Connect with us

EDUKASI

Naik Peringkat, Unib Diposisi Ke-44 Kampus Terbaik Nasional Versi Webometrics

Published

on

Kampus Unib (Foto: Facebook Unib)

Saranapublik.com – Universitas Bengkulu (Unib) berada di posisi 44 kampus terbaik nasional versi Webometrics Rank 2022. Posisi ini, naik dari peringkat sebelumnya diposisi 48 terbaik nasional pada 2021 lalu.

Selain itu, diperingkat internasional, Unib juga naik kelas ke posisi 3762. Data ini diakses pada Minggu 30 Oktober 2022 dari situs resmi Webometrics.Info.

Kampus lainnya di Bengkulu berada diurutan ratusan, diantaranya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup diperingkat 308, Universitas Dehasen Bengkulu diposisi ke 397, kemudian Universitas Prof Dr Hazairin diposisi 476, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) diposisi ke-637, Poltekkes Kemenkes Bengkulu diperingkat 947, UPT Perpustakaan UIN FS Bengkulu diperingkat 1482, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Fatah diperingkat ke-2024, Sekolah Tinggi Ilmu Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama (STIESNU) Bengkulu diperingkat 2114 dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu diperingkat 2224.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang paling populer, dibandingkan sistem-sistem pemeringkatan yang lainnya. Penilaian versi webometrics dilakukan berdasarkan tiga indikator yang meliputi visibility, transparency, dan excellence dengan bobot masing-masing.

Kunci utama penilaian webometrics yaitu mengacu pada alamat domain dari suatu perguruan tinggi (URL Domain) yang melekat unik pada masing-masing perguruan tinggi.

Mengutip dari Sevima.com, Webometrics adalah suatu sistem pemeringkat yang memberikan penilaian terhadap seluruh perguruan tinggi di dunia melalui website perguruan tinggi tersebut. Ada empat kriteria atau indikator yang digunakan Webometrics dalam menilai kinerja perguruan tinggi, yaitu presence, visibility impact , openness, dan excellence.

Adapun masing-masing indikator tersebut memiliki bobot penilaian yang berbeda. Untuk indikator presence atau kehadiran memiliki bobot 5% yang menghitung setiap halaman web dari perguruan tinggi yang terdaftar oleh mesin pencari; visibilitas atau visibility impact memiliki bobot 50% yaitu kualitas konten yang dievaluasi dengan menghitung semua eksternal link yang diterima oleh webdomain perguruan tinggi dari pihak ketiga.

Lalu indikator opennes atau keterbukaan memiliki bobot 10% yaitu jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan lain sebagainya yang online/open di bawah domain website perguruan tinggi yang tertangkap oleh mesin pencari; dan keunggulan atau excellence dengan bobot 35% yaitu jumlah artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terdaftar di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. (Red)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EDUKASI

Lulus Predikat Inspiratif di STIESNU, Kiai Ali Salam Contoh Baik Generasi Penerus

Published

on

Kiai Ali Salam saat diwisuda

Saranapublik.com – Kiai A li Salam, yang merupakan Rais Syuriah PC NU Bengkulu Utara, juga pimpinan Pondok Pesantren Al Um di Bengkulu Utara. Dia dinyatakan lulus dari Prodi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama (STIESNU) Bengkulu dan mengikuti wisuda pada Sabtu (31/12/2022) pagi, di Ballroom Hotel Mercure Bengkulu.

Kiai Ali Salam lulus tepat waktu dengan predikat Inspiratif. Adapun, judul skripnya adalah Implementasi Strategi Marketing Mix Pada Usaha Konter (Studi Kasus Di Bengkulu Utara).

Kiai Ali Salam, layak dijadikan contoh yang baik bagi generasi penerus. Selain menuntaskan studi diusia lanjut tepat waktu, kiai ini tergolong sederhana, setiap hari memakai sarung.

Kiai Ali Salam mengatakan, rasa syukur yang mendalam baginya diusia menua ini, mampu menyelesaikan studi dengan predikat inspiratif. Bahkan, katanya, itu merupakan kado dipenghujung tahun 2022 ini.

“Dipenghujung tahun 2022 ini, hari yang bersejarah bagi saya. Meskipun lanjut usia saya bisa menyelesaikan studi di Kampus STIESNU Bengkulu,” kata Kiai Salam usai diwisuda.

Ia juga berterimakasih kepada para dosen yang telah meluangkan untuk membimbing dirinya menyelesaikan studi selama beberapa tahun. Bahkan, ia sedikit menyentil semangat generasi penerus untuk menyelesaikan studi dengan baik.

“Untuk generasi penerus jangan lemah belajar. Manfaatkan usia produktif kalian dengan semangat belajar dan menyelesaikan studi dengan. Dan terimakasih juga kepada para dosen yang telah membimbing saya selama kuliah berlangsung,” katanya penuh haru.

Rais Syuriah PCNU Bengkulu Utara ini, mengakui selalu rajin belajar dan masuk kelas ketika aktif perkuliahan. Meskipun usia sudah tua, kakek itu juga mengakui bukanlah perkara yang sulit jika niat itu untuk menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi.

Ketua Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama (STIESNU) Bengkulu, Dodi Isran, M.Pd.Mat, mengatakan bahwa Kiai Ali Salam menyelesaikan studinya tepat waktu, setelah mengikuti proses ujian Munaqasah dengan 4 tim penguji. Dengan enteng kakek itu duduk diatas kursi roda menjawab dan menjabarkan seluruh hasil judul skripsinya.

“Selamat Pak Kiai Ali Salam Rais Syuriah PCNU Bengkulu Utara dan Pimpinan Pondok Pesantren Al Um, telah lulus Ujian Munaqasah Prodi Ekonomi Syariah STIESNU Bengkulu,” kata Dodi.

Dodi Isran menceritakan, proses studi yang panjang memberikan panutan dan pelajaran bagi generasi penerus untuk selalu giat dalam belajar. Kiai Ali Salam mempunyai nilai wawasan islam kebangsaan dan tawadhu memberikan motivasi untuk terus belajar dan berkhidmat di Nahdlatul Ulama. (**)

Peserta Wisuda di Kampus STIESNU Bengkulu
Continue Reading

EDUKASI

Neuro Kundalini: Definisi, Cara Membangkitkan dan Manfaatnya!

Published

on

Neuro Kundalini: Definisi, Cara Membangkitkan dan Manfaatnya!

Kundalini! Mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda; khususnya bagai para pelaku spiritual dan tenaga dalam. Tapi, Neuro Kundalini? Saya yakin masih banyak yang belum mengenalnya.

Untuk mengetahui apa itu Neuro KundaliniFranky Adinegoro dari Rel-tv.com belum lama ini mewawancarai Master Hendra Ishanders; salah satu pakar aliran Kundalini di Indonesia saat ini.

Berikut petikannya:

Apa itu Neuro Kundalini?

Bisa Anda jelaskan, apa itu Neuro Kundalini?

Neuro Kundalini adalah kajian tentang energi mistis kundalini melalui pendekatan ilmu neurosains populer. Prinsip dasar dari Neuro Kundalini adalah “Annata”, bahwa apa yang disebut Jiwa atau Self itu tidak ada.

Apa yang dapat terlihat dari manusia hanya kinerja refleks sistem sarafnya dan apa yang sesungguhnya dipahami dan dirasakan oleh manusia hanyalah dunia yang terbuat dari pikirannya sendiri yang sangat dipengaruhi oleh bahasa kimiawi; hormon, neurotransmiter, dan neuromodulator.

Bagaimana kita berinteraksi dengan tubuh kita sendiri dan lingkungan sekitar sangat ditentukan oleh saraf sensorik dan saraf motorik. Sementara seperti apa dunia ini terlihat, itu sangat ditentukan oleh corak dan pola pikir yang dibentuk atau terbentuk di otak manusia. Kerja saraf yang luar biasa ini sangat dipengaruhi oleh hormon.

Jadi, Neuro Kundalini adalah kajian atau bahasan yang mempelajari bagaimana sistem saraf-hormon itu menghasilkan identitas unik dari setiap individu.

Okey. Lalu, apa persyaratan bagi seseorang yang ingin mempelajari Neuro Kundalini? Dan, apa konsep dasar Neuro Kundalini?

Untuk mempelajari Neuro Kundalini, syaratnya tidak mempercayai adanya jiwa. Konsep dasarnya adalah Anicca. Anicca itu adalah konsep Budha bahwa tidak ada yang namanya jiwa. Manusia itu tercipta dari 4 unsur: pikiran, perasaan, emosi, dan refleks.

Yang pertama kali harus dikuasai dalam Neuro Kundalini itu adalah bagaimana Anda bisa menguasai pikiran Anda sendiri. Sampai sekarang kita terjajah oleh pikiran kita sendiri. Itu dulu yang harus dikuasai. Manipulasinya dengan berpuasa. Puasa itu, Anda mencoba untuk mengatasi pikiran kita yang dipengaruhi oleh sensasi ingin makan dan minum.

Jadi, syarat Kundalini yang pertama itu, inisiasinya adalah puasa. Seberapa kuat Anda mampu berpuasa. Puasa Senin-Kamis boleh. Rabu atau hari lahir juga boleh. Sekuat apa Anda kuat puasa; berapa hari, coba dijajal.

Kalau Anda sendiri berapa lama kuat untuk berpuasa?

Kalo saya 1.200 hari.

Yang berat itu puasa vegetarian, 1.000 hari. Jadi, Annamaya kosa atau badan daging kita sudah tidak memberikan pengaruh lagi. Puasa daging sudah hilang.
Baru kemudian puasa tulang atau seks. Seks itu ternyata adalah produk pikiran. Paling bawah itu adalah makanan, seks, perut.

Lalu, setelah proses inisiasi puasa tadi. Apa ciri energi Neuro Kundalini sudah bangkit?

Ciri khas Kundalini Anicca bangkit itu adalah tidak lagi merasakan haus. Jadi, inisiasi Kundalini itu dengan puasa.

Jadi kalau kita mengambil (landasan), Siddhartha Gautama itu puasa 400 hari. Yesus puasa 3 tahun. Muhammad puasa 40 hari. Musa puasa 400 hari.

Jadi, salah satu tujuan puasa itu adalah mengalahkan daging. Pikiran kita dikuasai daging. Kalau kita sudah menguasai daging, sudah; jadi itu. Kalau di Kejawen itu kan daging, tulang, sumsum, bulu. Kalo sudah bisa mengendalikan bulu di tubuhmu; itu sudah jago berarti.

Orang yang Kundalini-nya bangkit di Tibet, bukan rambutnya biksu itu dipotong; tapi rambutnya gak numbuh. Dia sudah menguasai pertumbuhan rambut.

Kondisi mental seperti apa yang harus dipersiapkan bagi mereka yang ingin mendalami Kundalini?

Jadi, Kundalini itu kuncinya adalah kamu mau berkuasa atau tidak? Kalo tidak ada niat berkuasa, ya, buat apa lah. Kalau kamu hanya mau menjadi penjual bakso, gak perlu belajar Kundalini. Tapi, kalau kamu sudah berniat berkuasa seperti Kertanegara, tidak ada jalan lain, kamu harus belajar Kundalini.

Jadi secara garis besar, apa sih manfaat Kundalini itu?

Macht atau kekuasaan. Kekuasaan itu Anda tukar dengan apa saja, bisa. Itu adalah mata uang yang bisa dikonversi dengan apapun. Jadi, kalau tidak ada niat untuk berkuasa, tidak usah belajar Kundalini. Harus ada niat berkuasa. Kalau orang jerman menyebutnya macht.

Setingkat apa kuasa Anda tergantung niat. Berkuasa atas dirimu sendiri, boleh. Tapi, Kundalini itu harus ada kegilaan. Anda mau berkuasa atas dunia. Itu kalau Anda berniat mengambil jalan para raja. Harus ada nilai-nilai kegilaan. Anda harus siap ada di jalan itu.

Lagu bagaimana cara kerja energi Kundalini di dalam menggapai kekuasaan tadi?

Ya, tergantung karma. Jadi, bahan bakar Kundalini itu adalah karma. Kalau karmanya cukup, kekuasaan yang akan didapatkan itu tergantung dengan lingkup kekuasaannya. Ada yang orang kekuasaannya setingkat lurah, dan lain-lain.

Jadi bisa dipastikan semua tokoh politik itu Kundalini-nya bangkit.

*Penulis: Franky Adinegoro

Continue Reading

EDUKASI

Hamka Sabri lepas Kegiatan Napak Tilas Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional

Published

on

Napak Tilas KBN 2022

Bengkulu, Saranapublik.com – Sekda Provinsi Bengkulu sekaligus sebagai Ka. Kwarda 07 Bengkulu Hamka Sabri lepas Kegiatan Napak Tilas Kemah Bela Negara (KBN)Tingkat Nasional Tahun 2022 Bengkulu, di Halaman Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (19/12/2022). 

Dikatakan Hamka Sabri, kegiatan napak tilas sebagai bentuk menelusuri rute-rute perjuangan, baik itu sebelum dan setelah merdeka. 

“Jadi kita bawa peserta KBN ke tempat-tempat sejarah dan kita berharap mereka memahami sejarah Bengkulu. Dan setelah paham mereka akan menceritakan ke anak negeri ini bahwa di Bengkulu itu ada sejarah penting terhadap NKRI,” jelas Hamka Sabri. 

Lanjut Hamka Sabri, dengan memahami kemudian menceritakan sejarah penting Bengkulu terhadap NKRI, maka Bengkulu akan semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dengan era digital saat ini, tidak menutup kemungkinan apa yang peserta lewati dan abadikan saat Napak Tilas KBN akan dimasukkan di media sosial (medsos) masing-masing. 

“Ini kan seluruh peserta dari provinsi di Indonesia hadir, jadi mereka akan mengekspose wisata sejarah Bengkulu ke daerahnya dan ke medsos masing-masing. Dan dengan demikian juga bisa mendukung kegiatan pariwisata Bumi Rafflesia,” ungkapnya. 

Diketahui para peserta Napak Tilas KBN 2022 hari kedua tersebut akan menelusuri wisata sejarah Bengkulu, mulai dari Benteng Marlborough, kemudian ke Masjid Jamik Bengkulu, Rumah Ibu Agung Fatmawati serta ke Rumah Pengasingan Bung Karno selama di Bengkulu.

Continue Reading

EDUKASI

Fatrica Syafri, M.Pd.I, dilantik sebagai Ketua Pusat Moderasi Beragama UIN

Published

on

Ketua Moderasi Beragama UIN Bengkulu Fatrica Syafri

Saranapublik.com – Dosen UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu yang juga aktifis perempuan, Fatrica Syafri, M.Pd.I, dilantik sebagai Ketua Pusat Moderasi Beragama UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Selasa (12/12/2022). Moderasi beragama menjadi jalan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bersikap toleran terhadap perbedaan agama maupun budaya.

“Ini sejalan dengan semangat organisasi yang saya pimpin, yakni Fatayat NU. Kami mengkampanyekan moderasi beragama dalam setiap aktifitas kami. Semoga dengan amanah ini, dapat saya jalankan sebaik-baiknya dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan moderasi beragama,” kata Ketua PW Fatayat NU Provinsi Bengkulu ini usai dilantik oleh Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Prof. Dr. Zulkarnain Dali.

Lanjutnya, dengan dia dipercaya sebagai Ketua Pusat Moderasi Beragama, Fatrica akan bersinergi dengan stake holder yang ada, dan melakukan program sampai ke akar rumput dengan berbagai saluran yang tersedia.

“Era teknologi dan informasi yang serba digital akan kita manfaatkan sebagai sarana mengkampanyekan moderasi beragama, namun kita juga perlu menyentuh akar rumput secara langsung,” ungkapnya.

Continue Reading

EDUKASI

Salip STIKES TMS, STIESNU Bengkulu Peringkat 7 Kampus Terbaik di Bengkulu Versi Webometrics

Published

on

Logo STIESNU Bengkulu

Saranapublik.com – Ada 8 kampus terbaik di Provinsi Bengkulu versi Webometrics Salah satunya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama (STIESNU) Bengkulu yang menduduki peringkat ke-7, yakni 2114 secara nasional. Sedangkan STIKES TMS, berada diurutan ke-2224 nasional, dan Bengkulu diurutan ke-8.

Peringkat kesatu adalah Unib, dengan posisi secara nasional diperingkat ke-44, disusul IAIN Curup diperingkat 2 Bengkulu dan nasional diperingkat 308. Selanjutnya, urutan ketiga adalah Unihaz dengan peringkat nasional 476, disusul UMB dengan peringkat nasional 637, kemudian Poltekkes Kemenkes Bengkulu secara nasional 947, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Fatah diurutan 2024 nasional. 

Berikut daftar peringkat 8 kampus di Bengkulu versi Webometrics yang diakses pada Minggu 30 Oktober 2022:

1. Universitas Bengkulu (Unib), peringkat nasional: 44
2. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup), peringkat nasional: 308
3. Universitas Prof Dr Hazairin, peringkat nasional: 476
4. Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), peringkat nasional: 637
5. Poltekkes Kemenkes Bengkulu, peringkat nasional: 947
6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Fatah, peringkat nasional: 2024
7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama (STIESNU) Bengkulu, peringkat nasional: 2114 
8. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tri Mandiri Sakti Bengkulu, peringkat nasional: 2224
 

Continue Reading

EDUKASI

Rasakan Pentingnya Digitalisasi, Ratusan UMKM Hadiri JNE Ngajak Online 2022 Kota Bengkulu

Published

on

Saranapublik.com – Mengutip data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), penduduk Indonesia yang telah menggunakan Internet hingga pertengahan 2022 sebanyak 220 juta orang. Data ini menunjukan tingginya angka digitalisasi yang perlu diadaptasi oleh UMKM. Selain digitalisasi, inovasi dan kreatifitas juga menjadi tumpuan pegiat UMKM Bengkulu dalam mengarungi dunia bisnis di era pemulihan pasca pandemi.

Hadirnya JNE Goll..Aborasi Ngajak Online 2022, merupakan salah satu wujud dukungan JNE terhadap keberlangsungan UMKM Bengkulu. Acara ini digelar secara virtual pada Selasa, 25 Oktober 2022 dengan tajuk “Menjawab Tantangan dan Peluang Bisnis bagi Pelaku UMKM”. 

Siap mendukung UMKM Bengkulu, Novan Setiawan selaku Head of Sales JNE Bengkulu menyambut hangat para peserta “Semoga webinar ini dapat menjadi langkah awal untuk memahami bisnis online ke depan, terutama dengan kehadiran para narasumber yang akan memberikan pengalaman bagaimana cara meningkatkan bisnis online khususnya di era pandemi.” ujarnya. 

Alami berbagai tantangan, Olyvia Ugizaqiah selaku Owner Olipigeon Craft dan Muhammad Rofiq Akbar selaku Owner CV. Jaya Rasa Bengkulu membagikan pengalaman sebagai pegiat UMKM Bengkulu dari awal merintis bisnis hingga sekarang. 

Sebagai pemilik kerajinan tangan sejak 2017, Olyvia menyatakan “Awal mula berbisnis adalah dari hobi melukis di tahun 2017 dan menjual hasil lukisan. Tak hanya itu, saya melakukan inovasi baru dengan membuat ragam kerajinan tangan seperti rangkaian bunga, bouquet, dan lainnya yang pada akhirnya dijual secara online di 2019 saat pandemi masuk ke Indonesia.” ujar Olyvia.

Berbeda dengan Olyvia yang memasarkan produk kriya, pemilik CV. Jaya Rasa Bengkulu yang akrab disapa Rofiq, fokus pada penjualan makanan khas Bengkulu. Ia juga sudah terjun dalam bisnis online melalui media sosial dan marketplace. 

“Sejak 2017 saya sudah bergerak di pengolahan makanan khas daerah dengan cara online. Dulu saya melihat penjualan secara online masih tergolong sedikit. Karena ingin memperkenalkan makan khas daerah kepada anak muda, saya mendalami strategi pemasaran online seperti penggunaan iklan berbayar, endorse, media sosial, dan marketplace yang sejak dulu telah saya geluti” ujar Rofiq.

Merasakan pentingnya digitalisasi pada dunia bisnis di era ini, Olyv dan Rofiq rupanya kerap menghadapi tantangan yang ada dalam berbisnis. Namun tantangan ini tidak menjadi penghambat bagi keduanya. Berbagai cara dilalui oleh pegiat UMKM tersebut untuk mengikuti perkembangan zaman, contohnya memaksimalkan penggunaan Digital Marketing.

“Selain untuk menjangkau pasar yang lebih luas, peran media digital sangat penting untuk menunjang aksesibilitas konsumen dalam memahami produk tanpa harus pergi ke toko offline. Melalui fitur di media digital, pemilik brand juga lebih mudah dalam melakukan diskusi dan komunikasi dengan konsumen. Saya juga menggunakan Facebook Ads dan Instagram Ads untuk strategi pemasaran Olipigeon Craft” ujar Olyv.

Olyvia sebagai pemilik juga pengrajin kerajinan tangan, juga menekankan pentingnya kreativitas yang harus dibangun tanpa batas.

“Pertama kali memulai bisnis harus memahami apa ciri khas produk yang akan kita jual. Harus mengikuti perkembangan zaman agar lebih kreatif berkembang dan berinovasi, misalnya berinovasi membuat program kelas handcrafting” tegasnya. 

Menutup diskusi hari ini, Rofiq menyatakan “Percuma jika kita memiliki produk yang enak tapi tidak tahu cara memasarkannya. Maka harus dipikirkan seperti apa strategi pemasaran yang akan digunakan baik secara online dan offline. Untuk pemasaran offline, misalnya bermitra dengan toko lain untuk memasarkan produk kita.” 

Sebagai perusahaan logistik yang siap mendorong UMKM untuk berkembang di era digital, JNE hadir dengan berbagai program yang ditawarkan, khususnya pada bulan ini. 

“Kita harus memahami kebutuhan UMKM, baik dari segi pengiriman atau pengolahan online shop, apapun kebutuhannya bisa kita bantu untuk eksekusi. Contohnya saat ini, JNE adakan promo gratis ongkir di daerah Bengkulu. UMKM hanya menunggu produk dijemput tanpa dipungut biaya.” ujar Novan Setiawan selaku Head of Sales JNE Bengkulu.

Sebagai informasi, Bengkulu merupakan kota ke-52 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Bengkulu, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Pontianak pada 26 Oktober 2022.

Continue Reading

EDUKASI

Kampus Islam ini Jadi Kampus Pertama di Luar Jawa yang Berhasil Terbitkan Ijazah Digital

Published

on

Saranapublik.com – Digitalisasi di perguruan tinggi kini telah berlangsung cepat di segala lini. Akses berbagai macam pengetahuan, buku, hingga membantu pengelolaan kampus, kini dilakukan secara digital. Tak terkecuali dalam mengelola penerbitan ijazah.

IAIN Parepare yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan, menjadi perguruan tinggi pertama di luar pulau Jawa yang mengimplementasikan ijazah digital. Dr. KH. Hannani selaku Rektor IAIN Parepare dalam simulasi teknologi ijazah digital, pada Rabu (19/10), mengungkapkan bahwa ijazah ini menerapkan teknologi berstandar PAdEs (PSF Advance Elektronic Signature) dengan kemanan kriptografi asimetris yang sangat aman dan nyaris mustahil dipalsukan. Bermitra dengan SEVIMA, ijazah ini juga dilakukan secara terintegrasi dengan sistem akademik berbasis cloud.

“Penerbitan ijazah ini merupakan satu dari tujuh prioritas dan arah kebijakan Kementerian agama adalah transformasi digital. Perubahan dari tandatangan basah dan ijazah kertas menjadi digital merupakan bentuk nyata dari dukungan seluruh civitas IAIN parepare terhadap kebijakan transformasi digital tersebut,” kata Kiai Hannani yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Parepare.

Kebijakan digitalisasi ijazah telah diatur dalam Permendikbudristek No. 6 Tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain pasal 32. Hannani menyatakan bahwa adanya dasar hukum tersebut membuktikan penggunaan TTE tersertifikasi di bidang pendidikan memiliki jaminan hukum yang kuat dan setara dengan Tanda Tangan Basah atau Konvensional.

“Jajaran pimpinan akan terus mendorong riset dan pengembangan untuk mentransformasi seluruh proses bisnis iain parepare kearah digital, agar bisa beradaptasi dan relevan di era society 5.0. Dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa dan stakeholder lain secara berkelanjutan. Penerapan ijazah digital ini, menjadikan IAIN Parepare kampus pertama di luar Jawa yang telah menerapkan ijazah digital, sekaligus kampus agama pertama, menyusul Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM),” ucapnya.

Dengan digitalisasi ijazah, IAIN Parepare mendukung program efektifitas dan efisiensi belanja anggaran pemerintah. Karena ijazah digital menghemat biaya, waktu dan SDM. Jika dulu ijazah harus dicetak di kertas khusus dan perlu waktu berhari-hari untuk menandatangani, kini ijazah bisa dicetak di kertas apapun namun tetap terjaga keasliannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan mahasiswa sudah menerima ijazah digital bersamaan pada saat wisuda.

“Bahkan ijazah bisa dibagikan soft-filenya, dan dijamin terhindar dari pemalsuan tandatangan pejabat maupun pemalsuan dokumen. Selain itu, bisa efektif karena sangat memungkinkan untuk dilakukan kapan saja dan di mana saja sepanjang pejabat yang punya otoritas untuk melakukan tanda tangan terhubung ke jaringan internet, karena server tandatangan digital ini sudah berbasis cloud,” ungkap Hannani.

Dalam simulasi teknologi ijazah tersebut, hadir pula para Wakil Rektor, Koordinator Fungsional Teknologi Pembelajaran, Kepala UPT Teknologi Informasi Pangkalan Data (TIPD), staf TIPD dan staf Akademik IAIN Parepare. Kepala UPT TIPD Sufyaldi menjelaskan bahwa ijazah alumni IAIN Parepare hampir mustahil dapat dipalsukan. Karena jika dilakukan duplikasi atau perubahan terhadap isi dari ijazah yang sudah ditandatangani oleh Dekan, Direktur dan Rektor IAIN Parepare tersebut, otomatis akan terdeteksi ketika diverifikasi dengan menggunakan aplikasi pembacaan PDF pada bagian digital signature.

Cara verifikasi ijazah cukup mudah. Mahasiswa bisa membuka website verifikasi Perusahaan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) di https://verification.peruri.co.id, atau website tandatangan elektronik KOMINFO di https://tte.kominfo.go.id/verifyPDF. Barcode ijazah kemudian bisa discan di website tersebut dan akan tampil penjelasan, ijazah tersebut asli atau palsu.

“Dengan jaminan keamanan tersebut, penerbitan ijazah digital ini akan menjadi catatan sejarah dan bukti nyata bahwa inovasi digital di IAIN Parepare berkelanjutan dan berkesinambungan untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh stakeholder menuju Good University Governance (GUG),” pungkas Koordinator Fungsional Teknologi Pembelajaran Muhammad Jafar.

Continue Reading

EDUKASI

“Bangkit Bersama belajar.id”, Kemendikbudristek RI Bekerja Sama dengan REFO Menggelar Festival Komunitas belajar.id

Published

on

Jakarta, Saranapublik.com – Kemendikbudristek RI bekerja sama dengan PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) menggelar Festival Komunitas belajar.id, yang dimulai pada Selasa, 25 Oktober 2022, dan akan berlangsung hingga Kamis, 3 November 2022. Tema yang diusung adalah “Bangkit Bersama belajar.id”. Festival yang diselenggarakan secara daring itu akan dibuka oleh Direktur Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Dr. Iwan Syahril, Ph.D, Kepala Pusdatin Dr. M. Hasan Chabibie, M.Si., dan Strategic Partner Manager Google for Education Ganis Samoedra Murharyono. Festival yang terdiri dari 33 sesi tersebut akan disiarkan secara langsung melalui beberapa kanal YouTube, yaitu milik REFO, Ditjen GTK, Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Televisi Edukasi, PAUDPEDIA, Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat SMP, Direktorat SMA, Direktorat PMPK, dan Facebook REFO.

Festival Komunitas belajar.id adalah sebuah rangkaian acara virtual yang diadakan untuk memberdayakan, memampukan dan mengapresiasi para pendidik dan peserta didik dalam komunitas belajar.id  termasuk pemegang kepentingan di dinas dan semua institusi yang bergerak di bidang pendidikan, agar dapat memanfaatkan Akun belajar.id untuk peningkatan mutu pembelajaran.

Tema “Bangkit Bersama belajar.id” diangkat dengan menyesuaikan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di mana diharapkan Indonesia dapat segera bangkit lebih cepat dan lebih kuat dari situasi pandemi yang melanda selama dua tahun lebih. Begitu juga dengan pendidikan di Indonesia, dengan Akun belajar.id, diharapkan dapat bangkit lebih kuat dari keadaan sebelum masa pandemi.

Adapun tujuan dari festival tersebut adalah:
Memberikan semangat dan dukungan kepada para pemimpin dan anggota komunitas pendidik di seluruh Indonesia;
Menyosialisasikan pemanfaatan Akun belajar.id kepada peserta didik; Memperkenalkan sumber-sumber pemberdayaan terkait pemanfaatan Akun belajar.id;  dan  Memberikan apresiasi kepada para Kapten, Ko-Kapten, Google Master Trainer, pembuat bahan ajar, komunitas penerima Chromebook dan komunitas lokal yang berhasil mendorong pendidik dan peserta didik di daerahnya untuk mengaktivasi dan menggunakan Akun belajar.id.

Dalam Festival Komunitas belajar.id 2022 ini, para narasumber, yang terdiri dari para pendidik dan peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia, akan berbagi tentang: Sepak terjangnya dalam pemanfaatan dan penyebaran Akun belajar.id;  Tip dan trik untuk mengoptimalkan manfaat Akun belajar.id dalam keterbatasan infrastruktur, termasuk internet; dan Sumber-sumber pemberdayaan pendidik dalam memanfaatkan Akun belajar.id.

Adapun jadwal dari pelaksanaan sesi-sesi dalam Festival Komunitas belajar.id 2022 adalah sebagai berikut:

Selasa, 25 Oktober 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Pembukaan Festival Komunitas belajar.id📍bit.ly/feskombelajarid
Pukul 18.30-19.30 WIB Membuat dan Memanfaatkan Bahan Ajar yang Menarik di Platform Merdeka Mengajar (PMM)📍bit.ly/bahanajarpmm

Rabu, 26 Oktober 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Membuat Proyek Pengenalan Kelas Bersama Siswa dengan Google Sites📍bit.ly/proyekkelasgooglesites
Pukul 18.30-19.30 WIB Tantangan dan Serunya Menggunakan Google Slides untuk Pembelajaran PAUD📍bit.ly/googleslidespaud

Kamis, 27 Oktober 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Serunya Siswa Berpetualang ke negara-negara ASEAN dengan Google Form 📍bit.ly/petualangangoogleform
Pukul 18.30-19.30 WIB Pantang Menyerah Memanfaatkan Chromebook demi Masa Depan Anak Didik📍bit.ly/chromebookmasadepan
Jumat, 28 Oktober 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Cara Seru Mengajar dengan Jamboard dan Google Search di Sekolah Dasar📍bit.ly/jamboardsearchsd
Pukul 18.30-19.30 WIB Cara Efektif untuk Meningkatkan Aktivasi dan Pemanfaatan Akun belajar.id📍bit.ly/efektifaktivasibelajarid

Senin, 31 Oktober 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Cara Efektif Siswa Berkolaborasi Membuat Presentasi di Google Slides📍bit.ly/efektifkolaborasigoogleslides
Pukul 18.30-19.30 WIB Kecanggihan Pemanfaatan Google Classroom dan Google Lens di Jenjang SMP📍bit.ly/canggihclassroomlens

Selasa, 1 November 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Teknik Mempersiapkan Proyek dengan belajar.id di Jenjang SMA 📍bit.ly/proyekbelajaridsma
Pukul 18.30-19.30 WIB Mengubah Cara Bekerja Bersama Mentor di Google Master Trainer📍bit.ly/carakerjagmt

Rabu, 2 November 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Membuat Laporan Praktik Kerja Lapangan dengan belajar.id di Jenjang SMK📍bit.ly/pklbelajaridsmk
Pukul 18.30-19.30 WIB Sukses dalam Aktivasi belajar.id. Apa Langkah Selanjutnya?📍bit.ly/suksesaktivasibelajarid

Kamis, 3 November 2022
Pukul 15.00-16.00 WIB Yang Baru dan Keren dari belajar.id dan Platform Merdeka Mengajar📍bit.ly/pmmbelajaridkeren
Pukul 18.30-19.00 WIB Bangkit Bersama belajar.id📍bit.ly/bangkitbersamabelajarid

Para pemirsa juga akan memiliki kesempatan berinteraksi langsung secara virtual dengan Narasumber di sesi “Meet & Greet” yang diadakan setelah setiap sesi utama melalui platform Google Meet.

Penyelenggara juga menyediakan tautan https://bit.ly/subfestivalbelajarid, sehingga pengingat jadwal festival akan secara otomatis terpasang di Google Calendar. Dengan begitu, para pengguna Google Calendar akan mendapatkan pengingat pada setiap pukul 14.00 WIB selama tanggal 15 Oktober 2022 hingga 3 November 2022.

Ini adalah kedua kalinya Festival belajar.id diadakan. Pada tahun 2021 lalu, Festival Pendidik belajar.id dengan tema “Terbang Bersama belajar.id” merebut perhatian lebih dari 16.900 satuan pendidikan, terbukti dengan total jumlah unique viewer atau view per akun dari kanal-kanal yang menyiarkannya. Tahun ini, Festival Komunitas belajar.id 2022 diharapkan akan meraih unique viewer sejumlah 15.000 pendidik dan 5.000 siswa di setiap sesinya.

Tentang Akun belajar.id
Akun belajar.id adalah Akun Pembelajaran yang diberikan Kemendikbudristek RI kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Dengan Akun belajar.id, satuan kependidikan di seluruh Indonesia dapat mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek  RI hingga beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Tentang REFO
PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) lahir dari keyakinan akan potensi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih baik. Visi REFO adalah untuk melihat Indonesia 2045, yang dipimpin oleh individu-individu yang holistik, mempunyai tujuan hidup, dan berketuhanan. Dengan memfasilitasi pengembangan keahlian, memberdayakan komunitas, dan memampukan pendidikan di Indonesia untuk mengoptimalisasi teknologi digital dalam pembelajaran, tujuan utama REFO adalah mereformasi pemangku kepentingan pendidik untuk menghasilkan pemimpin yang siap membangun bangsa. Area keterlibatan REFO saat ini adalah Teknologi Pendidikan, Kepemimpinan Pemuda, Platform Ide, Pemberdayaan Komunitas dan Bimbingan Startup. REFO Indonesia adalah mitra Google for Education di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Narahubung / cek tautan berikut:
Pepita Gunawan    : pepita@refoindonesia.com
Esther Chandra    : esther@refoindonesia.com
REFO Indonesia    : https://refoindonesia.com, : https://youtube.com/REFOIndonesia, https://instagram.com/REFOIndonesia, https://facebook.com/REFOIndonesia,http

Continue Reading

EDUKASI

941 Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Diwisuda

Published

on

Bengkulu, Saranapublik.com: Universitas Negeri Islam Fatmawati Sukarno (UIN FS Bengkulu) menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Angkatan III Program Sarjana, Magister dan Doktor, Rabu (28/9/2022). 

Sebanyak 941 mahasiswa dengan rincian Fakultas Tarbiyah dan Tadris sebanyak 408 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 247 orang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sebanyak 102 orang, Fakultas Syariah sebanyak 114 orang, dan Program Pascasarjana, Magister dan Doktor sebanyak 70 orang menjalani prosesi wisuda dalam kesempatan tersebut.

Rektor UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Prof Dr Zulkarnain Dali dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di UIN FS Bengkulu.

Sebagai lulusan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Rektor berharap para wisudawan harus tampil sebagai motor penggerak perubahan di tengah masyarakat dan menjadi lulusan yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi dan informasi.

“Setelah menjadi lulusan, bukan berarti proses belajar telah selesai. Tantangan di masa depan semakin besar dan kompleks, sekitar 85% sektor pekerjaan di masa yang akan datang memerlukan digital dan perhitungan keahlian, oleh karena itu, tingkatkan kemampuan diri terhadap ilmu dan keterampilan baru agar saudara tetap bisa beradaptasi terhadap perubahan zaman yang begitu dinamis,” pesan Rektor.

Rektor juga berpesan agar para wisudawan bisa berkiprah dengan baik sesuai kemampuan dan keahlian di bidang masing-masing.

“Saudara dan saudari, saat ini Anda telah resmi menjadi alumni UIN FS Bengkulu, maka tunjukkan kepada masyarakat bahwa sikap dan nilai moderasi terwujud dalam kehidupan sehari-hari. Wajah universitas ini tercermin dari wajah saudara dan saudari sekalian sebagai alumninya. Bersikaplah moderat dalam beragama, hal ini menunjukkan bukti nasionalisme dan cinta tanah air indonesia serta ajaran agama tidak dapat dipisahkan,” paparnya.

Terkait kampus tercinta, Rektor membeberkan saat ini UIN FS Bengkulu terus berikhtiar guna menyiapkan generasi masa depan yang memiliki daya saing global, salah satunya adalah dengan digitalisasi kampus seperti yang diamanahkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Selain itu, saat ini UIN FS Bengkulu juga mendorong tenaga pengajarnya dalam percepatan guru besar terutama bagi yang memiliki masa kerja di atas 10 tahun. 

“Saat ini, sudah ada lima kandidat dosen yang administrasinya sudah dalam proses di Kementrian Agama. Selain itu, UIN FS Bengkulu juga merencanakan akan menambah beberapa program studi umum. Mari kita doakan bersama agar proses ini berjalan lancar,” ungkap Prof Zulkarnain Dali.

Lebih lanjut juga disampaikan bahwa UIN FS Bengkulu juga terus berikhtiar untuk menerapkan konsep moderasi beragama agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep ini mengacu pada sikap toleran terhadap sesama, memiliki prinsip menolak tindakan kekerasan baik secara fisik maupun verbal serta menghargai tradisi budaya lokal yang beragam. 

Rektor juga mengatakan pelaksanaan wisuda kali ini bertepatan dengan perayaan Dies Natalis UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Diakhir amanatnya ucapan terima kasih turut disampaikan Rektor kepada orang tua wisudawan dan wisudawati.

“Segenap jajaran civitas akademika UIN FS Bengkulu mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kepercayaan yang telah bapak dan ibu berikan kepada kami serta atas kerjasama yang luar biasa dalam mendidik putra putri ibu dan bapak sekalian. Semoga tali silaturahmi ini akan tetap terus terjalin,” tutup Rektor.

Continue Reading

Trending