya.

Yaser juga memaparkan bahwa di hari Ketiga setelah Mini Expo, PT Muba Link akan meluncurkan paket wisata “Half Day Tour Sekayu City”, dengan tujuan untuk memajukan dunia pariwisata di Kota Sekayu. Dengan adanya paket wisata tersebut bisa juga menjadi ajang para UMKM di Muba untuk mempromosikan produk hasil UP2K binaan PKK bagi para pengunjung atau tourist yang datang.

Baca Juga:Bupati Pali Sambut Hangat Kunjungan Walikota Prabumulih Dalam Rangka Studi Tiru

Baca juga:Musrembang RKPD Kecamatan Muara Lakitan Dibuka Langsung Oleh Bupati Mura Hj Ratna Machmud

“PT Muba Link ingin berkontibusi dalam membangun wisata dan UMKM di Kabupaten Muba, sejalan itu TP PKK juga punya binaan UP2K yang tersebar di Muba. Oleh karena itu kita inisiasi kerjasama (MoU) dengan PKK, melaui momen ini bisa menjadi ajang menampilkan produk-produk unggulan yang berkualitas. Saya yakin setiap kecamatan akan menghasilkan produk unggulannya, sehingga bisa dikenal masyarakat luas dan menjadi ikon daerah,”bebernya.

Sementara itu Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi menyampaikan rasa bangga karena pada hari Adalah penandatangganan MoU/perjanjian kerjasama antara PT Muba Link dengan TP PKK Kabupaten, dalam membantu pemasaran produk hasil UP2K kecamatan dalam Kabupaten Muba.

“UP2K merupakan salah satu program kerja TP PKK  yaitu Pokja II yang bertujuan meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam menambah pendapatan keluarga, dimana kegiatan tersebut meliputi pembinaan, pelatihan dan upaya pemasaran bagi kader UP2K,”jelasnya.

Istri Pj Bupati Muba ini juga menyebutkan, salah satu produk yang kami unggulkan untuk bisa masuk ke Hotel Grand Ranggonang adalah “sabun serai wangi” ini adalah produk hasil dari kelompok UP2K Desa Mendis Kecamatan Bayung Lencir, sabun yang menggunakan bahan alami hasil dari tanaman masyarakat yang diolah oleh kelompok UP2K menjadi produk sabun yang berkualitas dengan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit.

Selain sabun serai ada beberapa produk snack (makanan ringan) dan minuman herbal dari kecamatan – kecamatan yang ada di Muba. Dan produk – produk unggulan dari kelompok UP2K masing – masing kecamatan bisa dilihat di mini expo yang juga mengikuti kegiatan pada hari ini.

“Dengan adanya kerjasama ini kami yakin dan percaya akan ada peningkatan pemasaran hasil – hasil UP2K dari kecamatan – kecamatan dan kami berharap kerjasama ini tidak hanya dengan Hotel Grand Ranggonang saja, tetapi dengan seluruh pelaku – pelaku usaha yang ada di Kabupaten Muba. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada manajemen PT Muba Link yang sudah sangat menyambut baik program dan memberikan kesempatan serta dukungan kepada kami, sehingga pada hari ini bisa dilakukan penandatanganan mOu ini dan bisa mengikuti Mini Expo yang diselenggarakan oleh manajemen PT Muba Link,”ucap Asna.

Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin MSi menyampaikan, atas nama Pemkab Muba mengapresiasi atas dilaksanakannya Mini Expo ini, yang merupakan kerjasama antar TP PKK Kabupaten Muba dengan PT Muba Link. Karena memberikan kesempatan kepada UMKM binaan TP PKK kecamatan se-kabupaten Muba untuk terus berkarya.

“Kepada pelaku UMKM binaan TP PKK kecamatan se Kabupaten Muba untuk memanfaatkan Mini Expo untuk mengenalkan produk dan tukar menukar informasi. Semoga para pelaku UMKM dapat melakukan terobosan – terobosan dalam berkarya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Muba. Kami juga ucapkan selamat atas anniversary PT Muba Link ke 20 tahun, semoga semakin sukses dan berjaya di masa-masa yang akan datang,”pungkasnya. (Red)

Continue Reading

BERITA

Pj Sekda H Imam Senen Hadiri Acara Pengantar Alih Tugas Kepala (PA) Kelas IB

Published

on

By

Pj Sekda Kota Lubuklinggau Hadiri Pengantar Alih Tugas Kepala PA Kelas IB
Pj Sekda Kota Lubuklinggau Hadiri Pengantar Alih Tugas Kepala PA Kelas IB

Saranapublik.com- Pj Sekda Kota Lubuklinggau, H Imam Senen hadiri acara Pengantar alih tugas kepala Pengadilan Agama (PA) Lubuklinggau Kelas IB Doni Dermawan sebagai wakil ketua pengadilan agama cimahi kelas IA.

Pj Sekda, Imam senen dalam sambutannya mewakili wali kota dan wakil wali kota mengucapkan selamat atas promosi jabatan Ketua PA Lubuklinggau, Doni Dermawan di tempat baru yakni PA Cimahi Kelas IA.

Baca Juga : Hj. Suwarti Menghadiri Peresmian Deklarasi Desa Sadar Kerukunan (Desa Taruna)

“Selamat kepada pak Doni yang di promosikan di tempat baru sebagai wakil ketua PA kelas IA cimahi. Kita sebagai abdi masyarakat, harus siap melaksanakan tugas yang diberikan.

Pj Sekda Kota Lubuklinggau Hadiri Pengantar Alih Tugas Kepala PA Kelas IB

ucapan terimakasih juga kepada pak Doni dermawan yang sudah bersinergi dalam hal pelayanan masyarakat, kami pemkot menyampaikan permohonan maaf mungkin ada kesalahan dan kurang berkenan dalam sinergi selama ini,” ungkapnya, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga :Bupati Pali Sambut Hangat Kunjungan Walikota Prabumulih Dalam Rangka Studi Tiru

Selain itu pula, PA Lubuklinggau sendiri sudah di usulkan naik kelas sari kelas IB menjadi kelas IA . “kita sama-sama berdoa kepada pak Doni agar menjadi ketua kelas IA serta dapat meningkatkan tugas dimasa mendatang serta sukses selalu. Serta berharap juga agar PA Lubuklinggau naik ke kelas IA,” harapnya.

Sementara, Doni Dermawan ketua PA Lubuklinggau menyampaikan permohonan maaf selama melaksanakan tugas 1 tahun 12 hari di PA Lubuklinggau apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

“Selama berdinas disini, kami sangat berkesan karena seluruh intansi sangat mendukung yang dilaksanakan PA Lubuklinggau, baik Kota Lubuklinggau, Musi Rawas maupun Musi Rawas Utara,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dengan pemda baik kota maupun kabupaten yang sebagai wilayah kerja PA Lubuklinggau sudah dilaksanakan kerjasama seperti stunting, perlindungan hak perempuan dan anak.(Red)

Continue Reading

BERITA

Musrembang RKPD Kecamatan Muara Lakitan Dibuka Langsung Oleh Bupati Mura Hj Ratna Machmud

Published

on

By

Musrembang Muara Lakitan, Bupati Mura : Ini Penting Untuk Pembanguan Kabupaten Musi Rawas
Musrembang Muara Lakitan, Bupati Mura : Ini Penting Untuk Pembanguan Kabupaten Musi Rawas

Saranapublik.com – Musrenbang RKPD Kabupaten Musi Rawas Tahun 2024 Tingkat Kecamatan Muara Lakitan di Kantor Camat Muara Lakitan, Rabu (22/02/2023). Hadir Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Camat Muara Lakitan, Kades Kecamatan Muara Lakitan, Peserta Musrenbang Kecamatan Muara Lakitan. 

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud mengajak seluruh jajaran untuk serta dalam Musrenbang. Hal ini penting dilakukan agar pembangunan di Kabupaten Musi Rawas benar-benar efisien, efektif dan tepat sasaran sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. 

Musrembang Muara Lakitan, Bupati Mura : Ini Penting Untuk Pembanguan Kabupaten Musi Rawas

“Terkait dengan rencana program dan prioritas pembangunan serta target-target yang akan dicapai pada tahun 2024, saya mengajak seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Muara Lakitan untuk bersatu padu, menyatukan setiap gerak dan langkah kita dalam bekerja untuk mewujudkan Musi Rawas yang Maju, Mandiri, Bermartabat (MANTAB),” ucap Bupati. 

Bupati Musi Rawas berharap kegiatan ini bukan hanya bersifat seremonial, tetapi substansi kegiatan ini harus benar-benar terwujud agar dapat menghasilkan kesepakatan, terutama dalam hal penentuan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, khususnya di wilayah Kecamatan Muara Lakitan. 

Musrembang Muara Lakitan, Bupati Mura : Ini Penting Untuk Pembanguan Kabupaten Musi Rawas

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan bantuan berupa mesin jahit, oven pengering bagi UMKM di Muara Lakitan, santunan kematian, bantuan MWC NU Muara Lakitan sebesar 25 juta, bantuan Masjid Al-Ikhlas Desa Prabumulih 2 sebesar 50 juta, bantuan Al-Qur’an Rumah Tahfidz, dan seragam sekolah gratis bagi masyarakat kurang mampu.(Red)

Continue Reading

DAERAH

Hj. Suwarti Menghadiri Peresmian Deklarasi Desa Sadar Kerukunan (Desa Taruna)

Published

on

By

Wakil Bupati Mura Hadiri Langsung Peresmian Deklarasi Desa Sadar Kerukunan
Wakil Bupati Mura Hadiri Langsung Peresmian Deklarasi Desa Sadar Kerukunan

Saranapublik.com– Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti menghadiri Peresmian Deklarasi Desa Sadar Kerukunan (Desa Taruna) di Desa Megang Sakti V, Kecamatan Megang Sakti, Rabu (22/2/2023). Deklarasi ini mengusung tema “Saatnya Umat Beragama Membangun Jembatan yang Menghubungkan, Bukan Dinding yang Memisahkan”. 

Wabup mengatakan bahwa Desa Sadar Kerukunan (Desa Taruna) yang diresmikan ini adalah sebuah desa yang warganya terdiri dari beberapa agama (Islam, Kristen, Khatolik), tetapi tetap cinta akan kerukunan antar-umat beragama.

Lebih lanjut Wabup mengatakan tujuan diresmikannya Desa Taruna adalah sebagai penghargaan atas kerukunan di Desa Megang Sakti V dan sebagai contoh bagi daerah lain agar bisa meniru kerukunan yang ada di desa ini.

Baca Juga:Bupati Pali Sambut Hangat Kunjungan Walikota Prabumulih Dalam Rangka Studi Tiru

Wakil Bupati Mura Hadiri Langsung Peresmian Deklarasi Desa Sadar Kerukunan

Deklarasi ini merupakan deklarasi yang terakhir pada kepengurusan FKUB yang lama dan akan berakhir tahun ini. Untuk itu Wabup memberikan apresiasi kepada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Musi Rawas yang telah bersinergi dan menjalin kemitraan dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. 

Wabup juga mengingatkan untuk selalu meningkatkan sikap toleransi dan solidaritas kerukunan umat beragama yang kokoh di dalam kebersamaan membangun Kabupaten Musi Rawas.

“Saya harap semua wagra Musi Rawas khususnya Megang Sakti mempunyai prinsip yang sama, yakni kalau kita harus seduluran sak lawase artinya tidak ada hentinya,” tutur Wabup.(Red)

Continue Reading

DAERAH

Bupati Pali Sambut Hangat Kunjungan Walikota Prabumulih Dalam Rangka Studi Tiru

Published

on

By

Pemkab Pali Sambut Hangat Kedatangan Pemkot Prabumulih Dalam Hal Studi Tiru
Pemkab Pali Sambut Hangat Kedatangan Pemkot Prabumulih Dalam Hal Studi Tiru

Saranapublik.com– Wali Kota Prabumulih Ir. H Ridho Yahya MM bersama kepala OPD Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih serta jajaran di sambut hangat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Drs. Ir. H Heri Amalindo MM , Rabu (22/02/2023).

Di sambutnya rombongan Pemkot Prabumulih oleh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI di ruang rapat Bupati PALI bukan tanpa alasan melainkan dalam rangka Studi Tiru.

“Sebenernya saling koreksi, evaluasi introspeksi,” kata Wako Prabumulih Ridho Yahya pada sambutanya.

Pemkab Pali Sambut Hangat Kedatangan Pemkot Prabumulih Dalam Hal Studi Tiru

Sambungnya, dirinya sangat menyangkan prihal Studi Tour/Tiru kerap ke daerah yang terbilang cukup jauh,”Sibuk Kito belajar ketempat yang jauh, siapo tau di PALI Ado yang lebih, di Linggau Ado yang lebih,”jelasnya.

Lebih lanjut, Walikota dua periode itu mengatakan bahwa silaturahmi antara kepala periode yang saling bertukar dan berbagi pengalaman juga ilmu sangat jarang,”Silaturahmi antara kepala daerah kan sangat jarang, apo lagi untuk berbagi ilmu,”bebernya.

Sementara tuan rumah, Bupati PALI Heri Amalindo menghaturkan selamat datang kepada rombongan Pemkot Prabumulih,”selamat datang pak wali dan rombongan,”ucapnya.

Juga dirinya yang memang sudah akrab dengan orang nomor satu di Kota Nanas itu menuturkan bahwasannya kehadiran Wako Prabumulih Ridho Yahya bersama rombongan merupakan perdana di Kantor Bupati PALI bahwa ada kepala Daerah yang singgah di Kantor Bupati PALI.

“Ini suatu nikmat bagi kami, kami sangat terkejut dapet surat bahwa Walikota Prabumulih nak kunjungan ke sini, man cak itu motong tumpeng kami,”guyonnya pada sambutannya.(Red)

Continue Reading

DAERAH

Jalin Persahabatan, Pelti Muba Gelar Pertandingan Tenis Dengan Rejang Lebong

Published

on

By

Pertemuan Pelti Muba Dengan Pelti Rejang Lebong, Adakan Pertandingan Persahabatan
Pertemuan Pelti Muba Dengan Pelti Rejang Lebong, Adakan Pertandingan Persahabatan

Saranapublik.com – Persatuan Tenis Indonesia (Pelti) Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan kunjungan kegiatan keolahragaan tenis dari Persatuan Tenis Indonesia (Pelti) Kabupaten Rejang Lebong.

Pertemuan antar dua Pelti ini, melakukan pertandingan Persahabatan Tenis Lapangan pada Sabtu pagi (18/2/2023), yang dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muba Drs H Apriyadi. 

Pada kesempatan ini Pj Bupati Muba menyampaikan, selamat datang di Kabupaten Muba para Persatuan Tenis Indonesia (Pelti) Kabupaten Rejang Lebong. Terima kasih sudah berkunjung dan melakukan kegiatan pertandingan persahabatan bersama Pelti Muba. 

Baca Juga:Segalah Upaya Sudah Di Lakukan , Kades Langgar Jaya Sesali Kondisi Pembangunan Jalan Buruk Yang Tak Kunjung Usai

“Walaupun akan berlaga adu kemampuan, keakraban dan keceriaan juga harus mewarnai pertandingan ini. Sebagai bukti bahwa silaturahmi dan komunikasi tidak hanya melalui kegiatan formal, melainkan juga olahraga seperti halnya Tenis Lapangan,”kata Apriyadi. 

Pertemuan Pelti Muba Dengan Pelti Rejang Lebong, Adakan Pertandingan Persahabatan

Sementara, ketua Pelti Muba dr H Azmi Dariusmansyah MARS 
menyampaikan, kunjungan Pelti Rejang Lebong ke Kabupaten Muba sebagai kunjungan balasan. Karena sebelumnya Pelti Kabupaten Muba telah berkunjung terlebih dahulu ke Kabupaten Rejang Lebong. 

“Alhamdulillah kita sama-sama diberikan kesehatan sehingga bisa saling mengunjungi satu sama lain. Tenis lapangan ini selain ajang silaturahmi dan juga membuat kebugaran tubuh. Mari kita lakukan pertandingan ini dengan have fun tetap menjaga sportifitas, karena pertandingan ini bukan mencari menang atau kalah, namun tujuannya mencari kebersamaan dan silaturahmi,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelti Rejang Lebong Ir H Zulkarnain mengungkapkan, pihaknya sangat senang mendapatkan sambutan luar biasa dari segenap pengurus Pelti Kabupaten Musi Banyuasin. Dia berharap silaturahmi tetap terjalin hingga kapan pun.

“Kita sangat senang dan berterimakasih, khususnya kepada Pj Bupati Muba yang telah hadir secara langsung menyambut dan menyaksikan pertandingan ini. Sebenarnya sudah lama kita rencanakan pertandingan ini, namun Pandemi Covid-19 yang membatasi segalanya. Mudah-mudahan kedepan dengan ikatan silaturahmi ini kami dapat kembali mengunjungi Kabupaten Muba,” ungkapnya.(Red)

Continue Reading

BERITA

Segalah Upaya Sudah Di Lakukan , Kades Langgar Jaya Sesali Kondisi Pembangunan Jalan Buruk Yang Tak Kunjung Usai

Published

on

By

Kades Langgar Jaya Sesali Kondisi Pembangunan Jalan Buruk Yang Tak Kunjung Usai
Kades Langgar Jaya Sesali Kondisi Pembangunan Jalan Buruk Yang Tak Kunjung Usai

Saranapublik.com- Kepala Desa Langgar Jaya Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Salim menyesalkan selama menjabat kepala desa hampir 8 tahun dari tahun 2015-2023.

Hal itu disampaikan saat dijumpai di kediamannya, pada hari Jumat (18/02/2023), Pak Salim selaku Kepala Desa dan tokoh pemekaran Desa Langgar Jaya, kecewa dan sesal saat ini kondisi jalan menuju desa yang di pimpin saat tidak layak untuk di lewati.

Lanjutnya, beliau tidak tinggal diam bahkan upaya apa pun sudah di lakukan, bahkansudah mengunjungi bupati kediamannya, untuk menayangkan soal kelanjutan pembangunan yang di laksanakan oleh PT SMI kemaren. Pihaknya memohon petunjuk kepada Bapak Bupati Kabupaten Kepahiang Dr.Ir Hidayatullah Sjahid,MM.IPU.

Kades

“Kalau memang tidak bisa untuk membangun jalan kami Desa langgar jaya,kami minta diposisikan kepada Pemerintah provinsi Bengkulu saja,kami sangat membutuhkan jalan tersebut,” sebut Kades Salim.

“Saya kasian masyarakat saya, kemarin bahkan saya sudah titipan proposal pembangunan jln kepada menteri dalam negeri, lewat anggota DPD Ibuk Hj.Riri Damayanti jhon latif,S.PSI.M.M. dan juga agar Bank Bengkulu bisa memberikan pinjaman agar bisa mendukung pembangunan jalan dan jembatan, bahkan 7 desa telah sepakat untuk mendukung pembangunan jalan dan jembatan ini,” kata kades.

Tambahnya, mungkin dalam waktu dekat ini ia dan tokoh masyarakat, akan menghadap Gubernur Provinsi Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah.

“Kami meminta agar bisa membangun jalan Kami sepanjang kurang lebih 10 KM,” ucap Salim.

“Besar harapan saya provinsi akan memberikan pembangunan yang kami minta, untuk administrasi akan kami siap kan secepatnya,” tutup Kades Salim.(Red)

Continue Reading

Trending